Begini Prinsip Kerja Motor 2 Tak yang jarang orang Tau

Prinsip kerja motor 2 tak tidak bisa terlepas dari mesin 2 tak yang mendukungnya. Mesin 2 tak merupakan tipe mesin yang juga dikenal sebagai mesin 2 langkah, yaitu mesin yang membutuhkan 2 langkah piston dalam satu siklus pembakaran untuk menghasilkan tenaga. Tentunya, mesin 2 tak memiliki bagian-bagian penting yang mendukung mesin 2 tak dalam menjalankan fungsinya.

Bagian Mesin 2 Tak

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Dari segi desain dan konstruksi mesin, mesin 2 tak memiliki bagian-bagian yang lebih sederhana dibanding mesin 4 tak. Bagian-bagin mesin 2 tak di antaranya adalah kepala silinder, blok silinder, crank case, combustion chamber, intake port, exhaust port, piston, transfer port, connection rod dan poros engkol yang akan diuraikan sebagai berikut:

  1. Kepala silinder

Kepala silinder merupakan bagian mesin 2 tak yang berperan sebagai penutup atas dari bagian silinder. Selain berfungsi sebagai penutup silinder bagian atas, kepala silinder juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat combustion chamber atau ruang bakar.

  1. Blok silinder

Blok silinder adalah bagian mesin 2 tak yang berfungsi sebagai tempat naik turunnya piston. Meski terkesan sepele, namun blok silinder sangat penting karena bagian mesin yang satu ini memiliki pengaruh untuk menentukan kapan proses-proses pembakaran pada mesin 2 tak terjadi.

  1. Crank case

Crank case adalah ruang yang terletak di bawah piston. Bagian mesin yang satu ini berperan penting dalam pemasukan campuran udara dan bahan bakar atau bensin.

  1. Combustion chamber

Combustion chamber merupakan bagian mesin 2 tak yang juga dikenal sebagai ruang bakar. Sama seperti namanya, bagian mesin yang satu ini berfungsi sebagai tempat terjadinya pembakaran bahan bakar yang nantinya akan menghasilkan tenaga untuk menggerakkan sepeda motor.

  1. Intake port

Mesin 2 tak memiliki saluran khusus sebagai pintu atau saluran masuk bagi bahan-bahan yang terlibat dalam proses pembakaran seperti udara. Bagian mesin 2 tak yang berfungsi sebagai saluran masuk disebut sebagai intake port. Sebagai saluran masuk, intake port pada mesin 2 tak terhubung secara langsung dengan crank case.

  1. Exhaust port

Jika intake port merupakan saluran masuk bagi gas, maka exhaust port adalah pintu keluar bagi gas buang hasil proses pembakaran bensin atau bahan bakar. Exhaust port terhubung langsung dengan ruang bakar atau combustion chamber.

  1. Piston

Piston pada mesin 2 tak memiliki fungsi yang cukup banyak, mulai dari mengubah volume ruang bakar atau combustion chamber, hingga menutup serta membuka semua saluran udara yang terdapat pada mesin 2 tak.

  1. Transfer port

Transfer port merupakan sebuah saluran yang terletak di dalam blok silinder dan menghubungkan antara crank case dengan ruang bakar atau combustion chamber. Fungsi dari transfer port adalah sebagai penghubung antara kedua bagian mesin tersebut sehingga udara yang masuk ke crank case dapat naik atau berpindah dari crank case ke ruang bakar.

  1. Connection rod

Piston dan poros engkol saling terhubung. Untuk menghubungkan kedua bagian tersebut, dibutuhkan bagian mesin 2 tak yang disebut connection rod. Dengan adanya connection rod, gerakan piston dapat terhubung dengan poros engkol.

  1. Poros engkol

Poros engkol merupakan bagian mesin 2 tak yang berfungsi untuk mengubah gerakan piston yang naik turun menjadi gerakan rotasi.

Mekanisme Kerja Mesin 2 Tak

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Mekanisme atau prinsip kerja motor 2 tak berdasarkan pada 2 langkah, yaitu proses hisap dan kompresi, serta kerja dan buang. Meskipun mengalami keempat tahap tersebut setiap satu siklus pembakaran, namun keempat proses tersebut terjadi dalam dua langkah piston. Proses hisap dan kompresi terjadi dalam satu lagkah piston yang kemudian diteruskan dua proses lainnya.

Pada langkah pertama, piston akan bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah. Pada proses ini, saluran intake akan tertutup dan udara di crank case akan mengalir ke ruang bakar melalui saluran yang ada di dalam silinder yaitu transfer port.

Langkah pertama akan dilanjutkan oleh langkah kedua di mana pada langkah kedua ini bensin atau bahan bakar akan masuk ke ruang bakar atau combustion chamber dan mengalami proses pembakaran. Proses pembakaran tersebut menghasilkan gas buang yang akan dibuang melalui saluran luar atau exhaust port.

Informasi serta pengetahuan tentang mekanisme kerja atau prinsip kerja motor 2 tak dapat diperoleh salah satunya dari lembaga kursus mekanik. Salah satu lembaga kursus mekanik yang telah dipercaya dan dikenal banyak orang adalah Hendriansyah Mechanical Motor Course atau biasa juga dikenal sebagai HMMC.

Lembaga kursus HMMC yang telah berdiri sejak tahun 2007 ini telah meluluskan banyak peserta didik baik dari dalam maupun dari luar kota.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *