Rumah Adat Riau

Rumah Adat Riau adalah  Selaso Jatuh Kembar.  Ini merupakan rumah adat khas Riau yang berbentuk Balairung Air Terjun Seraso. Balai atau rumah adat ini berfungsi sebagai tempat kegiatan dan pertemuan bersama, tetapi tidak digunakan sebagai tempat tinggal pribadi. Rumah Adat Kembar Selaso dikenal juga dengan sebutan Balai Penobatan, Barirun Sally, dan Balai Karapatan.

Sebelumnya, gedung ini sangat ramai karena warga sering digunakan untuk acara-acara adat setempat (musyawarah, penobatan kepala adat, rapat desa, upacara adat, dll). Namun kini semuanya telah tergantikan oleh masjid.

Bentuk Rumah Selaso Kembar Ceraso

Rumah Adat  Riau Selaso Jatuh Kembar memiliki bentuk yang unik. Rumah ini memiliki lingkar tiang penyangga dan lantai bawah yang harmonis. Rumah adat ini didekorasi dengan indah dengan berbagai jenis patung berbentuk tumbuhan dan hewan.  Setiap patung memiliki arti dan nama yang berbeda.

Tangga Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar  terdapat pahatan yang disebut lebah gantung atau gelombang karena menyerupai gelombang atau lebah gantung. Di bagian atas pintu dan daun jendela, juga terdapat patung yang disebut patung melambai. Ukiran pada kisi-kisi pintu dan jendela secara kolektif disebut semut karena terinspirasi dari cara semut berjalan berdampingan dan memiliki makna yang dalam.