Surat Untuk Dibaca Dalam Sholat, Yang Wajib Dan Sunnah

Sholat 5 waktu adalah ibadah wajib setiap muslim. Salah satu rukun dari sholat adalah membaca Al-Fatihah dan sunnahnya adalah membaca surah dalam Al-Qur’an selain Al-Fatihah, termasuk surah Al-Baqarah 255 atau ayat kursi jika ingin membacanya walaupun hanya satu ayat.

Jika seorang muslim membaca surah 10 kali dalam sehari dan setiap surahnya berbeda-beda, maka ada 10 surah yang dibaca. Namun jika mengulang surah-surah tertentu saja, maka surah yang dibaca tidak bervariasi dan hanya diulang-ulang. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sebaiknya sholat seperti ketika melihat beliau sholat. Jadi ketika sholat, tuntunannya adalah Nabi Muhammad SAW, termasuk surah-surah yang dibaca akan merujuk pada beliau.

Bacaan Surat Wajib Dalam Sholat

Yang menjadi bacaan wajib dalam sholat adalah surah Al-Fatihah karena menjadi bagian dari rukun qawli. Surah ini wajib dibaca pada setiap rakaat sholat. Berbead dengan surah-surah selain Al-Fatihah yang tidak wajib alias sunnah. Pembacaan surah pendek selain Al-Fatihah sendiri dianjurkan untuk dibaca setidaknya pada dua rakaat pertama sholat.

Dalam Fiqhul Manhaji, Syaikh Mushthafa Bugha pernah menjelaskan bahwa membaca surah thiwal Al Musfahal atau surah panjang disunnahkan ketika sholat duhur dan shubuh, contohnya adalah Al-Rahman dan Al-Hujurat. Sedangkan pada sholat isya dan dhuhur dianjurkan membaca surah awshat Al Mufashal atau surah yang tidak panjang dan tidak pendek seperti Al-Lail dan Al-Syams. Ketika magrib disunnahkan membaca surah qashar Al Mufashal atau surah pendek yang ada dalam juz 30 seperti An-Nas, Al-Ikhlas dan Al-Falaq.

Jadi diantara sekian banyak surah yang ada di dalam Al-Qur’an, hanya surah Al-Fatihah yang wajib dibaca ketika sedang sholat, terutama pada dua rakaat pertama sholat. Namun bila ingin membaca Al-Fatihah di setiap rakaat sholat pun tidak papa.

Bacaan Surat Sunnah Dalam Sholat

Pada pendahuluan telah disebutkan bahwa dianjurkan untuk mengikuti tuntunan sholat Nabi Muhammad SAW. Lalu apa saja surah pilihan Nabi ketika sholat? Berikut adalah penjelasannya.

  • Sholat shubuh, Nabi membaca surah yang berbeda setiap harinya. Beberapa riwayat menyebutkan jika Nabi membaca Al-Zalzalah, Al-Waqi’ah dan At-Takwir disetiap rakaat. Namun ada juga riwayat yang mengatakan Nabi membaca 60 ayat dari surah yang panjang seperti As-Shaffat, Ar-Ruum dan Yaasin. Namun ketika berpergian, beliau akan membaca An-Nisa dan Al-Falaq.

  • Sholat dhuhur, Nabi Muhammad SAW terbiasa membaca 30 ayat pada 2 rakaat pertama. Selain itu beliau juga membaca Al-Lail, Al-Buruj dan At-Tariq. Biasanya pada rakaat pertama beliau akan membaca bacaan yang lebih panjang daripada rakaat kedua.
  • Sholat ashar, Nabi Muhammad SAW akan membaca 15 ayat untuk 2 rakaat pertama dan membaca beberapa surah yang biasanya dibaca pada sholat dhuhur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *