Yuk Simak Pengertian Waralaba Disini

Banyak model bisnis yang kini berkembang di masyarakat. Hal ini tentu saja membuat masyarakat yang akan terjun ke dunia bisnis semakin memiliki pandangan yang luas. Salah satu model bisnis yang banyak digunakan dan dilirik adalah bisnis waralaba atau yang lebih dikenal dengan franchise. Hal ini dikarenakan usaha franchise lebih cepat berkembang dan praktis. Namun meskipun demikian, sudah tahukah anda pengertian waralaba?  Untuk mengetahui lebih jelas simak ulasan berikut.

Mengenal Lebih Dekat Istilah Waralaba atau Franchise

Pengertian Secara Umum

Bisnis Waralaba atau Franchise adalah sebuah hak guna menjual sebuah produk maupun jasa. Franchise juga bisa diartikan sebagai sebuah hubungan kerja yang memiliki perjanjian atau kontrak antara penerima dengan pemilik atau disebut franchisor. Tak jarang bisnis ini berjalan dalam bentuk pertukaran uang dengan kontrak atau perjanjian untuk menjalankan usaha dengan jangka waktu tertentu dan keduanya harus mematuhi perjanjian tersebut.

Pengertian Menurut Para Ahli

Menurut Douglas J. Queen franchise adalah suatu model perluasan bisnis dan pemasaran. Pemegang franchise yang membeli suatu bisnis maka nama dagang dan manfaat telah teruji. Pemilik franchise juga sudah menyediakan pelayanan lainnya. Sementara jika menurut Charles L. Vauhn mengartikan waralaba sebagai kegiatan distribusi dan pemasaran dimana perusahaan memberikan hak untuk menjalankan usaha dalam waktu dan tempat tertentu.

Charles juga mengatakan jika hak tersebut diberikan kepada perusahaan yang lebih kecil atau kepada perorangan. Pengertian waralaba menurut Winarto adalah hubungan kemitraan yang bisnisnya sukses dan kuat. Usahawan juga tergolong baru dan usaha yang dikelola juga relalif baru. Usaha tersebut bertujuan untuk saling menguntungkan satu sama lain pada bisang tertentu.

pxhere.com

Elemen Dalam Franchise

Ada dua elemen penting di dalam sebuah bisnis franchise yaitu franchisor dan frenchise. Franchisor merupakan pemilik merk atau usaha yang bisa memberikan haknya kepada pihak lain. Dalam hal ini pihak lain bisa berupa badan usaha maupun perorangan. Sementara untuk frenchise adalah penerima waralaba atau yang membeli produk bisa perorangan atau bada usaha. Frenchise inilah yang nantinya menerima HAKI atau penemuan lain yang dimiliki oleh Franchisor.

Jenis Jenis Franchise

Selain pengertian waralaba, Franchise atau waralaba memiliki beberapa jenis berdasarkan dengan kriterianya dan menurut asalnya. Hal ini akan memudahkan untuk mengetahui lebih detail tentang bisnis yang banyak di lirik ini. Franchise menurut kriteria terdiri dari waralaba produk, jasa dan gabungan. Franchise produk yang dimaksudkan disini adalah usaha yang akan dikembangkan melalui sebuah produk. Misalnya usaha franchise makanan dan minuman.

Contoh franchise jenis produk yang bisa kita lihat adalah KFC, Kebab Turki, McD dan lain sebagainya. Sementara untuk jenis yang selanjutnya adalah franchise jasa yang menawarkan dalam bentuk layanan jasa. Misalnya saja jasa sewa video, agen perjalanan dan travel serta usaha yang lainnya.Jenis yang ketiga adalah franchise gabungan dimana mereka menawarkan produk dan juga jasa secara bersamaan.

Untuk franchise menurut asalnya dibedakan menjadi dua yakni franchise luar negeri dan franchise dalam negeri. Franchise luar negeri umumnya lebih banyak disukai oleh masyarakat lantaran bisnis ini telah memiliki bisnis yang jelas. Merk yang mereka miliki juga lebih banyak diterima lantaran telah ada di seluruh dunia. Tidak hanya mengetahui pengertian waralaba anda juga harus mengetahui jika bisnis ini dianggap lebih bergengsi dan banyak dilirik.

Franchise dalam negeri masuk dalam pilihan investasi bagi orang yang ingin memiliki bisnis secara instan. Umumnya orang yang memilih bisnis ini juga tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang awal dan kelanjutan dari pemilik franchise. Namun bukan berarti jenis ini tidak bisa membuat keuntungan yang berlipat. Karena dengan sistem yang baik akan membuat bisnis berjalan dengan lancar dan bisa mencapai tujuan untuk sukses.

pxhere.com

Tipe Tipe Franchise

Selain jenisnya, franchise juga memiliki tipe yang berbeda. Tipe tersebut terdiri dari trade name franchising yang merupakan tipe usaha franchise dimana pembeli usaha ini memiliki hak untuk melakukan produksi. Misalnya saja PT. Great River yang memilki hal untuk memproduksi pakaian dalam Triumpth dan dibekali dengan lisensi dari Jerman. Dan untuk tipe yang selanjutnya adalah product distibution franchising.

Tipe yang kedua merupakan jenis yang memberikan hak unuk mendistribusikan barang pada wilayah tertentu. Misalnya pada bisnis kosmetik atau soft drink yang bisa disebarkan pada suatu wilayah. Dan yang terakhir adalah Pure Franchising yang merupakan jenis franchise yang memiliki hak sepenuhnya. Selain mengetahui pengertian waralaba anda juga harus mengetahui hak yang dimaksudkan yaitu hak trademark, peralatan, bantuan managemen dan lain sebagainya.

pxhere.com

Kelebihan Bisnis Franchise

Kelebihan yang diberikan bisnis cukup mengiurkan dan cocok bagi para pemula yang ingin terjun kedunia usaha. Hal ini karena proses yang dibutuhkan untuk membuka usaha tidaklah panjang. Dengan memilih bisnis secara franchise maka anda tidak perlu lagi memusingkan persoalan konsep atau produk apa yang akan di jual. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah dana atau modal untuk membuka usaha franchise yang anda inginkan.

Selain itu bisnis ini juga telah memiliki sistem yang telah dipercaya karena terbukti berhasil. Brand image yang dimiliki oleh bisnis ini telah dikenal oleh masyarakat dan sudah diakui. Sehingga anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengenalkannya. Mengetahui lebih jelas tentang pengertian waralaba tidak akan cukup karena anda harus benar benar memiliki informasi yang lengkap jika ingin berbisnis waralaba.

Resiko usaha ini juga terbilang kecil dan sudah terbukti berhasil. Karena bila ada permasalahan yang muncul, pihak manajemen akan memberikan dukungan. Dukungan tersebut tentu saja membuat anda bisa mendapatkan saran untuk menghadapi masalah. Apalagi yang memberikan saran adalah pihak yang telah berpengalaman di bidangnya. Usaha ini juga cocok untuk para pemula untuk belajar mengelola usaha.

Penjelasan sebelumnya bisa menjadi informasi untuk menghilangkan keraguan anda. Bisnis ini memang bisa dibilang sebagai bisnis yang menjanjikan namun memiliki resiko yang kecil. Bahkan anda juga tidak perlu memiliki modal usaha besar karena banyak franchise yang menawarkan modal yang kecil. Namun anda juga harus memperhatikan hal penting agar bisnis yang anda ambil memiliki prospek yang bagus.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *