Unsur Hara Yang DIbutuhkan Pada Daun Jangung

Daun yang ada pada jagung tergolong sebagai daun yang sempurna. Karena pada daun jagung memiliki bentuk panjang, dan di bagian helai daun dan pelepahnya memiliki ligula daun. Tulang daun dari jagung ini terletak sejajar dengan tulang daunnya. Bagian permukaan pada daun teksturnya berambut dan agak licin.

Tipe Daun Jagung

Jumlah daun dari tanaman maizena ini antara 10 sampai 15 helai. Ada 2 tipe daun jagung pada umumnya berdasarkan posisi sudut jagung dan letaknya :

  • Daun tegak atau erect
  • Daun menggantung atau pendant.

Unsur Hara Yang DIbutuhkan Pada Daun Jangung

Seperti kita tahu bahwa tanaman jagung memerlukan unsur hara yang tinggi. Apabila unsur hara sedikit atau tidak mencukupi maka tingkat produksi jagung akan mengalami penurunan. Berikut adalah beberapa kekurangan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman jagung :

Kahat nitrogen

Pada umumnya daun jagung yang masih muda akan terlihat hijau kekuningan. Apabila daun kekurangan nitrogen maka daun akan terlihat kekuningan pada permukaan ujung daun dan melebar menuju tulang daun. Kekuningan ini terlihat seperti huruf V.

Kahat fosfor (P)

Akan terlihat pada daun yang masih muda dimulai dari daun yang berwarna ungu kemerahan. Kahat fosfor dapat mempengarungi produksi lebih lambat dan rendah pada proses pemasakan biji.

Kahat kalium ( k)

Dimulai dengan daun yang tua akan terlihat kecokletan atau kekuningan sepanjang pinggir daun.  Warna kuning di bagian daun akan terus bertambah ke bagian tulang daun utama, kemudian bisa menjalar ke bagian daun yang terletak di atasnya.

Kahat belerang

Akan tampak pada daun yang masih muda dengan pertumbuhan yang terhambat.

Kahat magnesium

Ini dapat membuat warna keputihan pada bagian kanan dan kiri tulang daun, terutama pada daun yang sudah tua yang memiliki warna merah keunguan pada bagian pinggiran daunnya.

Kekurangan salah satu unsur hara ataupun kahat-kahat seperti diatas dapat diatasi dengan penambahan pupuk yang mengandung unsur hara dengan menggunakan takaran yang pas. Selain itu juga kita harus malakukan monitoring setiap hari  pada lahan dan pertumbuhan pada tanaman. Semoga artikel yang membahas tentang daun jagung ini dapat memberikan manfaat bagi anda baik secara langsung ataupun tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *