Kuliah di Korea dengan Beasiswa

para penggemar K-Pop, tentunya merupakan impian untuk bisa datang dan berkunjung ke Korea Selatan. Selain itu, berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di Korea merupakan impian yang sangat ingin diwujudkan. Bagi Anda yang ingin kuliah di Korea tanpa harus  memnayar seperpun, khususnya di Korea Selatan, Anda dapat mendaftarkan diri menjadi penerima beasiswa KGSP.

Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Korea untuk mahasiswa internasional. Beasiswa ini menanggung seluruh biaya hidup awardee-nya, mulai dari biaya kuliah hingga biaya hidup selama tinggal dan mengenyam pendidikan di Korea.

Tidak seperti beasiswa luar negeri pada umumnya, KGSP tidak mewajibkan calon penerima beasiswa untuk bisa berbahasa Inggris. Mahasiswa internasional akan diberikan pelatihan bahasa atau kursus bahasa Korea selama satu tahun sebelum masa perkuliahan dimulai. Jadi Anda akan tinggal di Korea selama 5 tahun untuk jenjang S1, 3 tahun untuk S2 dan 4 tahun untuk S3.

Fasilitas yang diberikan dan ditanggung oleh beasiswa KGSP adalah tiket pulang pergi ke Korea, biaya kuliah penuh, biaya hidup sebesar 800.000 won untuk S1 dan 900.000 won untuk S2, biaya akomodasi sebesar 200.000 won, biaya pengobatan, bantuan riset, biaya kursus bahasa Korea, dan biaya perkuliahan atau disertasi.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa KGSP, ada beberapa syarat yang perlu Anda persiapkan untuk proses pendaftaran.

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa KGSP

  1. Bukan warga negara Korea
  2. Saat mendaftar usia maksimal 25 tahun untuk program beasiswa S1, dan usia maksimal 40 tahun untuk program beasiswa S2.
  3. Sehat secara fisik dan mental
  4. Telah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas (SMA) tau sederajat untuk pendaftar program S1
  5. Memiliki gelar Sarjana atau Master untuk pendaftar program S2
  6. Belum pernah mendaftar ke universitas yang ada di Korea
  7. Memiliki skor TOPIK level 4 atau surat rekomendasi dari pemerintah Korea

Itulah beberap syarat yang bisa Anda persiapkan untuk bisa mendaftar beasiswa KGSP.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *