Simak Keunikan Kepulauan Seribu yang Dimiliki Kabupaten Jakarta

Jakarta adalah pusat dari Negara di Indonesia, menjadi ibu kota negara tentu Jakarta memiliki banyak daya tarik. Tidak hanya pada pusat kotanya, nyatanya Kabupaten Jakarta pun menawarkan banyak pesona alam yang menakjubkan. Salah satu wilayah yang menjadi keunggulan Jakarta adalah Kepulauan Seribu. Lantas apa saja keunikan yang dimiliki pulau ini ?

Keindahan dan Keunikan yang Dimiliki Kepulauan Seribu

  1. Tersedianya Monas di Laut Kepulauan Seibu

Keunikan pertama yang dimiliki oleh kepulauan seribu adalah adanya Monas di dalam laut Kepulauan Seribu.  Monumen Nasional yang dapat kita temui di pusat Kota Jakarta itu, berbeda letaknya di wilayah ini. Jika yang kita tahu Monas berada di daratan, maka kamu dapat menemui Tugu Monumen Nasional tersebut di kedalaman 5 meter di bawah laut. Lokasinya sendiri dekat dengan perairan Pulau Pramuka.

Monas miniatur ini memiliki ukuran 2,5 meter, penanaman tugu nasional ini meupakan bagian dari keguatan The Association for International Sport dor All (Tafisa) Games 2016. Apabila kamu mengunjungi Kepulauan Seribu, maka tidak ada salahnya melihat keunikan Monas Laut ini. Monas miniatur ini dikelilingi dengan terumbu karang sehingga menambah keindahan bangunan Monas.

  1. Sebagai Penangkaran Satwa

Banyak panorama alam yang menampilkan keindahannya di pulau ini, bahkan setidaknya sekitar 10 ribu wisatawan datang mengunjungi salah satu Kabupaten Jakarta ini. Di tempat ini, baik pemerintah maupun warga berusaha untuk merawat serta melestarikan kekayaan flora dan fauna. Hal ini dapat dilihat dengan adanya penangkaran penyu, konservasi terumbu karang, hingga konservasi beberapa hutan di Kepulauan Seribu.

Dengan adanya pelestarian maupun konservasi tersebut, mampu menyadarkan para pengunjung akan pentingnya menjaga ekosistem. Jika kita tidak melindunginya dengan baik, bisa jadi beberapa mutiara alam tersebut tidak bisa dapat ditemui lagi di masa depan. Seluruh flora maupun fauna tentu sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem, oleh karena itu Kepulauan Seribu pun memperlihatkan pentingnya kelestarian alam kepada pengunjung.

  1. Keindahan Pantai Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu memiliki setidaknya 342 pulau di tempat ini, setiap tempatnya tentu memiliki keindahan serta keunikannya sendiri. Namun salah satu yang cukup terkenal di Kepualan Seribu adalah pantainya. Kamu dapat menikmati jernihnya air dan lembutnya pasir di sekitar kepulauan seribu.

Kepulauan Seribu adalah salah satu tempat yang menjadi daya tarik kota Jakarta. Banyak hal yang dapat kamu nikmati di wilayah ini, mulai dari pengalaman melepas penyu hingga menikmati uniknya monas di bawah laut. Apabila kamu datang berkunjung ke Kepulauan Seribu ini, kamu pun dapat mempelajari pentingnya keseimbangan ekosistem bagi kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *