Ternak Burung Love Bird yang Mudah dan Menguntungkan

Lovebird atau burung cinta merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Burung yang satu ini memang memiliki keunikan dari segi warna bulu yang menarik maupun suara kicauannya. Seiring dengan semakin banyaknya pencinta love bird, menjadikan burung ini sebagai salah satu lahan bisnis yang menggiurkan. Terlebih love bird semakin naik daun diantara jenis burung lainnya. Ternak burung love bird juga tidak begitu sulit karena perawatannya yang cukup mudah dibandingkan jenis burung lain. Dengan harga jual yang fantastis tentu menjadikan daya tarik tersendiri bagi pencinta lovebird.

Keuntungan Beternak Burung Cinta

Bagi masyarakat, love bird merupakan jenis burung yang tidak hanya dipelihara sekedar hobi melainkan untuk memperoleh keuntungan. Tak heran jika semakin banyak pencinta love bird yang mulai membudidayakan love bird. Beberapa jenis love bird ada yang bisa terjual hingga puluhan juta rupiah, tentu hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Bagi anda yang berminat ingin beternak love bird maka berikut akan dijelaskan berbagai keuntungan beternak burung cinta ini yang perlu anda ketahui.

  1. Perawatan yang Mudah

Bagi anda yang masih pemula dan ingin beternak love bird maka tak perlu khawatir, sebab perawatan burung ini sangat mudah. Cukup membiarkan burung ini di dalam sangakr dengan cahaya serta sirkulasi udara yang baik maka burung ini dapat merasa nyaman. Selain itu, kotoran love bird juga tidak berbau sehingga pembersihannya bisa dilakukan seminggu sekali. Namun pada kondisi lain seperti minuman yang tumpah maka harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan bau menyengkat dan mengundang penyakit.

pxhere.com
  1. Tidak Harus Dijemur

Berbeda dari jenis burung lainnya yang perlu dijemur untuk beberapa waktu kemudian dimasukkan kembali. Namun untuk love bird tidak harus dijemur tetapi sebaiknya tetap mendapatkan cahaya matahari yang cukup atau bisa berupa hembusan angin sejuk. Hal tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan karena cahaya matahari mengandung vitamin.

  1. Waktu Perawatan yang Tidak Lama

Love bird tidak membutuhkan perawatan harian yang lama. Cukup dengan 1-2 jam perhari untuk membersihkan kandang, mengganti air minum, mengganti makanan dan memastikan lingkungan sekitar sangkar love bird benar-benar bersih. Pastikan ruangan sekitar love bird dalam kondisi bersih dan bebas debu agar tidak mengganggu pernapasan burung ini.

  1. Love Bird Tidak Rewel

Banyak pecinta dan pebisnis love bird yang membuktikan bahwa burung ini tetap sehat dan bersikap seperti biasa meskipun sudah menempuh perjalanan selama 8 jam. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi anda yang ingin mengirimkan love bird ke calon konsumen yang berbeda wilayah.

pxhere.com

Tips Budidaya Love Bird untuk Pemula

Setelah mengetahui berbagai keuntungan beternak love bird, untuk selanjutnya anda perlu tahu tips budidaya love bird terutama bagi pemula. Berikut akan dijelaskan tips budidaya love bird yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Mempersiapkan Tempat

Ketika akan memulai budidaya love bird maka hal pertama yang penting anda persiapkan adalah tempat atau kandang. Biasanya kandang atau sangkar yang dipakai untuk budidaya love bird yaitu yang berbahan besi serta berbentuk persegi panjang. Tapi anda juga bisa menggunakan berbagai bentuk dan jenis kandang tapi jangan sampai melupakan glodok. Sebab dengan glodok tersebut maka love bird akan merasa seperti di habitat alami.

  1. Memilih Indukan Lovebird

Sebelum budidaya love bird, sebaiknya anda perlu memahami cara membedakan indukan love bird jantan dan betina. Sebab baik indukan jantan dan betina memiliki ciri-ciri yang berbeda. Selain itu indukan tersebut memiliki usia optimal untuk berkembang biak yaitu untuk betina usia matang 1 tahun dan jantan usia 8 bulan.

  1. Persiapan Perjodohan

Sebelum memulai musim kawin, love bird harus dijodohkan terlebih dahulu. Caranya dengan mengenalkan love bird indukan jantan dan betina yang sudah dipilih. Lalu dekatkan dua jenis indukan tersebut supaya mereka semakin akrab. Agar perjodohan semakin cepat maka lakukan penjemuran secara bersamaan. Tapi jangan mencampurkan dua love bird tersebut dalam satu kandang agar tidak terjadi perkelahian.

unsplash.com
  1. Proses Perkembangbiakan

Setelah perjodohan, silakan masukkan love bird jantan dan betina pada satu sangkar lalu tambahkan juga glodok di dalamnya. Love bird betina akan membuat sarang lalu sesudah pembuahan terjadi maka akan menghasilkan 4-5 butir telur.

  1. Pengeraman
    Telur love bird akan dierami oleh induk betina selama 22 – 25 hari hingga akhirnya menetas menjadi anakan love bird. Selama proses pengeraman ini sebaiknya induk betina jangan sampai tergganggu oleh apapun.
  2. Memberikan Makan Anakan dan Induk Love bird

Makanan untuk anakan love bird yaitu millet puti, millet merah serta biji bunga matahari. Tapi biasanya para peternak love bird membatasi pemberian biji bunga matahari agar tidak membuat love bird kelebihan bobot. Sedangkan indukan love bird juga harus selalu mendapat makanan ekstra agar nutrisinya selalu terpenuhi.

Demikianlah penjelasan mengenai ternak burung love bird yang mudah dan menguntungkan. Jika anakan love bird sudah mulai tumbuh dewasa maka anda bisa melatih kicauannya menggunakan kicauan dari download suara burung. Dengan begitu love bird tidak hanya mempunyai bulu yang indah tapi juga kicauan yang merdu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *