Macam-Macam Olahan Tepung Ketan

Tepung ketan merupakan bubuk yang berasal dari beras ketan yang sudah digiling sehingga menjadi halus dan disebut tepung. Tepung ketan bisa berwarna putih maupun hitam, tergantung jebis beras ketan yang digunakan, yakni beras ketan putih atau beras ketan hitam.

Beras ketan yang sudah dihaluskan menjadi tepung ketan ini memiliki lebih banyak kandungan pati sehingga teksturnya lebih lengket. Tepung beras ketan dapat diolah menjadi beberapa macam olahan maknan yang sangat familiar dan sering kita jumpai di pasaran. Di antara olahan tepung ketan adalah:

1) Getas Ketan

Getas ketan merupakan salah satu makanan tradhisional dari tepung ketan dengan campuran sedikit kelapa dan gula halus. Dahulu, getas ketan ini menjadi menu andalan untuk sarapan pada pagi hari. Rasanya manis gurih, karena cara pengolahannya adalah dengan cara digoreng di dalam minyak panas.

2) Bolu Kukus

Jika kue bolu pernah menjadi andalan camilan atau wejangan yang terbuat dari tepung biasa, karena adanya beras ketan yang sudah digiling dapat menjadikan tepung ketan diolah pula menjadi bolu kukus ketan. Dalam pengolahannya sama seperti mengolah bolu pada umumnya, dapat dilakukan dengan berbagai macam Varian rasa.

3) Onde-onde

onde-onde adalah makanan tradhisional yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau yang sudah dimasak dengan campuran gula sehingga menjadi manis. Karena tepungnya yang lebih banyak mengandung sari pati sehingga lengket, maka tidak menutup kemungkinan jika bagian kulit luar kue ini ditaburi wijen.

4) Kue Ku

Kue Ku juga makanan tradhisional yang berasal dari tepung ketan. Dengan mengandalkan warna terang pada kulit luarnya, isian kue ku ini juga berupa kacang hijau namun cenderung lebih ke seperti dodol sehingga tekstur kacang hijaunya tidak terlihat.

5) Kue Putu

Kita biada menjumpai kue putu berwarna hijau dengan taburan parutan kelapa di atasnya. Memang benar demikian. Kue putu berasal dari beras ketan yang dikukus dan diberi sedikit pewarna hijau agar menjadi menarik. Rasa kuenya yang manis dan juga gurih karena bercampur jadi satu dengan parutan kelapa.

Nah! Itulah beberapa olahan makanan yang terbuat dari tepung ketan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *