Mengenal Ubereats, Pesaing Baru Jasa Antar Makanan Online

Kesibukan dan alasan kenyamanan adalah beberapa alasan yang membuat bisnis jasa antar makanan menjadi kian marak. Salah satu pemain dalam bisnis ini adalah Ubereats. Untuk mengenal Ubereats lebih jauh lagi, simak tulisan berikut ini.

Apa Itu Ubereats?

Ubereats adalah salah satu jenis layanan yang disediakan oleh Uber, pelopor taksi online dari San Fransisco, Amerika Serikat. Layanan Ubereats ini berkembang dengan sangat pesat di beberapa kota besar di Amerika Serikat, juga di London dan Tokyo.

Pada dasarnya, layanan Ubereats tidak jauh berbeda dengan layanan sejenis, seperti GoFood atau GrabFood di Indonesia. Akan tetapi, terdapat sedikit perbedaan dalam beberapa hal berikut ini.

1. Memiliki Aplikasi Sendiri

Meskipun merupakan bagian dari Uber, layanan Ubereats memiliki aplikasi sendiri yang terpisah dari aplikasi Uber. Hal ini berbeda dengan GoFood dan GrabFood yang hanya berupa fitur layanan pada aplikasi Gojek dan Grab.

2. Memberikan Kompensasi untuk Konsumen

Jika merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, pengguna layanan Uber bisa mengajukan keluhan dan mendapatkan kompensasi berupa voucher yang nilainya cukup besar sebagai  bentuk permintaan maaf.

3. Menggunakan Teknologi Drone

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Ubereats adalah menggunakan drone untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggannya. Penggunaan drone ini telah melalui uji coba di Amerika Serikat dengan mengantarkan makanan dari McDonald’s ke Universitas San Diego.

Pesawat ringan Ubereats ini memiliki enam rotor VTOL (vertical takeoff and landing) yang mampu mengangkat makanan untuk dua pelanggan dengan jarak tempuh maksimal sejauh 28,9 km.

Penggunaan teknologi drone ini dilatarbelakangi oleh sering terhambatnya pengiriman makanan akibat kemacetan lalu lintas. Dengan menggunakan drone, pengantaran makanan diharapkan akan jauh lebih cepat dan mitra Ubereats tidak perlu berkendara terlalu jauh.

Drone tidak digunakan untuk mengantar makanan langsung kepada pelanggan, hanya mendekatkan. Makanan akan diterbangkan oleh drone dari restoran menuju kurir Ubereats. Selanjutnya, kurir lah yang akan mengantarkan makanan tersebut ke tempat pelanggan.

Cara Menggunakan Aplikasi Ubereats

Ubereatas digunakan saat Anda ingin memesan makanan dari restoran-restoran tertentu melalui driver Uber. Adapun cara menggunakan aplikasinya adalah sebagai berikut.

  • Untuk mendapatkan layanan Ubereats, Anda terlebih dahulu harus mengunduh aplikasinya melalui Play Store.
  • Saat membuka aplikasi yang sudah diunduh, Anda bisa menemukan ratusan restoran dengan beragam menu makanan dan minuman yang dapat dipilih.
  • Setelah menemukan restoran atau makanan yang disukai, Anda bisa menyentuh dan menambahkan menu tersebut ke dalam keranjang.
  • Sebelum check out, pada layar ponsel akan muncul alamat, perkiraan waktu pengantaran, total harga pesanan, serta pajak dan biaya pengantaran. Periksalah dan pastikan semua informasi tersebut sudah benar.
  • Jika Anda sudah yakin, masukkan pesanan. Aplikasi secara otomatis akan menggunakan kartu yang terdaftar sehingga tidak dibutuhkan uang tunai untuk pembayarannya
  • Selanjutnya, Anda bisa memantau pesanan melalui aplikasi. Anda bisa melihat saat restoran yang dimaksud menerima dan kemudian menyiapkan pesanan.
  • Saat pesanan sudah hampir selesai disiapkan, mitra Uber yang terdekat dengan restoran tersebut akan segera menuju restoran untuk mengambil pesanan. Anda bisa mengetahui nama dan melihat foto mitra tersebut.
  • Mitra Uber akan menuju ke lokasi sesuai yang tertera di aplikasi dan Anda bisa memantaunya melalui peta.

Peluang Bisnis dari Ubereats

Selain memudahkan pelanggan, Ubereats juga membuka peluang yang menarik bagi para pelaku bisnis restoran. Melalui kemitraan dengan Ubereats, para pemilik restoran dapat memajukan bisnis mereka karena alasan berikut.

  • Makanan dapat diantarkan dalam waktu tidak lebih dari 15 menit sehingga kualitas makanan masih terjaga saat diterima konsumen. Hal ini penting untuk menjaga reputasi restoran.
  • Pemilik restoran dapat melacak pesanan dari sejak diambil sampai tiba di tangan pelanggan sehingga menjamin kepuasan pelanggan.
  • Menu yang disediakan restoran akan ditampilkan di aplikasi Ubereats dan bisa dengan mudah ditelusuri oleh para pengguna aplikasi sehingga bisa menarik pelanggan baru, sementara pelanggan lama bisa rutin memesan dengan cara yang sangat mudah.
  • Pihak Ubereats aktif mempromosikan menu-menu yang disediakan di restoran yang menjadi mitranya sehingga dapat meningkatkan penjualan dan menghemat biaya promosi.
  • Melalui situs ridelancer, para calon konsumen bisa lebih mengenal Ubereats dan mendapatkan informasi lengkap tentang layanan yang diberikan sehingga restoran mitra dapat menjaring lebih banyak pelanggan.

Di luar negeri, Ubereats harus siap bersaing dengan bisnis jasa antar makanan lain, seperti Seamless, Postmeats, dan Grubhub. Namun, dengan sejumlah kelebihan dan inovasi yang dilakukan, Ubereats diharapkan bisa meraup sukses dan menjadi sumber pendapatan terbesar bagi Uber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *