Manfaat Logam Tembaga di Berbagai Bidang Kehidupan

Logam tembaga banyak Kita temui digunakan sebagai bahan baku kerajinan. Kerajinan tembaga merupakan salah satu produk yang digunakan untuk hiasan rumah dan juga interior bangunan lainnya. Tahukah Anda bahwa tembaga tidak hanya memiliki manfaat sebagai hiasan saja?

Ada banyak manfaat dari logam tembaga, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk kesehatan. Jangan terkejut, tembaga memang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk kesehatan. Namun, tembaga yang dikonsumsi tentu berbeda dengan tembaga yang dijadikan sebagai kerajinan.

Manfaat Tembaga di Kehidupan Sehari-hari

pixabay.com

Berikut ini ini beberapa manfaat dari tembaga untuk kehidupan sehari-hari.

Pembuat uang logam

Manfaat logam tembaga yang pertama yaitu sebagai bahan pembuat uang.  Uang jenis logam sendiri terbuat dari berbagai macam jenis. Salah satunya yaitu tembaga. Uang tembaga lebih sering ditemukan pada generasi uang logam terdahulu. Uang logam dari tembaga memiliki nilai tersendiri. Sebab dahulu tembaga merupakan salah satu logam mulia atau logam yang sangat berharga.

Penghantar Panas

Manfaat dari tembaga yang kedua yaitu sebagai penghantar atau konduktor panas. Untuk menjadi penghantar panas yang baik, tembaga dicampurkan dengan senyawa atau bahan lainnya.

Bahan Baku Alat Transportasi

Alat transportasi seperti pesawat, kereta api, dan kapal laut, menggunakan campuran bahan tembaga sebagai bahan baku pembuatannya. Tembaga dipilih karena sifat thermal dan juga listrik yang dimiliki oleh logam yang satu ini.

Bahan Baku Alat Rumah Tangga

Alat rumah tangga pun tidak sedikit yang terbuat dari bahan tembaga.  Apalagi peralatan yang berasal dari generasi sebelumnya. Sebelum banyaknya penggunaan aluminium seperti sekarang, peralatan rumah tangga lebih banyak dibuat dari tembaga. Misalnya peralatan memasak, tembaga dipilih karena dapat menghantarkan panas dengan sangat baik.

Dekorasi

Kita juga sering menemui kerajinan tembaga yang digunakan sebagai dekorasi hunian. Banyak sekali jenis dekorasi yang terbuat dari tembaga ini. Antara lain lampu, guci, vas bunga, meja, wastafel, dan masih banyak lagi.

Tembaga banyak dipilih untuk kerajinan penghias rumah karena memiliki nilai seni yang tinggi. Kesan klasik juga dipancarkan dari berbagai macam kerajinan tembaga ini.

Manfaat Tembaga untuk Kesehatan

pixabay.com

Tembaga tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Kesehatan manusia dapat dipengaruhi oleh sesuatu yang dikonsumsi. Tembaga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Kita.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari tembaga untuk kesehatan tubuh Kita. Sebaiknya, Anda meminta resep kepada dokter untuk mengonsumsi tembaga ini. Meminum obat apa pun tanpa resep tentu tidak baik karena dosisnya tidak sesuai dengan kebutuhan.

Menguatkan Tulang

Manfaat tembaga untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menguatkan tulang. Tembaga banyak terkandung di dalam vitamin D. Beberapa makanan yang mengandung unsur tembaga cukup tinggi antara lain keju, kedelai, susu kambing, susu sapi, dan olahan susu lainnya. Konsumsilah berbagai makanan tersebut agar tulang Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Sel darah merah atau hemoglobin berguna untuk mengalirkan oksigen serta zat gizi dari makanan ke seluruh tubuh. Seseorang yang kekurangan sel darah merah rentan mengalami anemia. Gejala fisiknya antara lain mudah lelah, lemas, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah dan mengatasi anemia, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi dan juga tembaga. Makanan yang dimaksud antara lain ikan, hati sapi, kerang, serta daging merah.

Mengontrol Jumlah Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu jenis selamat jahat yang menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh. Penyakit jantung dan stroke disebabkan salah satunya oleh tingginya kolesterol dalam darah. Orang sebab itulah Kita harus mengendalikan jumlah kolesterol tersebut.

Cara yang paling mudah untuk mengunduh jumlah kolesterol antara lain dengan menyantap makanan seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau. Makanan tersebut kaya akan unsur logam tembaga yang bermanfaat untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Selain kayak akan unsur logam, makanan tersebut juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

Terapi Kanker

Manfaat dari logam tembaga yang terakhir adalah sebagai terapi kanker. Tembaga yang digunakan untuk terapi ini adalah 64CU. Senyawa tersebut dicampurkan dengan Chelate. Perpaduan dua senyawa ini biasa digunakan untuk terapi agar sel-sel kanker tidak menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

Itulah berbagai manfaat tembaga dalam kehidupan sehari-hari dan juga kesehatan manusia. Ternyata logam seperti tembaga juga dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan Kita. Jagalah kesehatan sebelum masa sakit itu datang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *