Mengenal Sapi Brahman, Sapi berkualitas dari India

Sapi potong menjadi komoditi hewan ternak yang paling menguntungkan di dunia agrobisnis. Berbagai macam jenis sapi potong memiliki keunggulan yang mampu menghasilkan daging sapi berkualitas super. Jenis-jenis sapi seperti Angus, Limousin, dan Brangus sangat dicari para importir daging di berbagai negara, tak terkecuali sapi potong  yang berasal dari India, yaitu sapi Brahman. Sapi ini merupakan hasl dari peranakan sapi zebu dari India. Sapi ini mengalami perkembangan yang baik di Amerika Serikat dengan teknologinya yang mutakhir. Sapi brahman pada awalnya hanya memiliki besar tubuh yang biasa-biasa saja, akan tetapi dengan kemajuan teknologi di Amerika Serikat, sapi brahman menjadi sapi yang berbobot besar dan berkualitas sangat baik.

 

  1. Ciri-Ciri Sapi Brahman

Sapi Brahman memiliki ciri-ciri khas sebagai seekor sapi potong super. Salah satunya adalah sapi brahman memiliki punuk yang besar dan kulit yang lebar. Hal ini dapat dilihat dari kulit sapi Brahman yang menggelambir. Kulit yang bergelambir terdapat di bagian leher dan dibawah kepala. Sedangkan tubuh sapi brahman memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan besarnya menandingi sapi Limousin. Jika sapi lokal kebanyakan memiliki berat 500 kg, maka sapi Brahman mampu memiliki berat sebesar 1 ton.

 

  1. Memiliki Daya Tahan Tubuh Yang Prima

Keuntungan dari beternak sapi Brahman adalah sapi brahman memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik. Kebanyakan orang beranggapan sapi lokal memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada sapi luar negeri, akan tetapi anggapan tersebut salah karena sapi brahman memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada sapi lokal. Sapi Brahman mampu bertahan dari virus dan berbagai macam penyakit. Sapi brahman mampu bertahan dari virus penyakit yang sering menimpa sapi impor, seperti virus caplak.

 

  1. Jenis-Jenis Sapi Brahman

Sapi brahman terdiri dari beberapa jenis, yaitu sapi Brahman Amerika dan sapi Brahman Cross. Sapi Brahman Amerika menjadi sapi menjadi favorit bagi para peternak sapi. Sapi Brahman Amerika dipercaya memiliki kualitas daging yang sangat baik. Hal ini ditelusuri pada tahun 1850-an, terdapat seorang peternak sapi di Amerika yang berhasil menciptakan bibit unggul dari seekor sapi Brahman. Jenis sapi berikutnya adalah sapi brahman cross. Sapi brahman cross merupakan sapi persilangan dari sapi brahman dan sapi Australia. Persilangan sapi lokal dengan sapi brahman mampu memberikan keunggulan sapi brahman pada sapi lokal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *