Siger Sunda, Mahkota Pengantin Pasundan yang Kaya Akan Makna

 

Pernikahan merupakan salah satu bentuk ibadah kepada sang Ilahi antara sepasang anak manusia. Tentu semua orang menginginkan hal terbaik pada pernikahan yang digelarnya. Mulai dari tampilan sang pengantin hingga kudapan yang diberikan pada acara suci ini. Momen pernikahan ini juga erat kaitannya dengan budaya yang dimiliki oleh sang calon pengantin. Seperi misalnya pengantin Sunda yang biasanya akan memakai mahkota atau siger Sunda.

Aneka Konsep Pernikahan yang Digelar di Tanah Air

Di era modern saat ini, tentu terdapat banyak konsep pernikahan yang bisa dipilih. Seperti misalnya berupa pernikahan dengan konsep modern yang akan sesuai dengan realita perkembangan zaman yang terjadi. Namun di tanah air sendiri terdapat banyak jenis konsep acara pernikahan yang tidak jauh dari masalah budaya. Sebut saja tradisi pernikahan yang menggunakan adat dan budaya Sunda. Akan tetapi hal ini akan dikembalikan lagi pada sang calon pengantin.

Pernikahan dengan Menggunakan Tradisi Sunda

Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa terdapat konsep pernikahan yang masih setia mengangkat budaya dari daerah tertentu. Contohnya adalah budaya dari daerah Sunda yang tentu saja masih kental akan adat dan istiadat Sunda. Pengantin yang memiliki konsep pernikahan ini akan memakai siger Sunda sebagai mahkotanya. Tidak hanya memiliki tampilan yang indah, siger yang digunakan juga memiliki makna sendiri yang mendalam di dalamnya.

Makna Mendalam yang Ada di Dalam Siger Tersebut

Mahkota pengantin dengan nama siger ini biasanya akan terbuat dari bahan logam dengan beragam ornamen tambahan di dalamnya. Berat dari siger tersebut dapat mencapai 2 kilogram. Makna yang ada di dalam siger ini antara lain adalah kearifan dan kebijaksanaan yang ada di dalam pernikahan. Selain itu juga dapat diartikan sebagai wujud rasa hormat akan ritus suci tersebut. Di bagian belakang siger terdapat 6 buah hiasan berupa kembang tanjung.

Makna dari hiasan bunga tersebut dapat diartikan sebagai kesetiaan seorang istri kepada suaminya. Sementara untuk hiasan sanggul berupa kembang goyang siger Sunda yang menghadap ke depan dan belakang juga memiliki makna yang lainnya. Maknanya adalah sang istri akan senantiasa tampil cantik baik di depan dan juga di belakang sang suami. Sementara untuk bunga melati yang dipasangkan memiliki arti kesucian dan kemurnian dari seorang istri.

Setiap detail ornamen yang dipasang pada siger atau mahkota khas dari budaya Sunda ini memiliki arti yang mendalam. Dengan adanya arti dan makna tersebut juga tergambar akan harapan yang baik pada pernikahan sepasang suami istri ini. Seperti misalnya sikap setia yang dimiliki oleh sang istri kepada suaminya. Dari ulasan yang ada dapat diketahui pula akan keberagaman budaya yang ada di tanah air terkait ritus suci berupa pernikahan tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *