Tips Memperoleh Tarif Ekspedisi Surabaya Kalimantan yang Murah

Jasa ekspediri pengiriman barang seolah tak bisa dipisahkan dari berbagai aktivitas kehidupan manusia. Hadirnya perusahaan ekspedisi terbukti mampu memberikan kemudahan dalam pengiriman barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Tentu hal ini sangat menghemat waktu maupun tenaga meskipun anda harus membayar sejumlah tarif yang diberlakukan oleh perusahaan ekspedisi tersebut.

Bagi anda yang berencana mengirimkan barang dari Surabaya ke Kalimantan maka bisa memilih menggunakan ekspedisi pengiriman barang Surabaya Kalimantan yang terpercaya. Dimana perusahaan ekspedisi tersebut siap melayani pengiriman berbagai jenis barang termasuk kebutuhan sehari-hari. Tentu saja tarif ekspedisi Surabaya Kalimantan tersebut berbeda untuk beberapa perusahaan ekspedisi. Namun anda masih bisa memilih tarif yang murah dengan pelayanan yang bekualitas.

Cara Memperolah Tarif Ekspediri Murah

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Meskipun saat ini banyak perusahaan ekspedisi yang bermunculan, tetapi pasti anda sudah memiliki gambaran ekspedisi mana yang akan anda pergunakan beserta jenis layanannya. Agar anda memperoleh harga ekspedisi Surabaya Kalimantan yang murah maka anda perlu cermat dalam melakukan kalkulasi budget biaya pengiriman.

Bagi anda yang masih pemula dan belum pernah menggunakan layanan ekspedisi pengiriman barang sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab berikut akan dijelaskan cara memperoleh tarif ekspedisi murah melalui kalkulasi biaya sebagai berikut.

  1. Kapan Barang Tersebut Akan Dipakai?
    Ketika akan menggunakan jasa ekspedisi maka tentukan kapan barang yang anda kirim tersebut dipakai. Dengan begitu anda bisa lebih mudah memperkirakan lama waktu pengiriman sehingga bisa tiba tepat waktu sesuai jadwal. Hindari memberikan tenggat waktu yang mepet dengan waktu pemakaian barang. Sebab bisa jadi selama proses pengiriman akan terjadi kendala yang tidak sesuai perkiraan. Untuk itulah sebaiknya upayakan membuat estimasi pengiriman dengan mengupayakan barang tersebut sudah sampai di alamat tujuan 2-3 hari sebelum dipakai. Bila perlu tanyakan kepada petugas ekspedisi menganai leadtime ke alamat tujuan yang dimaksud.
  2. Volume dan Berat Barang
    Untuk memperkirakan ongkos kirim barang maka anda bisa mengecek dimensi ukuran barang dari panjang, lebar dan tingginya. Selain itu timbang juga berat barang sehingga mempermudah anda dalam menhitung tarif sesuai dengan kota tujuan dan layanan pengiriman yang anda inginkan.
  3. Tanyakanlah Jadwal Truck dan Kapal Terdekat
    Perlu anda ketahui bahwa pengiriman barang ke beberapa wilayah tujuan memiliki jadwal tertentu dan tidak dilakukan setiap hari. Untuk itulah anda perlu menanyakan jadwal keberangkatan truck atau kapal terdekat kepada petugas ekspedisi sehingga anda bisa tahu kapan sebaiknya barang tersebut dikirim. Bila membutuhkan pengiriman yang cepat maka anda harus membayar biaya yang lebih mahal karena menggunakan ekspedisi via udara.
  4. Penawaran Harga
    Bila barang yang anda kirim dalam jumlah besar dan banyak dari segi kuantitas maka anda bisa meminta penawaran resmi dengan pihak ekspedisi supaya anda memiliki patokan harga. Biasanya barang besar lebih mudah mendapat potongan harga dari perusahaan ekspedisi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif pengiriman yang murah maka anda bisa berkonsultasi dengan customer service perusahaan ekspedisi tersebut.

Cara Kerja Perusahaan Ekspedisi untuk Mengirimkan Barang

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Selain memperhatikan tarif pengiriman barang, sebagai pelanggan anda juga perlu tahu cara kerja perusahaan ekspedisi untuk mengirimkan barang ke alamat tujuan. Sebab masing-masing perusahaan ekspedisi memiliki peraturan tarif dan prosedur kerja yang berbeda-beda. Tarif yang diberlakukan perusahaan ekspedisi juga berkaitan dengan jaminan pengiriman barang agar tetap aman sampai ke tujuan.

Sebagai pelanggan anda perlu cermat memilih ekspedisi berpengalaman dan terpercaya dan tidak hanya mengutamakan tarif yang murah saja. Perusahaan ekspedisi yang berpengalaman biasanya memiliki sistem kerja yang berstandar dan sesuai dengan tarif yang berlaku. Berikut ini akan dijelaskan cara kerja perusahaan ekspediri untuk mengirimkan barang yang perlu anda ketahui.

  1. Barang yang Akan Dikirim
    Cara kerja perusahaan ekspedisi dimulai dengan adanya barang yang akan dikirim. Dimana barang yang akan dikirim merupakan hal utama agar sebuah ekspedisi dapat berjalan. Namun barang yang akan dikirim sebaiknya sesuai peraturan pihak perusahaan dan bukan jenis barang yang melanggar hukum.
  2. Pengemasan Barang
    Agar barang yang dikirim terjamin keselamatannya tidak rusak atau hilang selama proses pengiriman maka pengemasan barang harus sangat diperhatikan. Tetapi ada beberapa jenis barang tertentu yang membutuhkan perlakuan khusus saat pengemasan seperti barang pecah belah, cairan, makanan mudah busuk dan lain sebagainya. Sebab ada beberapa perusahaan yang tidak bersedia menerima beberapa jenis barang tersebut bila dikemas tidak baik karena sangat berisiko.
  3. Administrasi Dokumen
    Dalam hal ini dokumen yang dimaksud yaitu pengurusan surat-surat administrasi dari pihak bea cukai atau pihak terkait lainnya. Pihak ekspedisi biasanya akan bertanggungjawab mengurus segala kebutuhan administrasi dokumen yang dibutuhkan. Sehingga anda tak perlu epot mengurus sendiri administrasi dokumen tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai tips memperoleh tarif ekspedisi Surabaya Makassar yang murah untuk menambah wawasan anda. Dengan melakukan perhitungan secara cermat maka anda bisa memperoleh tarif ekspedisi yang murah dengan pelayanan memuaskan sesuai standar yang berlaku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *