Perilaku Hidup Sehat Nyatanya Bisa Menambah Tinggi Badan

Memiliki tinggi badan yang ideal atau sesuai dengan standar masyarakat merupakan impian semua orang. Ada banyak alasan mengapa tinggi badan menjadi salah satu hal yang sangat dipentingkan.

Pertama, tubuh yang tinggi semampai bisa membuat seseorang lebih percaya diri daripada bertubuh pendek. Kedua, tinggi badan ideal diperlukan untuk mendaftar ke institusi seperti polisi, militer, kesehatan dan lain-lain.

Beberapa orang mungkin dikaruniai dengan tubuh yang tinggi ideal, namun masih ada sekumpulan orang lainnya yang memiliki tubuh pendek. Oleh karena itu banyak hal dilakukan untuk membuat tinggi badan bertambah atau meningkat. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen tiens peninggi badan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan.

Nah, untuk menunjang keberhasilan dari program meninggikan badan, Anda juga perlu membiasakan diri berperilaku hidup sehat. Hal ini karena gaya hidup sehat bisa membantu merangsang hormon pertumbuhan tulang dan lain-lain. Selain itu, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan bugar.

Perilaku Hidup Sehat Menambah Tinggi Badan

pixabay.com

Ada banyak sekali cara hidup sehat yang bisa dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan tubuh bekerja secara optimal. Metabolisme tubuh yang optimal secara alami akan merangsang hormon pertumbuhan tulang dan membantu meninggikan badan. Inilah beberapa perilaku hidup sehat yang perlu diperhatikan, antara lain:

Istirahat atau Tidur Malam yang Cukup

Saat istirahat di malam hari, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon pertumbuhan atau yang disebut dengan HGH. Selain itu, tidur di malam hari dengan durasi yang cukup dan ideal juga mempercepat regenerasi sel dan jaringan tubuh. Oleh sebab itu, beristirahatlah yang cukup yaitu sekitar 7 hingga 8 jam dalam sehari.

Perbaiki Posisi Tidur

Selain butuh durasi tidur yang cukup, Anda juga perlu memperbaiki posisi tidur karena berpengaruh pada pertumbuhan tulang. Posisi tidur yang salah bisa menyebabkan tulang menjadi melengkung atau postur tubuh membungkuk. Hal ini tentu berpengaruh pada proses pertumbuhan tinggi badan. Oleh sebab itu, lakukan posisi tidur telentang dengan kaki lurus dan bantal yang tidak terlalu tinggi.

Lakukan Stretching Setiap Hari

Stretching merupakan kegiatan peregangan otot agar lebih lemas dan tidak kaku yang biasanya dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga. Selain itu, stretching juga bisa dilakukan setelah bangun tidur, bahkan menggeliat juga bisa dikategorikan sebagai gerakan stretching.

Stretching atau peregangan otot bisa Anda lakukan secara berurutan dari tubuh bagian atas hingga bawah. Stretching jangan dilakukan secara acak karena bisa membuat peredaran darah tidak lancar serta menyebabkan pusing dan mual.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Aktivitas olahraga akan membuat tubuh menjadi segar dan bugar serta membantu pertumbuhan tubuh lebih optimal. Beberapa olahraga yang cocok untuk menambah tinggi badan yaitu renang, melompat, basket, badminton, menendang, yoga dan lainnya.

Makanan Ini Membantu Menambah Tinggi Badan

pixabay.com

Selain membiasakan perilaku hidup sehat dari aktivitas sehari-hari dan berolahraga, Anda juga bisa membiasakan konsumsi makanan bernutrisi. Inilah beberapa daftar makanan yang berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan peningkatan tinggi badan, antara lain:

Pastikan Kebutuhan Air Mineral Terpenuhi

Air merupakan kunci dari kesehatan karena makanan bergizi dan bernutrisi tidak dapat dicerna dengan baik jika kebutuhan air tidak terpenuhi. Air putih yang cukup juga bisa berpengaruh pada kesehatan kulit dan membuat kulit Anda lebih sehat dan cantik. Minum air putih juga tidak boleh sembarangan, minumlah air yang mengandung mineral tinggi. Untuk kebutuhan air mineral harian yang perlu dipenuhi yaitu 8 gelas.

Minum Susu Berkalsium Secara Teratur

Berbicara mengenai tulang, hal pertama yang terpikirkan pasti kalsium karena kalsium merupakan zat utama dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang. Selain itu, kalsium juga membantu mencegah tulang keropos atau dikenal dengan osteoporosis. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Anda bisa membiasakan diri untuk minum susu berkalsium 2 hari sekali di siang dan malam hari.

Tambahkan dengan Makanan Berkalsium

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, bukan hanya dengan minum susu. Beberapa makanan yang mengandung kalsium yaitu kacang, almond, keju, yogurt, sarden, salmon dan biji-bijian (biji wijen, biji poppy, biji chia).

Konsumsi Makanan Bernutrisi Lainnya

Makanan bernutrisi adalah makanan yang mengandung nutrisi protein dan vitamin yang tinggi, termasuk yang mengandung kalsium. Makanan-makanan tersebut akan membantu merangsang proses pertumbuhan tubuh termasuk meningkatkan tinggi badan. Beberapa di antaranya seperti goji berries, blueberry, sawi, biji chia dan lain sebagainya.

Nah, itulah informasi seputar perilaku gaya hidup sehat yang bisa mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan seperti makanan bernutrisi dan olahraga teratur. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *