Tips Menanam Rumput Manila untuk Halaman Rumah

Terdapat berbagai jenis rumput yang dapat digunakan untuk menghias halaman rumah anda, salah satu rumput yang sering digunakan adalah rumput manila. Rumput ini sering dipilih karena dapat memberikan kesan yang bagus untuk halaman.

Persiapan Sebelum Menanam Rumput Manila

Sebelum anda memulai untuk menamam rumput manila, terdapat beberapa langkah persiapan yang harus anda lakukan. Persiapan ini akan mempermudah saat menanam rumput. Berikut langkah yang harus anda persiapkan.

  1. Gemburkan Tanah

Langkah ini mungkin terlihat sepele, tapi tanah yang gembur menjadi hal yang penting. Kualitas tanah akan menentukan rumput akan tumbuh dengan baik atau tidak. Anda harus mempersiapkan tanah yang kaya zat hara dan unsur organik.

  1. Siapkan Tanah

Sebelum anda menyemai bibit rumput, anda dapat membasahi tanah terlebih dahulu. Kemudian tanah dipetakan agar lebih mudah untuk menanamnya. Anda dapat membentuk pola zig-zag agar atau selang-seling. Setelah bibit disebar, tambahkan gambut diatasnya untuk menjaga kelembaban.

  1. Siram Secara Teratur

Agar benih rumput dapat tumbuh dengan baik, anda dapat menyiramnya secara teratur. Pada 8-10 hari pertama, anda dapat menyiramnya sebanyak 2-3 kali sehari selama 5-10 menit. Perhatikan curah hujan, ketika sedang tinggi, maka intensitas penyiraman dapat disesuaikan.

  1. Lakukan Perawatan dengan Teratur

Perawatan sangat penting karena anda harus memperhatikan keindahan rumput. Rumput manila memang lebih simple untuk perawatannya. Anda mungkin dapat memangkasnya dalam waktu sebulan sekali.

Tips Menanam Rumput Manila

Selain caranya yang mudah, beberapa tips untuk menanam rumput manila juga perlu anda ketahui. Berikut beberapa tips untuk anda.

  • Pilih bibit rumput yang baik
  • Intensitas penyiraman setelah bibit ditanam menjadi hal yang menentukan kesuburan rumput
  • Jaga kelembapan tanah diawal penanaman agar bibit dapat tumbuh dengan baik
  • Lakukan perawatan secara berkala agar rumput tetap indah

Menanam rumput manila bukan hal yang sulit bukan? Kini anda sudah dapat mulai menata halaman anda dengan rumput yang indah. Jangan lupa lakukan perawatan agar rumput dapat tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *