Inilah 7 Prospek kerja lulusan manajemen

Salah satu jurasan kuliah yang populer dan banyak diminati adalah jurusan manajemen. Salah satu alasan kenapa jurusan manajemen banyak diminati itu karena memiliki prospek kerja yang luas.

Setiap perusahaan baik itu perusahaan besar ataupun kecil pasti membutuhkan manajemen. Dimana manajemen tersebut memiliki fungsi untuk mengelola perusahaan ataupun mengelola karyawan.

Dengan manajemen perusahaan yang baik tentu diharapkan akan semakin meningkatkan kemajuan perusahaan.

Mungkin bagi kalian yang sedang kuliah atau bahkan sudah lulus kuliah dan mengambil jurusan manajemen. Berikut ini ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan manajemen sebelum membuat surat lamaran kerja, langsung saja simak informasinya dibawah ini.

Staff HRD

Bagi kalian lulusan manajemen salah satu pekerjaan yang bisa kalian pilih adalah menjadi staff HRD. Namun untuk menjadi staff HRD pastikan kalian mengambil konsentrasi pada manajemen HRD sewaktu masih kuliah.

Dengan menjadi staff HRD kalian memiliki tugas untuk membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia yang ada di perusahaan supaya bisa bekerja secara efektif dan efisien.

Jadi dengan kata lain menjadi staff HRD tidak hanya sebatas merekrut karyawan taupun pekerja baru. Tapi harus bisa juga memastikan bahwa calon karyawan yang kalian pilih sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta sudah memiliki karakter, keahlian dan juga pengalaman yang baik.

Ternyata tidak hanya itu saja, staff HRD juga bertanggung jawab terhadap evalusi kinerja, pemberian reward, penentuan struktur gaji, kesejahteraan dan kesehtan karyawan, bahkan sampai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan ataupun kompetensi karyawan.

pxhere.com

Staff Finance

Bagi kalian yang berasal dari lulusan manajemen keuangan. Tidak ada salahnya untuk berkarir dengan bekerja di bidang keuangan sebagai staff finance.

Staff finance biasanya menangani berbagai macam laporan administrasi keuangan yang berisi aktivitas pemasukan dan pengeluaran keuangan serta menjamin kelancaran keuangan di perusahaan.

Untuk menjadi staff finane tentu kalian harus memiliki kemampuan berhitung yang baik, karena setiap hari kalian akan disibukan dengan perhitungan angka dan uang.

Selain itu dalam melakukan perhitungan kalian juga harus memperhatikan secara detail supaya tidak ada kesalahan input data ataupun kesalahan lainnya.

Staff Produksi

Untuk kalian yang berasal dari lulusan manajemen produksi dan juga berminat mengenai proses produksi. Kalian bisa berkaris sebagai staff produksi.

Dengan menjadi staff produksi kalian bertanggung jawah terhadap berjalannya proses produksi. Bertanggung jawab terhadap proses produksi bukan hanya sebatas mengecek ataupun memantau bagaimana barang tersebut diolah.

Tetapi didalam proses produksi kalian dituntut untuk melakukan beberapa kegiatan seperti menentukan ataupun memilih bahan baku, mengecek ketersediaan bahan baku, meengolah bahan baku bahkan sampai barang tersebut siap untuk dipasarkan.

pxhere.com

Staff Operasional

Manajemen operasional tentu bukan hal yang asing bagi anak lulusan manajemen saat kuliah. Bagi kalian pada saat kuliah mengambil jurusan manajemen operasional. Tidak ada salahnya kalian bekerja sebagai staff operasional di salah satu perusahaan.

Dimana kalian akan memiliki peran untuk memastika proses operasional sebuah perusahaan dapat berjalan dengan baik dan optimal. Selain itu kalian juga harus membuat laporan operasional secara berkala.

Untuk menjadi staff operasional yang baik tentu kalian harus memiliki kemampuan analisa yang baik.

Konsultan Bisnis

Untuk kalian yang berasal dari lulusan manajemen, kalian juga bisa bekerja sebagai konsultan bisnis. Dengan menjadi konsultan bisnis kalian akan memiliki tugas untuk memberikan saran ataupun masukan kepada perusahaan klien, supaya perusahaan mereka cepat berkembang dan mendapatkan omzet yang besar.

Biasanya konsultan bisnis akan memberikan saran berupa perencaan bisnis, melakukan analisis data dan juga memberikan masukan tentang meningkatkan sumber daya manusia baik dari kompetensinya ataupun jumlahnya.

Konsultan bisnis yang sudah ahli dan terkenal, tentu akan memberikan saran yang dapat membantu perusahaan menjadi lebih baik serta dapat memberikan solusi untuk mengatasi masalah yang ada pada sebuah perusahaan dengan menganalisis data yang ada. Selain itu bayaran yang diperoleh oleh seorang konsultan bisnis yang ahli juga otomatis akan semakin mahal.

pxhere.com

Marketer

Lulusan manajemen khususnya manajemen pemasaran bisa juga bekerja sebagai seorang marketer. Dengan menjadi seorang marketer kalian akan sering bertemu dengan klien, sehingga kalian dituntut harus bisa mengelola konsumen.

Mengelola konsumen tentu cangkupannya cukup luas, kalian harus bisa melayani konsumen dengan baik, memberikan apa yang mereka butuhkan serta memberikan rasa nyaman kepada konsumen dan masih banyak lagi.

Selain itu kalian juga harus bisa membuat program promosi yang bisa menarik konsumen untuk membeli produk yang kalian tawarkan. Semakin banyak konsumen yang tertarik dengan produk yang kalian tawarkan maka otomatis semakin besar pula peluang barang tersebut terjual.

Dan tugas yang paling penting dari seorang marketer adalah harus bisa menjual produk. Bagaimanapun caranya, seorang marketer harus bisa menjual produk kepada konsumennya.

Konsultan Perbankan

Selain menjadi konsultan bisnis, lulusan manjemen khususnya manjemen perbankan juga bisa menjadi konsultan perbankan. Untuk tanggaung jawabnya hampir sama dengan konsultan bisnis. Hanya saja konsultan perbankan lebih fokus untuk menangani masalah dunia perbankan.

Konsultan perbankan tentunya akan memberikan saran dan masukan yang berhubungan dengan hal yang berhubungan dengan perbankan kepada klien. Saran dan masukannya bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi ataupun untuk mengembangkan perusahaanya supaya lebih maju.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *