Mengunjungi Kota Lama Semarang

Semarang cukup terkenal dengan objek wisatanya yang sangat menarik dan masih melekatkan nilai kebudayaan di dalam objek wisatanya. Mengunjungi Semarang bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda untuk berwisata di saat Anda merasa penat setelah mengalami hari-hari yang melelahkan dalam pekerjaan Anda atau sekadar berlibur bersama keluarga.

Salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Semarang adalah Kota Lama Semarang. Di tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai peninggalan sejarah yang masih ada dari zaman Hindu-Buddha hingga zaman kolonial dahulu. Selain bangunan sejarah, di tempat ini juga masih terdapat kanal-kanal yang mengelilingi bangunan di Kota Lama.

Tips Jalan-jalan ke Kota Lama Semarang

Jika Anda tertarik untuk mengujungi Kota Lama, maka Anda butuh rekomendasi tentang wisata yang dapat Anda kunjungi di sana. Laman Ranggawisata telah mengumpulkan beberapa informasi tentang Kampung Lama sehingga Anda tidak perlu khawatir dan dapat merencanakan perjalanan Anda ke Kota Lama dengan penuh persiapan.

pxhere.com

Lokasi Kota Lama

Kota Lama berlokasi di blok kawasan yang berada di tepi sungai Mberok. Kota Lama sendiri masuk ke dalam wilayah Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah secara administratif. Dekat dengan sungai Mberok, Anda bisa saja menikmati pemandangan dari sungai Mberok yang membentang di Kota Lama ini. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau langsung menuju stasiun Semarang Tawang karena Kota Lama berada di kawasan tersebut.

Akses dan Rute ke Kota Lama

Untuk ke Kota Lama, akses yang bisa Anda lalui sangat mudah karena lokasi Kota Lama sendiri sangat strategis dan bisa dijangkau dari arah mana saja. Anda melewati jalur Terminal Terboyo jika melalui Demak dengan estimasi waktu sekitar 60 menit. Anda juga bisa melalui jalur Banyumanik-Peterongan jika Anda dari arah Ungaran dan butuh waktu sekitar 50 menit.

Untuk Anda yang melalui jalur ke Mangkang, Anda hanya perlu lurus hingga sampai ke Bundaran Kali Banteng lalu pilihlah jalan ke Semarang Kota dan masuk Bundaran Tugu Muda hingga bertemu dengan Lawang Sewu. Lurus ke Jalan Pemuda hingga Pasar Johar Semarang. Belok ke kiri dan Anda akan sampai di Kota Lama dengan estimasi waktu sekitar 45 menit.

Jam Buka Kota Lama

Kota Lama sendiri selalu buka hingga 24 jam tetapi untuk berwisata sangat disarankan untuk dilakukan pada siang hari karena beberapa lokasi di Kota Lama hanya buka di siang hari. Objek wisata di Kota Lama yang buka pada siang hari ini meliputi museum 3D, penyewaan sepeda onthel dan penyewaan vespa, café-café hingga galeri seni yang bisa dinikmati di siang hari.

pxhere.com

Harga Tiket Masuk Kota Lama

Saat memasuki Kota Lama sendiri Anda tidak akan dipungut biaya. Tetapi saat memasuki beberapa objek wisata dan menikmati fasilitas yang berbayar maka Anda perlu untuk menyiapkan uang untuk hal-hal tersebut. Seperti contoh memasuki museum 3D, café-café, dan menyewa sepeda onthel atau menyewa vespa.

Fasilitas Pendukung di Kota Lama

Fasilitas yang ada di Kota Lama sendiri pun sudah cukup lengkap dan baik seperti mushola, toilet, jalan, hingga tempat sampah yang disediakan pun cukup memadai dengan kondisi yang baik. Salah satu keunikan dari fasilitas di Kota Lama adalah café-café yang berada di tempat ini adalah hasil alihfungsi dari gedung-gedung tua peninggalan zaman penjajahan Belanda dahulu.

Café-café yang berasal dari gedung-gedung tua tersebut pada akhirnya tidak hanya menjadi tempat hiburan dan melepas rasa lapar dan dahaga tetapi juga menjadi objek wisata karena keunikannya tersebut. Selain café, Anda juga bisa mengunjungi Benteng Vijhoek yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda dahulu.

Anda juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata lain di Kota Lama ini seperti Gereja Blenduk, Gedung Marba dan juga Gedung Jiwasraya. Kota Lama sendiri masih memiliki sekitar 50 bangunan kuno yang masih kokoh berdiri dan memiliki nilai sejarah yang tinggi dari zaman penjajahan Belanda dulu sehingga menambah keunikan dari Kota Lama di mata wisatawan.

pxhere.com

Itulah beberapa hal yang patut Anda ketahui saat Anda ingin mengunjungi Kota Lama Semarang bersama keluarga maupun jika Anda pergi sendiri. Anda dapat mengunjungi beberapa objek wisata yang  berada di Kota Lama dan menikmati pemandangan dari gedung-gedung bersejarah peninggalan zaman penjajahan Belanda dahulu.

Kota Lama merupakan tempat tujuan wisata yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai sesuatu yang unik dan berbeda. Itulah beberapa informasi yang telah diberikan oleh Ranggawisata bagi Anda sebelum Anda menikmati berjalan-jalan ke Kota Lama sehingga Anda bisa mempersiapkan persiapan yang matang untuk pergi ke sana.

Sudahkah Anda menentukan rencana Anda untuk pergi ke Kota Lama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *