Kreasi Paduan Warna Biru Untuk Tampilan Rumah Yang Keren Dan Nyaman

Bingung mencari paduan warna biru yang bagus untuk rumah? Trend warna biru kini memang tidak hanya menghiasi industri fashion saja. Melainkan juga banyak diterapkan pada desain interior rumah untuk membangun suasana nyaman.

Warna biru yang mampu memberikan kesan tenang membuatnya menjadi salah satu warna favorit yang banyak dipilih untuk diterapkan pada ruangan. Apalagi warna ini juga sangat mudah diaplikasikan untuk ruangan apapun. Mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi bahkan hingga dapur.

Macam-Macam Warna Biru

Jika ingin menggunakan warna biru untuk cat dinding atau desain interior rumah, ada baiknya ketahui lebih dulu macam-macam warna biru. Hal ini agar Anda dapat memilih jenis warna biru mana yang akan tepat untuk diterapkan pada ruangan dan paduannya. Untuk itu, berikut ini beberapa jenis warna biru yang bisa dipilih:

pxhere.com
  • Warna Biru Terang

Jenis warna biru ini dilihat dari seberapa terangnya warna yang dimiliki. Warna-warna biru terang lebih sering disebut sebagai biru langit, biru laut ataupun biru muda. Contoh warna biru terang antara lain adalah warna biru air, cyan, light cyan, tosca pucat dan aquamarine.

  • Warna Biru Pucat

Warna biru ini merupakan warna biru yang tidak terlalu terang tapi juga tidak terlalu gelap. Warna biru pucat ini memiliki beberapa nama, seperti tosca, tosca sedang, tosca gelap, cadet blue, steel blue, light steel blue, powder blue, light blue, biru langit dan biru langit terang.

  • Warna Biru Gelap

Sesuai namanya, jenis biru ini mempunyai warna yang gelap atau pekat. Warna biru gelap ini diantaranya adalah warna deep sky blue, dodge blue, cornflower blue, medium slate blue, royal blue, biru sedang, biru gelap, biru laut, biru tengah malam dan warna asal biru itu sendiri.

Kreasi Paduan Warna Biru Pada Rumah

Warna biru merupakan warna favorit yang disukai banyak orang secara universal. Oleh karena itu, maka tak heran jika warna ini kerap diterapkan pada beragam media. Meski lebih marak digunakan di dunia fashion, warna biru ternyata juga banyak diterapkan pada interior rumah. Pilihan warna ini bahkan tidak hanya akan mempercantik ruangan tetapi juga menciptakan suasana dan atmosfer yang berbeda.

Nah, jika Anda ingin mencoba mengaplikasikan warna biru pada interior rumah. Berikut ini beberapa kreasi paduan warna biru yang bisa Anda tiru:

  1. Perpaduan Warna Biru Dongker

Pemilihan warna biru dongker untuk mendominasi ruangan dapat memberikan kesan maskulin yang kuat. Anda bisa mengaplikasikan warna biru ini di semua sisi dinding kamar atau satu sisi saja. Anda juga bisa menggunakan furniture dengan warna senada atau putih untuk memperkuat kesannya. Paduan warna ini cocok diterapkan pada ruangan apapun, tapi tetap perhatikan juga pengaturan cahayanya karena warna ini cenderung sangat gelap.

pxhere.com
  1. Perpaduan Warna Biru Langit

Warna biru langit akan sangat cocok digunakan pada ruang makan, ruang tamu ataupun kamar mandi. Hal ini karena perpaduan warna biru ini akan membawa kesan cerah sehingga memancarkan aura bahagia. Untuk melengkapinya, Anda bisa menggunakan furniture berwarna abu-abu, biru dongker atau putih. Warna ini sendiri sangat pas untuk rumah dengan gaya minimalis.

  1. Perpaduan Warna Biru Muda

Jika ingin suasana rumah yang adem, damai dan menenangkan, cobalah untuk memadukan warna biru muda pada interior. Warna ini mampu membawa kesan rileks sehingga cocok diterapkan pada dinding kamar tidur atau ruang keluarga. Karena kesan warna ini yang sederhana, cobalah Anda padukan dengan furnitur berwarna nude, abu-abu muda atau putih tulang untuk memberikan kesan yang mewah dan lebih modern pada ruangan.

pxhere.com
  1. Perpaduan Warna Biru Estetik

Untuk Anda yang memiliki ruang baca atau ruang belajar di rumah, warna ini akan sangat tepat diterapkan. Blue aesthetic dapat membuat ruangan menjadi tidak terkesan membosankan dan lebih dinamis. Warna ini memberikan nuansa nyaman yang terlihat soft namun tidak monoton. Anda juga bisa menambahkan perabotan berwarna dasar biru lainnya.

  1. Perpaduan Warna Biru Tosca

Warna biru tosca yang terang namun tetap terlihat lembut ini akan sangat pas untuk diaplikasikan pada kamar mandi. Merupakan warna perpaduan dari hijau dan biru, warna ini akan memberikan kesan baru yang lebih segar namun tanpa meninggalkan kesan biru yang tenang. Disini, Anda juga dapat memasang lantai keramik bermotif dan perabotan putih pada ruangan.

Untuk paduan warna biru, Anda dapat bebas memilih variasi warna dari yang terang hingga yang gelap. Sesuaikan pilihan dengan gaya interior yang diusung agar warna dapat menyatu dengan konsep ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *