Contoh Ucapan Khitanan, Untuk Anak Kerabat Maupun Sahabat

Setiap anak lelaki umat muslim sebelum baligh, akan menjalani sebuah rutinitas. Rutinitas ini dikenal dengan khitanan, yang diwajibkan menurut syariat Islam. Dalam kegiatan ini, dilakukan pula sebuah acara syukuran dengan mengundang kerabat maupun saudara terdekat. Di sinilah ucapan khitanan akan disampaikan oleh tamu undangan yang berupa harapan doa pada anak yang menjalani.

Dalam acara syukuran khitanan, tidak jarang orang tua mengundang banyak hiburan. Tujuannya, agar anak tidak merasa kesakitan dan terhibur dengan adanya hiburan-hiburan tersebut. Di sinilah diperlukan sebuah tenda untuk menjaga kenyamanan tamu. Namun, penggunaannya disesuaikan dengan harga sewa tenda yang beredar di pasaran. Temukan pilihan anda di selarastenda.com untuk acara yang lebih berkesan.

Siapa yang Memberikan Ucapan Khitanan?

Ucapan untuk anak yang menjalankan khitan, dapat disampaikan oleh siapa pun yang termasuk tamu undangan. Tamu undangan dalam hal ini, seperti kerabat terdekat, kakek nenek anak yang menjalani sunat, hingga rekan kerja dari orang tua anak. Dari sinilah, anak akan mendapatkan banyak doa dan ucapan, sesuai harapan dari orang-orang tersebut.

Anak-anak mungkin tidak memahami doa dan ucapan yang disampaikan, di sinilah peran penting orang tua. Dalam hal ini untuk menyampaikan pada anak, makna dari ucapan yang disampaikan. Sehingga anak mengingat setiap pesan yang disampaikan, hingga dewasa dan seterusnya. Bahkan ucapan ini nantinya dapat disampaikan pada anak-anak di generasi seterusnya.

Contoh Ucapan Khitanan di Masyarakat

Untuk anda yang kebingungan menyampaikan ucapan untuk anak, dapat menyampaikan ucapan melalui beberapa contoh ini. Penjelasan lebih lengkapnya, akan disampaikan dibawah ini,

  1. Orang Tua

Tidak hanya kerabat, sebagai orang tua anda juga dapat memberikan ucapan pada anak. Pada umumnya ucapan yang disampaikan, semoga lekas sembuh, kamu harus menuruti perintah ibu dan bapak. Jangan mudah mengeluh dan patuhlah pada guru di sekolah. Selalu giat belajar dan jangan lupa untuk selalu beribadah. Ini merupakan contoh ucapan yang singkat namun mengena.

  1. Om dan Tante

Berikutnya adalah ucapan yang disampaikan om dan tante untuk keponakan. Pada umumnya, ucapan disampaikan secara langsung namun jika tidak memungkinkan dapat disampaikan melalui surat. Adapun ucapan yang disampaikan berupa, “semoga ‘anak kami’ menjadi anak yang penurut dan rajin belajar. Jangan lewatkan ibadah, karena ibadah adalah tiang iman. Salam dari om tante”

  1. Kakek dan Nenek

Tidak boleh ketinggalan, kakek dan nenek juga dapat menyampaikan ucapan untuk anak tersebut. Kekek dan nenek dapat mengingat bahwa peristiwa ini penting dengan ucapan, seperti berikut “sebagai salah satu peristiwa bagi anak lelaki, menjelang baligh cucu kami telah dikhitan. Kiranya, Allah menjadikan anak ini sholeh dan berbakti kepada agama, bangsa dan negara.”

  1. Kakak-Kakak

Sebagai anggota keluarga, kakak dari anak lelaki juga dapat menyampaikan pesan untuknya. Tidak perlu panjang, namun dapat dipahami oleh anak tersebut. Ucapan yang dimaksud berupa, “ sempurnakanlah kebahagiaan adik kami dengan menjadikan khitan sebagai ibadah kepada-Mu Allah. Jadikan prosesi ini, sebagai alat mempererat silaturahmi dengan keluarga kami.”

  1. Sanak Saudara

Dalam acara khitanan, orang tua mungkin mengundang banyak kerabat. Dan anda salah satunya, sebagai tamu undangan dan diberikan kesempatan menyampaikan pesan, sampaikanlah ucapan berikut ini “ Semoga khitanan ini, Allah memberkahi umurmu dan membersihkan hatimu. Teguhkan imanmu dan perbaiki perangaimu, semoga Allah mendekatkanmua dengan kebaikan.”

  1. Ucapan Singkat

Ucapan yang satu ini sangat singkat, namun dapat digunakan karena memiliki pesan yang mengena. Contohnya “Selamat khitanan bagi putera tercinta, semoga Tuhan memberkahi umurmu dan menjadi anak yang berguna.” Ucapan ini dapat digunakan oleh orang tua, kerabat ataupun kakak sekalipun. Anda cukup mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Rekan Kerja

Untuk orang tua yang merasa penting mengundang rekan kerja, mungkin akan mengundang anda untuk hadir dalam acara khitanan anaknya. Untuk itu, siapkanlah ucapan terbaik, seperti “ Ya Rabb, semoga anak ini menjadi anak yang shaleh. Selalu ada dalam lindungan Allah dan memiliki perangai yang santun. Jadikanlah Ia anak yang berbakti pada-Mu dan sunnah-sunnah Allah.”

  1. Ucapan Lengkap

Berikutnya merupakan ucapan untuk khitanan anak lelaki yang lengkap dan jarang digunakan. Adapun ucapannya, seperti berikut “jadikanlah ia penyejuk mata orang tuanya, bermanfaat bagi orang banyak dan sertai ia dengan berkah dunia dan akhirat. Semoga ia menjadi anak yang takut akan Allah dan berbakti pada orang tua serta berguna untuk bangsa dan negara. Amiin”

  1. Ucapan dari Teman

Terakhir adalah ucapan yang dapat disampaikan oleh teman dari anak yang menjalankan khitanan. “Semoga lekas sembuh dan segera dapat bermain kembali. Harapannya, setelah menjalankan khitan, kamu dapat menjadi anak yang berguna serta berbakti pada orang tua. Jangan tinggalkan sholat dan mengaji bersama kami. Sampai ketemu di tempat bermain.”

Dari setiap ucapan di atas, anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan serta kedudukan. Jangan sampai menggunakan ucapan khitanan yang salah, sehingga menyebabkan pemaknaan yang salah pada anak yang menjalani khitan. Setelah ucapan disampaikan, jangan lupa berikan kenangan untuk anak, sehingga ia merasa terhibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *