Pemberian Fungisida Sistemik Pada Tanaman Cabe

Tanaman cabe merupakan salah satu tanaman yang rentan terkena penyakit dan juga hama. Dengan adanya hal itu maka tidak heran banyak petani cabe yang berusaha dengan berbagai cara supaya tanaman cabenya terhindar dari penyakit dan hama.

Adapun salah satu cara yang biasanya dilakukan petani untuk mencegah serta menghilangkan penyakit dan hama pada tanaman cabe adalah dengan pemberian fungisida. Dimana salah satu fungisida yang biasanya digunakan pada tanaman cabe adalah fungisida sistemik.

Mungkin ada yang masih bingung ataupun belum tahu apa itu fungisida sitemik. Daripada penasaran, simak saja informasi berikut ini.

Fungisida Sistemik Tanaman Cabe

Fungisida sistemik berguna untuk mengilangkan ataupun mencegah tanaman cabe dari berbagai penyakit, jamur dan juga hama. Adapun cara kerja dari fungisida sitemik adalah dengan masuk ke dalam sistem pembuluh tanaman cabe.

Fungisida sistemik dapat bertahan cukup lama didalam tanaman cabe yaitu berkisar 1 minggu hingga 1 bulan sejak pemberian fungisida sistemik pada tanaman cabe.

Fungisida sistemik memiliki fungsi untuk merusak dan menghancurkan jamur bahkan sampai menganggu terjadinya pembentukan spora. Sebagian besar fungisida sistemik dilengkapi dengan bahan aktif fungisida kontak.

Dimana fungisida kontak yang bertugas untuk membunuh jamur yang menyerang tanaman cabe jika terpapar atau bersentuhan langsung dengan bahan aktif yang dimilikinya. Sedangkan jamur yang tidak terpapar langsung oleh bahan aktif akan dihancurkan oleh fungisida sistemik dari bagian dalam.

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh fungisida sistemik maka tidak heran jika harganya cukup tinggi dipasaran. Dengan mahalnya harga fungisida sistemik maka tidak heran banyak petani cabe yang lebih memilih cara lain untuk menghilangkan jamur yang menyerang tanaman cabe miliknya walaupun hasilnya tidak sebagaik penggunaan fungsisida sistemik.

Atau dengan kata lain petani menggunakan fungisida sistemik sebagai cara terakhir untuk menghilangkan jamur pada tanaman. Fungisida sistemik terdiri dari berbagai macam bahan aktif seperti benomyl, carbendazim, thiram, mancozeb, oksadisil, propineb dan metalaksil.

Adapun jenis fungisida yang sering digunakan untuk tanaman cabe antara lain Puanmur 50 SP, Paskal 50 WP, Cozeb 80 WP hingga Amistar 250 SC dan masih banyak lagi merk atau produk fungisida sistemik yang cocok untuk tanaman cabe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *