SIMAK UI

Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri favorit yang banyak diincar oleh pelajar-pelajar seluruh Indonesia. Selain karena lulusannya yang memang sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan, tim pengajar di Universitas Indonesia merupakan dosen-dosen lulusan terbaik dari berbagai kampus tanah air maupun mancanegara.

Merujuk pada daftar ‘University Impact Ranking’ untuk tahun 2019 yang dirilis oleh Times Higher Education (THE), majalah mingguan asal Inggris yang kerap melaporkan tentang isu pendidikan tinggi, UI masuk dalam peringkat 80 besar dunia. Hal ini tentu saja membuat banyak pelajar semakin ingin merasakan bangku perkuliahan di UI.

Mengingat banyaknya peminat kampus yang satu ini, UI menyediakan beberapa beberapa jalur seleksi masuk mandiri yang bisa dilakukan selain SNMPTN dan SBMPTN, yaitu PPKB UI, SIMAK KKI UI, dan SIMAK UI. Namun, dari ketiganya yang paling populer di telinga para pelajar adalah jalur SIMAK (Seleksi Masuk) UI yang diselenggarakan dalam bentuk tes tertulis.

Ujian ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dan mengambil tempat di kota-kota besar, seperti Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, dan Makassar. SIMAK bisa diikuti untuk seluruh program pendidikan yang tersedia, mulai dari Vokasi (D3), Sarjana kelas Reguler dan Paralel, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor. Tidak heran jika banyak yang mengikuti bimbel SIMAK UI agar bisa lolos tes ini.

pxhere.com

Tahapan Pendaftaran SIMAK UI

Sebelum mengikuti tes Seleksi Masuk (SIMAK) UI), ada beberapa tahapan pendaftaran yang harus dilalui, yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat akun di situs resmi penerimaak UI
  2. Mengunggah foto sebelum melakukan tahapan pendaftaran yang lain, dengan ketentuan berikut:
  • Foto terbaru. Misalnya, saat ini calon peserta berjilbab, maka foto yang diunggah adalah foto berjilbab. Kemudian, pada saat ujian juga harus menggunakan jilbab.
  • Foto berwarna dengan ukuran 4×6 cm.
  • Penampakan foto hanya dari wajah sampai bahu (pas photo) dengan pakaian kemeja putih berkerah dan rapi menghadap ke depan.
  1. Membuat pendaftaran menggunakan username dan password, kemudian pilih menu “Buat Pendaftaran” untuk pendaftaran baru.
  2. Melakukan verifikasi data pendaftaran untuk memastikan para peserta telah melakukan pengecekan pada keseluruhan isi formulir pendaftaran dan program studi yang dipilih. Selain itu, sudah pula mengetahui biaya pendidikan untuk masing-masing program studi yang dipilih.
  3. Mengunggah berkas persyaratan, sebagai berikut:
pxhere.com
  • Program pendidikan Profesi, Spesialis, S2, S3, dan S1 Ekstensi lulusan D3, menyerahkan:
  • Salinan/copy ijazah yang telah dilegalisasi
  • Salinan/copy transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Khusus lulusan perguruan tinggi negeri wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Dikti
  • Khusus peserta yang mencantumkan nilai TPA atau TOEFL wajib memiliki sertifikat TPA atau TOEFL
  • Program S1 Reguler, Paralel, dan Vokasi, tidak ada dokumen pendaftaran khusus
  • Program S1 Kelas Internasional wajib menyerahkan sertifikat TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah sertifikasi ETS (PBT skor minimal 5.00 atau iBT dengan skor minimal 61 atau CBT dengan skor minimal 173. Sedangkan, IELTS dengan skor minimum 5.5
  1. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan program studi yang dipilih dan dibayarkan di bank pilihan pihak Universitas Indonesia.
  2. Mengunduh kartu ujian masuk. Kartu ini wajib dibawa pada saat pelaksanaan ujian Seleksi Masuk.
  3. Mengikuti ujian SIMAK pada waktu yang telah ditentukan dan tertera pada kartu ujian.
  4. Setelah mengikuti ujian, para peserta dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman yang sudah ditentukan.
pxhere.com

Materi Ujian SIMAK UI

Materi yang diujikan pun berbeda-beda pada setiap program pendidikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Materi ujian SIMAK program S1 reguler, paralel, dan Vokasi (D3), terdiri dari:
  • Kemampuan Dasar (KD): Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  • Menulis Esai (kecuali S1 reguler)
  • Kemampuan IPA (KA): Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  • Kemampuan IPS (KS): Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, Geografi

Materi ujian prodi IPA, mencakup KD dan KA. Materi ujian prodi IPS, mencakup KD dan KA. Sedangkan, materi ujian prodi IPA dan IPS (IPC), mencakup KD, KA, dan KS.

  1. Materi ujian SIMAK program S1 Ekstensi, Profesi, Spesialis, S2, dan S3, terdiri dari:
  • Tes Kemampuan Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  1. Materi ujian SIMAK program S1 Internasional, terdiri dari:
  • Prodi IPA: Math for Nature Science, Biology, Physics, Chemistry
  • Prodi IPS: Basic Math, Ecomony, Sociology, Geography, Indonesia and the World

Persaingan ujian SIMAK UI sangatlah ketat, mengingat para peserta berasal dari seluruh pelosok negeri. Karenanya, penting sekali bagi para calon peserta untuk melakukan berbagai persiapan demi lolos masuk UI melalui jalur ini. Persiapan bisa dilakukan dengan terus melatih diri dan untuk memaksimalkannya, bisa mengikuti bimbel SIMAK UI yang banyak disediakan berbagai lembaga bimbingan belajar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *