Sejarah, Kegunaan dan Perintah Cmd Untuk Pemula

Command Prompt merupakan sebuah program yang didesign dan digunakan menggunakan line perintah atau biasa disebut command line. Penggunaan dari CMD atau Command prompt ini sendiri biasanya untuk mengeksekusi sebuah file yang ada didalam sebuah sistem operasi.

Secara garis besarnya command prompt ini merupakan sebuah program yang cara penggunaannya menggunakan suatu perintah. Namun sejak adanya OS windows program CMD ini sudah mulai tidak digunakan lagi, namun pihak dari microsoft pengembang windows tetap memasukkannya sebagai program dasar di OS windows.

Sejarah CMD

pixabay.com

Sejarah dari command prompt ini sendiri sudah ada sejak microsoft mulai membuat komputer yang pertama. Dan program ini diberi nama DOS. Beberapa versi DOS yang telah berkembang dari awal hingga akhir antara lain

MS-DOS versi 1.0

DOS ini merupakan cikal bakal lahirnya sebuah program dengan basis perintah, dimana program ini digunakan oleh pihak IBM yang pada saat itu ikut mengembangkan komputer dengan microsoft. IBM menggunakan semua aplikasi milik microsoft pada saat pengembangan komputer karena pihak IBM sudah membeli lisensi dari microsoft bahwa semua komputer IBM menggunakan program install dari microsoft.

Di versi pertamanya MS-DOS ini masih memiliki keterbatasan, dimana hanya menggunakan Floppy disk atau yang kita biasa sebut disket dengan memori 1024 byte, dan hanya bisa menggunakan perintah DISKCOPY dan DISKCOMP.

MS-DOS versi 2.0

Pada perkembangan selanjutnya pihak microsoft telah mengembangkan MS-DOS versi 2.0, dimana saat ini program MS-DOS sudah bisa membaca hardisk dengan memory hingga 10 Mb. Namun karena adanya bug atau kesalahan maka di tahun 1983 pihak IBM melakukan perbaikan dengan mengeluarkan MS-DOS versi 2.10.

namun berbeda dengan microsoft yang melakukan perbaikan dan menjadikan MS-DOS pada versi 2.11, perbedaannya adanya perintah yang berbeda, dimana pada PC-DOS 2.10 tidak ada perintah COUNTRY dimana perintah ini digunakan untuk melakukan setting jam disuatu negara

MS-DOS versi 3.0

Di versi yang ketiga ini MS-DOS sudah bisa melakukan dukungan terhadap pemakaian disk drive dengan kapasitas 1,2 Mb. Di versi ini MS-DOS 3.0 sudah mendapat tambahan perintah seperti EDIT dan juga merubah warna tulisan, dan juga sudah mampu membaca memory sampai 640 byte dan hardisk sebesar 40Mb.

MS-DOS versi 4.0

Di buat pada tahun 1988, dengan versi yang lebih canggih ini, MS-DOS versi 4.0 sudah bisa membuat sebuah label untuk disket yang baru dilakukan format, dan penambahan beberapa program tambahan seperti program anti virus (MSAV), memeriksa dan memperbaiki file (MS-Scandisk) dll.

MS-DOS versi 5.0

Pada versi ini hanya melakukan beberapa perbaikan bug atau kesalahan, dan juga penambahan perintah MIRROR, UNDELETE dan UNFORMAT.

MS-DOS versi 6.0

Didalam versinya yang ke enam ini penggunaan MS-DOS dari IBM yaitu PC-DOS sudah mulai ditinggalkan, karena penggunaan dari PC-DOS hanya bisa digunakan untuk komputer yang asli dari produk IBM, namun untuk MS-DOS yang dari microsoft lah yang sering digunakan karena bisa digunakan untuk semua produk komputer.

MS-DOS versi 7.0

Di versi ini merupakan sebuah versi terakhir dari MS-DOS dimana saat itu sudah berkembang sistem operasi windows yang lebih menarik, dimana untuk melakukan eksekusi program hanya dengan melakukan klik pada mouse. Namun microsoft tidak membuang program MS-DOS ini, namun akan selalu menjadi program utama untuk pengoperasian OS windows dengan menggunakan nama command prompt.

Kegunaan MS-DOS

pixabay.com

Sebenarnya kegunaan dari MS-DOS ini apa sih? Beberapa hal yang bisa digunakan dengan MS-DOS antara lain.

Overtake program

Melakukan overtake sebuah program dengan menggunakan MS-DOS bisa kita lakukan bila mana ada sebuah program atau file yang tidak bisa dieksekusi langsung karena terkena virus. Dengan menggunakan perintah yang tersedia kita bisa langsung melakukan eksekusi file atau melakukan scanning pada komputer kita

Ringan

Penggunaan CMD sebenarnya sangat ringan, tidak akan membebani kinerja komputer kita, berbeda jika kita melakukan eksekusi program di windows explorer yang akan menguras kinerja RAM kita.

Pembiasaaan command line

Dengan seringnya kita menggunakan aplikasi atau program command prompt secara tidak langsung kita akan belajr membiasakan diri bisa melakukan beberapa perintah yang menggunakan CMD.

Perintah Dasar CMD

Berikut ini beberapa perintah dasar yang ada di dalam program command prompt, bisa kita praktikan jika kita masih pemula dalam hal command line.

  1. DATE kegunaaannya melakukan pengecekan tanggal komputer kita
  2. TIME kegunaannya untuk melakukan pengecekan waktu atau jam
  3. CHDSK melakukan checking hardisk untuk mengetahui kerusakan yang ada pada sistem hardisk
  4. VOL menampilkan besaran memory pada disk
  5. DIR menampilkan semua file yang ada di dalam direktori
  6. RD menghapus direktori yang kosong
  7. ERASE menghapus file tertentu di direktori
  8. REN atau RENAME melakukan perubahan nama pada sebuah file
  9. DEVICE melakukan instalasi driver baru
  10. RECOVER melakukan recovery atau merekonstruksi file yang ada di direktori tertentu

Itulah beberapa penjelasan mengenai CMD atau command prompt dari mulai sejarah, fungsi dan beberapa perintah dasar yang bosa dilakukan oleh pemula. Bila ingin lebih mengenal seluk beluk dari CMD bisa membuka situs mastekno.com. Disana kita bisa mendapatkan berbagai ilmu mengenai komputer ataupun android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *