Mengenal Timun Laut yang Kaya akan Manfaat

Timun laut merupakan salah satu hewan laut yang bergerak lambat yang hidupnya lumpur pasir, dasar substar pasir maupun dalam lingkungan terumbu karang. Di Indonesia sendiri nama timun laut lebih populer disebut sebagai teripang. Teripang merupakan salah satu binatang yang memiliki peran pentng dalam rantai makanan di terumbu karang serta pada ekosistem asosiasinya yang dalam berbagai tingkat struktur pakan. Dalam hal ini teripang berperan penting sebagai pemakan deposit serta pemakan suspensi. Adanya daerah terumbu karang yang tidak mengalami tekanan eksploitasi di Indo-pasifik menyebabkan kepadan timun laut dapat lebuh dari 35 ekor per meter perseginya. Dimana dalam hal ini setiap individu dapat memproses 80 gram berat kering sedimen dalam setiap harinya.

Populasi Timun Laut di Indonesia

Berdasarkan catatan dari Badan Pangan dan Pertanian PBB, Indonesia merupakan negara penghasil timun laut terbesar di dunia yakni dengan sekitar 2500 ton. Adapun eksplor timun laut ini ke Singapura, Cina, dan Taiwan. Bahkan berdasarkan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2012 hingga 2015 ekspor teripang meningkat dari 900 ton hingga 1200 ton. Di Indonesia sendiri penangkapan timun laut ini terdapat di berbagai daerah kepulauan Indonesia yang sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 1600 an hingga kini.

Indonesia memiliki 350 jenis dari seluruh spesies timun laut di dunia. Beberapa jenis timun laut memiliki nilai ekonomis yang sangat luar biasa. Beberapa jenis tersebut diantaranya yaitu teripang putih, teripang pandan, teripang koro, teripang dongnga, dan lain sebagainya. Nah sebagai salah satu pemiliki spesies timun laut di dunia, tentunya Indonesia juga harus pandai menjaga habitat dari teripang sehingga populasinya tidak semakin menurun.

Manfaat Teripang Bagi Kesehatan

Timun laut merupakan binatang laut yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Hal ini tentu karena selain memiliki rasa yang lezat ketika diolah, teripang juga memiliki segudang manfaat apabila dikonsumsi. Manfaat timun laut yang paling terkenal adalah sebagai penyembuh luka yang cukup efektif. Tripang memiliki kandungan gamapeptide yang dapat membuat regenerasi sel dengan cepat sehingga dapat dengan cepat menyembuhkan luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *