Sayur Berkuah Santan dan Kunyit

Kunyit sebagai salah satu rempah Indonesia yang sudah sangat terkenal di berbagai negara ini menawarkan warna yang cukup unik. Kunyit bila dipadukan dengan santan akan menghasilkan warna kuning yang cerah.

Masakan dengan kuah santan kuning ini adalah salah satu dari berbagai jenis masakan yang sangat mengguggah selera karena visual yang ditawarkan membuat mata bahagia. Warna kuning yang ditanggkap oleh mata membawa kesan bahagia, sehingga saat melihat dan menyantam masakan dengan warna santan kuning secara otomatis indra penglihatan kita akan meresponya dan memberikan emosi bahagia pada tubuh kita.

Beragam Sayur Berkuah Santan dan Kunyit

Sayur kuah santan dan kunyit ini selain menggugah selera makan, rasa dari sayurnyapun sudah tidak diragukan lagi kelezatanya.

  1. Opor ayam

Opor ayam sebagai salah satu masakan yang wajib hadir di saat lebaran memiliki kuah santan yang ebrwarna kuning, warna kuning ini didapatkan dari hasil parutan kunyit. Selain enak opor juga dipercaya sebagai makanan yang mengandung kaya lemak karena menggunakan banyak santan dalam pembuatanya, sehingga berhati-hatilah saat memakan opor, pastikan kadar kolesterol dalam tubuh Anda tetap stabil

  1. Petis

Petis adalah salah satu bumbu yang terbuat dari kuah santan yang dimasak hingga asat atau tiris. Pembuatan petis hampir mirip dengan cara pembuatan opor. Petis juga biasnya menggunakan daging ayam sebagai menu utamanya. Berbeda dengan opor petis memiliki warna kuning yang sangat  pekat.

  1. Soto

Salah satu olahan masakan santan kunyit selanjutnya adalah soto. Soto sebagai makanan yang cukup legendari di Indonesia ini memiliki dua jenis kuah yakni kuah santan dan kuah bening. Baik kuah santan ataupun kuah bening, kedua kuah menggunakan kunyit sebagai pewarna dan pelengkap rempah dalam pembuatan soto

Inilah beberapa sayur berkuah santan dan kunyit, beberapa masakan diatas sangat enak bila disantap dalam keadaan hangat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *