Yuk Intif Fakta Menarik Tentang Pulau Komodo yang Jarang Diketahui

Indonesia menyimpan banyak keindahan alam yang menakjubkan. Tak heran jika banyak turis dari luar negeri yang ingin berkunjung ke Indonesia untuk menikmati waktu liburan. Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Komodo. Pulau yang menjadi populasi hewan pra sejarah menyimpan fakta menarik yang jarang diketahui. Penasaran dengan keunikan pulai ini? Yuk simak ulasan berikut.

Fakta Menarik Tentang Komodo Island yang ada di Labuan Bajo

  1. Masuk Sepuluh Besar Destinasi Wisata tErbaik di Asia

Hal menarik pertama yang perlu anda tahu tentang pulai ini adalah tempat wisata yang masuk ke dalam sepuluh besar destinasi wisata yang terbaik di Asia. Penilaian ini berdasarkan keindahan wisata, budayam kuliner dan berbagai kegiatan yang ditawarkan di tempat wisata tersebut. Tentunya keempat kriteria ini menadi pertimbangan seseorang ketika mengunjungi tempat wisata.

Indonesia memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik yaitu Pulau Komodo. Tempat ini dikenal sebagai rumah kadal bagi kadal Purba. Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang ada di wisata ini. Juga ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari menyaksikan komodo, menikmati pemandangan alam hingga melakukan fotografi. Jadi mengunjungi tempat ini merupakan pilihan yang tepat bukan?

pexels.com
  1. Sebagai Tempat Penelitian

Tidak hanya menjadi tujuan wisata saja, tempat ini juga seringkali digunakan untuk tujuan wisata. Menjadi habitat dari hewan purba bernama komodo maka tak heran hal ini mengundang banyak para ilmuwan untuk meneliti lebih lanjut mengenai kehidupan dari hewan tersebut. Bahkan mereka juga mencoba mencari tahu mengenai perkembangan evolusi hewan ini dari waktu ke waktu.

Hal ini dikarenakan,  Pulau Komodo yang ada di Indonesia ini menjadi satu satunya tempat yang dihuni oleh hewan pra sejarah tersebut. Tentunya tempat tersebut mengundang tanda tanya untuk menjawab permasalahan mengenai hewan pra sejarah yang sudah banyak yang punah. Apalagi komodo di sana masih sangat mudah dijumpai baik di pinggir jalan maupun sekitar pantai. Sangat menarik bukan?

  1. Situs Warisan Dunia

Tempat wisata ini bahkan sudah diresmikan oleh UNESCO pada tahun 1991 sebagai salah satu situs warisan dunia. Hal ini berdasarkan dari keindahan alam yang dimiliki serta fenomena langka yang ada di pulau tersebut. Tentunya akan sangat tepat jika anda mengisi liburan dengan mengunjungi tempat wisata ini bukan?  Bahkan tempat ini juga ditetapkan sebagai kawasan perlindungan laut oleh presiden.

Pulau komodo juga menjadi salah satu taman nasional model di Indonesia pada tahun 2006. Berliburan ke tempat ini tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan. Apalagi sebagai salah satu warna negara Indonesia. Untuk mengunjungi wisata ini, akan lebih menyenangkan lagi jika anda menggunakan paket wisata. Selain banyak tempat yang bisa anda kunjungi, biaya untuk liburan akan terasa lebih hemat.

pexels.com
  1. Habibat dari Hewan Komodo

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menjadi habitat bagi hewan pra sejarah yang berasal dari Australia yaitu komodo. Hewan ini bahkan bisa bertahan hidup di wilayah Nusa Tenggara Timur hingga saat ini. Jadi jangan kaget, jika saat anda mengunjungi tempat ini, akan disuguhkan pemandangan hewan komodo di setiap tempat. Komodo biasanya terlihat di pinggir jalan maupun di sekitar pantai dan tidak mengelompok.

Anda juga bisa menyaksikan hewan ini di Pulau Komodo dari dekat. Namun,agar lebih aman, sebaiknya mintalah bantuan petugas atau pemandu wisata untuk membantu anda berinteraksi dengannya. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan bukan? Bisa menenyentuh komodo secara langsung.

  1. Satu dari 7 Keajaiban Dunia

Ternyata tempat wisata ini diresmikan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia pada tahun 2012. Tentunya keberhasilan tempat ini menjadi salah satu contoh bagi tempat lain dalam menjaga hewan langka yang ada di Indonesia. Bahkan untuk menjadikan tempat ini sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia tersebut, memakan waktu sekitar 5 bulan. Maka dari itu, sebagai warna negara yang baik kita juga turut untuk menjaga warisan alam tersebut.

6.Keindahan Pantai Pink Di Pinggir Pulau

Hal yang tidak kalah menarik dari pulau Komodo, adalah lokasinya yang terletak tidak jauh dengan pantai berwarna pink. Tentunya hal yang sangat unikk bukan? Jika pada umumnya kebanyakan pantai memiliki pasir berwarna putih dengan airnya yang biru. Berbeda dengan pantai ini yang memiliki pantai berwarna merah muda. Warna ini terjadi karena adanya pantulan sinar matahari yang akhirnya menyebabkan warna pink.

Tentunya fenomena yang unik ini tidak ingin dilewatkan begitu saja oleh ara wisatawan. Selain mengunjungi pulau ini untuk menyaksikan hewan pra sejarajah, anda juga bisa menikmati keindahan alam berupa pemandangan pantai pink. Nah untuk menikmati wisata dengan rencana perjalanan yang lengkap, anda membutuhkan paket wisata seperti yang disediakan oleh bandarwisata. Selain pengemudi di Pulau Komodo yang ahli, pemandu tournya juga sangat ramah tentunya.

pexels.com
  1. Dikelilingi Rumput Hutan Savana

Ternyata selain keunikan hewan yang ada di pulai ini serta keindahan pantai pink yang ada pinggir pulau, juga terdapat pemandangan rumput hutan savana yang mempesona. Anda bisa menikmatinya dengan meilhat pemandangan dari atas bukit. Namun, untuk naik agar sampai ke puncak bukit anda harus melakukan trakking terlebih dahulu yaitu selama 30 menit. Jadi anda harus menyiapkan diri dengan baik  agar bisa sampai ke puncak.

Tentunya setelah lelah dan payah melakukan trekking sampai puncak, anda akan terbayarkan dengan melihat keindahan pemandangan yang menakjubkan di bawahnya. Ada perpaduan alam yang menarik tentunya yaitu laut biru, tiga pantai yang indah dan hamparan hutan savana. Karena keindahan alamnya, tak heran jika tempat ini sering menjadi spot foto yang menarik bagi para fotografer yang sedang melakukan traveling ke pulau Komodo.

Itulah beberapa fakta menarik tentang komodo Island. Tentunya setelah mengetahui informasin ini, anda akan semakin bangga menjadi warna negara Indonesia yang memiliki keindahana alam yang luar biasa. Akan lebih menyenangkan lagi jika anda berencana menghabiskan waktu liburan untuk mengunjungi tempat ini. Selain dapat melihat komodo secara langsung, anda juga bisa menikmati pesona alam yang lain seperti pantai pink.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *