Cara Mengganti Nama Instagram Dengan Mudah

Ingin mengganti nama sekaligus username di Instagram? Perlu Anda ketahui, dibanding platform media sosial lain, mengganti nama dan username di Instagram jauh lebih mudah. Ada banyak alasan mengapa seseorang mesti mengganti nama Instagram. Bisa jadi karena kepentingan bisnis, sudah mulai bosan dengan nama IG lama, atau ingin menyamakan dengan nama akun di platform media sosial lain. Apapun alasannya, dibutuhkan beberapa detik saja untuk mengganti nama Instagram. Nah dalam artikel ini kami akan membahas cara mengganti nama Instagram, jadi selamat menyimak ya!

Ingin Mengganti Nama Instagram? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Penting Ini!

Sebelum kami membahas cara mengganti nama Instagram, ada baiknya Anda memahami beberapa hal berikut ini. Nama pengguna atau username merupakan bagian paling penting dari akun Instagram. Orang-orang bisa mengetahui akun Instagram Anda, salah satunya lewat usename ini. Jika Anda mengganti username Instagram, maka Anda seperti mengganti wajah dengan wajah yang baru, sehingga dibutuhkan waktu yang lama agar Anda bisa dikenal orang-orang kembali.

pexels.com

Untuk skala personal, ganti nama atau username bukanlah suatu masalah yang terlalu besar. Namun untuk skala bisnis, maka ganti nama dapat mengakibatkan banyak perubahan, bisa berkonotasi positif maupun negatif. Nah sebelum Anda ganti nama Instagram, sebaiknya perhatikan beberapa poin di bawah ini!

  • Kehilangan Follower dan Engagement

Sebelum Anda mengganti nama Instagram, khususnya username, maka perlu Anda pahami bahwa mengganti username IG dapat mengakibatkan menurunnya jumlah follower dan engagement. Anda mungkin bertanya, kok bisa? Oke akan kami jelaskan! Misalnya Anda punya akun Instagram dengan username @makanmewahtapimurah, dimana feed IG Anda dipenuhi dengan review makanan. Nah suatu ketika, Anda berpikir untuk mengganti nama dan username Instagram dengan nama yang lebih unik yaitu @mukbangmurah.

Setelah mengganti nama, sebut saja ada follower IG Anda yang mencari @makanmewahtapimurah di kolom pencarian, namun yang keluar ternyata pesan ‘user not found’. Apalagi jika yang mencari username lama bukan follower Anda, maka kemungkinan untuk mengklik ‘following’ sangatlah kecil, karena username Anda tak bisa ditemukan lagi. Jadi sebelum ganti username, ada baiknya Anda baca beberapa tips yang ada di Mogloger.

pexels.com
  • Follower Anda Tidak Akan Mengenali Akun IG Anda.

Pernahkah Anda merasa tidak mengikuti salah satu akun Instagram, namun ternyata Anda mengikutinya. Bisa jadi karena pemilik akun Instagram tersebut mengganti nama Instagram, sehingga Anda tidak mengenalinya. Nah hal tersebut juga berlaku jika Anda mengganti nama Instagram Anda. Follower Anda jadi tidak mengenali brand atau bisnis Anda, karena Anda mengganti nama Instagram tanpa memikirkannya dengan matang. Akibat paling fatal yaitu perlahan-lahan jumlah follower Anda jadi berkurang, karena banyak follower Anda yang tidak lagi mengenal akun Instagram Anda.

  • Kehilangan Visibilitas di Mesin Pencari

Kerugian ganti nama Instagram lainnya yaitu kehilangan visibilitas di mesin pencari. Jadi jika biasanya profil Instagram Anda bisa ditemukan di mesin pencari seperti Google, sekarang tidak bisa ditemukan lagi. Dibutuhkan waktu beberapa hari agar Google menganalisa nama Instagram baru Anda, dan tentunya hal tersebut dapat berimbas pada berkurangnya traffic yang mengarah ke akun Instagram Anda.

pexels.com

Cara Mengganti Nama Instagram

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak alasan mengapa Anda mesti menahan diri untuk mengganti nama Instagram. Namun jika Anda sudah memikirkannya dengan matang, maka jangan ragu lagi untuk mengganti nama Instagram, berikut panduannya!

  1. Pertama tentu buka aplikasi Instagram.
  2. Lalu masuk ke profil Instagram Anda, letaknya di sebelah kanan paling bawah. Untuk versi web, profil Instagram ini terletak di kanan atas.
  3. Setelah itu di profil IG Anda, klik ‘Edit Profile’ yang ada di bawah bio.
  4. Nah setelah itu Anda bisa menemukan kolom nama dan username.
  5. Anda tinggal menghapus nama dan username lama dengan nama dan username baru. Untuk username pastikan bahwa Anda memasukan username yang belum digunakan oleh orang lain.
  6. Setelah memasukan nama dan username yang diinginkan, Anda tinggal mengklik ikon checklist yang ada di kanan atas dashboard.
  7. Tak hanya nama dan username, Anda juga bisa mengganti website, bio, dan juga nomor telepon di menu Edit Profile ini.

 

Nah itulah cara mengganti nama Instagram, mudah bukan? Mengganti nama Instagram memang mudah, namun pastikan Anda tidak menyesal setelah Anda mengganti nama IG Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *