Berbagai Materi Fisika Yang Diprediksi Akan Muncul Pada Soal UTBK SBMPTN 2020

SBMPTN merupakan gerbang andalan para calon mahasiswa yang ingin mendaftar pada perguruan tinggi negeri. SBMPTN yang merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini merupakan jalur yang cukup diminati sehingga ada banyak sekali calon mahasiswa yang berlomba-lomba menembus seleksi ini demi masuk PTN impiannya.

Sistematika penerimaan SBMPTN memiliki sedikit perubahan daripada beberapa waktu yang lalu. Dahulu ketika mengikuti SBMPTN, siswa tinggal melakukan pendaftaran dan kemudian mngerjakan soal-soal yang diberikan. Hasil dari SBMPTN tersebut akan langsung menentukan hasil dari masuk tidaknya seseorang ke perguruan tinggi yang dituju.

Namun pada jaman sekarang, hasil dari UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) lah yang menjadi tolak ukur diterima atau tidaknysa seseorang di sebuah PTN. Anda tinggal menyodorkan nilai UTBK pada panitia SBMPTN sebuah perusahaan. Maka ketika itu pula anda akan ditentukan lolos atau tidak sebagai mahasiswa sebuah universitas negeri.

pixabay.com

Apa saja Materi yang diperkirakan akan keluar menjadi soal-soal UTBK SBMPTN?

Sebagai seleksi tingkat nasional, UTBK SBMPTN tidak mengandung soal-soal yang bisa dikerjakan dengan penalaran eksplisit. Soal-soal yang dikerjakan oleh para calon mahasiswa merupakan soal-soal yang sudah teruji kesulitasnnya dan telah diperhitunggkan oleh para pembuat soal.

Biasnaya, ada tiga kelompok ujian pada UTBK BMPTN, yaitu Saintek, Soshum, dan campuran. Selain itu, terdapat tiga jenis soal yang ada pada lembar soal UTBK, yaitu soal Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan Dasar Umum  dan Tes Potensi Skolastik.

Anda harus belajar materi yang terkait dengan soal-soal yang akan dikeluarkan. Apabila anda ingin masuk ke jurusan yang berbau sains, maka anda disarankan untuk mengambil ujian Saintek. Namun untuk jurusan yang berbau Sosial Humaniora, anda disarankan untuk memilih kelompok ujian Soshum. Dan jika jurusan yang anda pilih berada di antara kedua rumpun ilmu tersbeut, maka pilihlah kelompok ujian campuran.

Ketika memilih prodi yang berasal dari rumpun Saintek, maka anda juga harus mencari buku-buku terkait dengan Ilmu Pengetahuan Alam. Kita tahu bahwa rumpun IPA mengandung Fisika, Kimia, Biologi, dan Matematika. Anda harus mencari soal-soal dan materi berbagai mata pelajaran yang diujikan tersebut di buku khusus latihan soal UTBK SBMPTN.

pexels.com

Untuk mata pelajaran fisika, materi apa sajakah yang akan diprediksi muncul?

Fisika merupakan materi yang sangat penting dipelajari bagi para peserta ujian UTBK SBMPTN. Fisika ini merupakan salah satu bagian dari soal UTBK Saintek yang harus dipelajari secara mendalam oleh para calon mahasiswa. Fisika diakui merupakan salah satu jenis soal yang paling sulit dan banyak orang rela menghabiskan banyak uang untuk mengikuti kursus pelajaran yang satu ini.

Berikut ini kami sajikan beberapa materi fisika Saintek UTBK SBMPTN yang bisa anda jadikan sebagai acuan belajar di rumah :

  1. Bab Gerak dan Persamannya
  2. Bab Energi dan Momentum
  3. Bab Kesetimbangan benda
  4. Bab Elastisitas
  5. Bab Getaran dan Gelombang
  6. Bab Gelombang bunyi
  7. Bab Listrik Statis
  8. Bab Medan dan Gaya Magnet
  9. Dan lain sebagainya

Dan ada banyak orang yang mencoba meneliti frekuensi keluarnya materi Fisika pada soal SBMPTN Saintek. Hasilnya, pada mata pelajaran fisika, soal yang paling banyak dikeluarkan adalah mengenai medan listrik dan magnet.

Selain itu, materi mengenai Mekanika dan juga Zat dan Kalor juga akan menghiasi lembar soal yang akan kamu terima. Oleh karena itu anda harus mengutamakan materi-materi ini untuk dipelajari lebih dulu sebagai langkah mempersiapkan UTBK SBMPTN.

pexels.com

Berbicara mengenai tips dan trik lolos UTBK SBMPTN, anda memang harus secara cerdas mempelajari semua materi yang diperkirakan akan keluar pada ujian tahun depan. Selain itu, perbanyak mempelajari buku kumpulan soal SBMPTN yang telah dilaksanakan pada tahun lalu. Hal ini akan membantu anda dalam memahami soal-soal tersebut dengan lebih mudah.

Atau anda bisa mengunjungi website edutore dan juga menginstal aplikasi Edutore dari Gramedia. Aplikasi ini akan membantu anda dalam belajar kumpulan soal khususnya soal Saintek yang akan keluar waktu UTBK SBMPTN Tahun depan.

Dengna mempelajari semua materi yang diperkirakan akan keluar, anda tidak perlu lagi susah-susah membeli buku tersebut di toko Gramedia secara langsung. Karena anda akan bisa melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi Edutore. Dengan begitu, anda akan mengalami hemat biaya, hemat waktu dan hemat tenaga karena tidak perlu susah-susah menghampiri toko fisik Gramedia di kota mitra.

Selain menyediakan berbagai buku kumpulan soal UTBK SBMPTN, Edutore juga menyediakan koleksi terbaru dari buku-buku terbitan Gramedia. Biasanya, ketika buku baru telah tiba, Gramedia mendahulukan update sistem karena hal ini akan sangat berguna untuk membantu penjualan mereka.

Ada berbagai jenis buku yang ada dan disediakan di Edutore ini. Diantaranya adalah buku-buku fiksi seperti novel, kumpulan cerpen dan puisi, serta berbagai buku-buku lain yang memiliki berbagai jenis genre. Dengan Edutore, anda akan mengalami banyak keuntungan yang tidak didapatkan oleh orang yang tidak menginstal aplikasi tersebut. Anda pun juga akan menemukan berbagai materi Fisika Saintek UTBK SBMPTN dengan mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *