Manfaat Daun Tapak Kuda Untuk Kesehatan 

Mungkin belum semua orang tahu mengenai manfaat daun tapak kuda, lantaran daun satu ini memang belum banyak dieksplorasi. Namun beberapa penelitian terkini mengungkap kandungan di dalam daun tapak kuda yang memiliki kandungan bermanfaat bagi manusia.

Daun tapak kuda sendiri banyak terdapat di Sulawesi Selatan, utamanya tumbuh di kawasan garis pantai. Berdasarkan beberapa sumber, daun tapak kuda mengandung senyawa yang diyakini bisa mereduksi racun pada pakan dan pangan. Selain itu, terdapat banyak manfaat daun tapak kuda bagi tubuh, antara lain:

1. Mengatasi rematik

Manfaat pertama daun tapak kuda yakni dapat mengobati penyakit rematik. Daun tapak kuda membantu meredakan nyeri akibat rematik yang biasanya dialami oleh orang yang sudah berumur.

2.Mengurangi rasa sakit pada persendian

Manfaat kedua daun tapak kuda yakni dapat mengurangi dan meredakan rasa sakit di persendian yang mengganggu. Dengan persendian yang normal, aktivitas kembali lancar.

3.Mengatasi dehidrasi

Manfaat selanjutnya dari daun tapak kuda, yakni dapat mengatasi dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh drop akibat kekurangan mineral. Normalnya, tubuh memerlukan sebanyak 1/3 asupan air. Dengan daun tapak kuda, dapat memulihkan kondisi tubuh menjadi segar kembali.

4. Mengatasi nyeri dan Pegal Pegal

Manfaat lainya dari daun tapak kuda yakni bisa mengatasi rasa nyeri pada otot dan tulang. Dan jika kalian mengalami pegal-pegal juga bisa disembuhkan dengan daun tapak kuda.

5. Mengatasi disentri

Di negara India, daun satu ini sudah biasa dimanfaatkan untuk mengobati disentri. daun tapak kuda menjadi salah satu daun obat yang diyakini ampuh membantu menyembuhkan disentri bagi masyarakat India.

6. Membantu melancarkan sirkulasi darah

Daun tapak kuda mampu melancarkan sirkulasi pada darah, sehingga dapat mengatasi dan mencegah dari penyakit hipertensi atau sering disebut dengan penyakit darah tinggi. Darah tinggi memang harus segera diatasi agar tidak mengakibatkan strok.

7. Menguatkan tulang dan gigi

Daun tapak kuda juga membantu menguatkan tulang keropos akibat penuaan. Berbagai kandungan senyawa di dalamnya, dapat memperbaiki sel-sel pada tulang. Tak hanya itu, daun ini juga bisa menguatkan gigi.

8. Mengatasi racun

Daun tapak kuda memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mendetok racun di dalam tubuh. Daun satu ini dapat mengeluarkan berbagai racun pada tubuh dengan efektif.

9. Menurunkan Demam

Daun tapak kuda mengandung anti pretik yang dapat membantu menurunkan panas dan demam. Untuk turunkan demam biasanya daun tapak kuda dikonsumsi sebagai obat herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *