Kelebihan Dan Kekurangan Kursi Cafe Minimalis Kayu Dan Besi

Menjamurnya café di sekitar kita merupakan salah satu dampak yang mucul karena semakin berkembangnya kebutuhan manusia, bukan hanya kebutuhan primer melainkan kebutuhan sekunder yang seolah kini menjadi trend dan gaya hidup. Dengan adanya café, kebutuhan manusia akan sebuah ruang berkumpul dan bersosialisai dapat terpenuhi, hal itu bisa dilakukan di sela-sela aktifitas atau sekedar menghabiskan waktu sebelum akhirnya pulang menuju rumah dapat terpenuhi.

Selain makanan dan minuman sebagai sajian utamanya, desain café yang nyaman juga merupakan salah satu kelebihan pelayanan yang diberikan oleh café. Konsep café juga akan menentukan jenis furniture apa yang cocok di dalamnya, mulai dari kesesuaian meja, kursi café hingga aksen yang ada di dalamnya harus match.

Pilihan termudahnya bisa jatuh pada konsep café minimalis, konsep itu menawarkan sesuatu yang simple, anti ribet, sedap dipandang dengan penggunaan beberapa bahan utama saja sebagai penunjangnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis kursi yang cocok untuk sebuah café dengan konsep minimalis.

KURSI MINIMALIS BAHAN KAYU

Pixabay.com

Jenis bahan pertama yang seringkali digunakan pada furniture café adalah bahan kayu, jenis kayu dapat diaplikasikan pada berbagai furniture mulai dari kitchen table, meja, hingga kursi café. Kursi cafe berbahan kayu akan dengan sangat mudah untuk kita jumpai, hal itu karena kursi kayu masih sangat diminati dan sangat cocok jika di kombinasikan dengan konsep café minimalis.

Bahan kayu untuk sebuah kursi masih teramat sangat banyak untuk digunakan sebagai furniture, hanya beberapa jenis kayu saja yang mungkin akan sulit untuk di dapatkan seperti kayu jati, mahoni atau jenis akasia.

Selain karena bahan baku kayu masih sangat banyak, pembuatan kursi café cenderung lebih mudah dan tidak terlalu membutuhkan banyak bahan. Hal tersebut karena desain meja dan kursi yang nantinya akan di letakkan di dalam café berukuran kecil dan sedang, tidak besar, simple namun tetap bisa memberikann kenyamanan kepada siapa saja yang duduk di atasnya.

Desain tersebut juga menyesuaikan dengan luas ruang café baik indoor maupun outdoornya, pemilik dan khususnya pengunjung cafe tentunya akan risih jika café yang di datanginya penuh sesak karena pemilihan furniture yang tidak tepat.

Kelebihan Kursi Kayu

Beberapa kelebihan kursi café berbahan kayu adalah bahannya yang mudah untuk didapatkan, dengan ciri khas masing-masing bahan memiliki karakter keunikannya masing-masing. Mudah untuk dikombinasikan dengan bahan lain seperti rotan atau busa, sehingga aspek kenyamanan dari sebuah dudukan kursi juga tetap di dapat.

Setelah kursi kayu setengah jadi, tidak diperlukan pengecatan karena yang sebernya diinginkan adalah munculnya motif dasar sebuah kayu. Kursi kayu juga lebih mudah untuk dibersihkan jika debu atau kotoran menempel di atasnya.

Kekurangan Kursi Kayu

Beberapa kekurangan untuk kursi dengan jenis kayu adalah proses pengerjaannya yang cenderung lebih lama, meskipun beberapa jenis kayu memiliki ketahanan tinggi beberapa diantaranya tidak dan akan sangat cepat termakan usia dan mengalami kelapukan. Untuk kursi café berbahan full kayu cenderung lebih mahal tergantung juga dengan bahan dasar jenis kayunya.

KURSI MINIMALIS KERANGKA BESI

Pixabay.com

Bukan sesuatu yang mengherankan jika kursi cafe dengan kerangka besi masih menjadi solusi praktis sebagai pengganti kursi kayu yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kursi berkerangka besi.

Trend pembuatan kursi dengan kerangka bisa hingga kini juga semakin diminati, selain pengerjaannya mudah juga dapat disesuaikan dengan jenis mejanya. Jenis meja menempel dengan dinding café atau meja bar yang sedikit lebih tinggi akan dengan sangat mudah untuk dibuatkan kursinya, hal itu karena bahan kerangka kursi yang berupa besi sangat mudah untuk didapatkan.

Kursi besi minimalis juga bisa menjadi pilihan beberapa konsep café, bukan hanya café dengan konsep minimalis saja akan tetapi konsep rustic hingga vintage. Selain menggunakan kayu sebagai bantalan duduknya, kursi café kerangka besi juga bisa di aplikasikan dengan busa kecil di atasnya.

Kursi ini juga relative ringan untuk di pindahkan dari tempat asalnya, sehingga menjadi sangat flexibel jika suatu saat café di setting untuk acara formal maupun non formal. Penataan lay out secara otomatis menjadi lebih mudah dibandingkan dengan café dengan kursi sofa yang panjang dan memakan banyak tempat.

Kelebihan Kursi Kerangka Besi

Beberapa kelebihan untuk kursi besi adalah dapat dilakukan customisasi sesuai dengan konsep café atau menyesuaikan dengan meja café, ketersediaan bahan yang mudah karena kerangka besi yang digunakan sebagai material utamanya bisa didapatkan hampir di seluruh penjuru daerah. Mudah di kombinasikan dengan material kayu ataupun busa, serta proses pengerjaannya yang relative singkat tidak terlalu memakan waktu dan lebih murah jika dibandingkan dengan kursi lain.

Kekurangan Kursi Kerangka Besi

Kemudahan yang ditawarkan oleh kursi besi pada konsep café minimalis juga tidak seluruhnya sempurna, meskipun bahan utamanya lebih mudah untuk di dapatkan dalam proses pembuatannya juga memerlukan banyak perlakuan tambahan.

Baik kerangka besi padat atau besi berongga harus dilakukan pengecatan untuk mengcegah timbulnya karat, di sisi lain untuk pengerjaan kerangka besi berongga juga harus sedikit berhati-hati agar besi tidak berlubang saat dilakukan pengelasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *