Klasifikasi Kacang Tanah dan Tipe Kacang Tanah

Tanaman yang satu ini, tentu banyak sekali penggemarnya . meskipun ukuran kacang terbilang kecil namun nutrisi yang terkandung si dalamnya sangatlah banyak dan baik untuk kesehatan. Klasifikasi tanaman kacang tanah dalam sebuah sistem binomial adalah seperti berikut:

Kingdom: tumbuhan atau plantae

Divisi: tanaman berbiji atau spermatophyta

Subdivisi: biji tertutup atau angiospermae

Kelas: yakni biji keping dua atau dicotyledoneae

Ordo: yakni leguminales

Family: yakni papilionaceae

Genus: arachis

Spesies: yakni arachis hypogeae L; Arachis tuberosa Benth.

Arachis Guaramatica, Chod & hasal.

Arachis idiagoi hochne; arachis angustifolia killip; arachis villosa benth.

Arachis prostrata benth.

Arachis marganata

Arachis namby quarae hochne;arachis villoticarpa hochne serta arachis glabrata benth.

Tipe Kacang Tanah yang Banyak Dibudidayakan Di Indonesia

Tipe kacang tanah di Indonesia sendiri umumnya banyak dibudidayakan untuk kemudian dijual. Dan 2 tipe berikut adalah jenis kacang tanah yang banyak dibudidayakan di Indonesia

  1.     Tipe Tegak

kacang tipe ini banyak sekali di budidayakan oleh para petani kacang di indonesia ciri dari tipe ini adalah saat tumbuh memiliki bentuk yang lurus, atau memiliki arah condong keatas. Oleh sebab itu dinamai dengan tipe tegak. Buah kacang tanahnya terdapat pada ruas-ruas yang dekat dengan rumpun. Umumbnya buahnya pendek dan kelebihan dari tipe tegak ini adalah buahnya matang secara bersamaan.

  1.     Tipe Menjalar

Berbeda dengan tipe tegak, tipe menalar saat tumbuh menyamping, selain itu tipe ini juga memiliki batang yang panjang, buahnya terletak pada ruas-ruas yang ada di tanah dan tanaman ini berumur panjang. Tipe menjalar dengan jenis sebaran lebih banyak disukai. Hal ini dikarenakan jenis sebaran memiliki potensi hasil yang jauh lebih besar.

Itulah klasifikasi tanaman kacang tanah sekaligus tipe yang banyak dibudidayakan di indonesia. Kacang tanah sendiri menjadi tanaman yang populer karena mudah dijadikan berbagai macam olahan makanan. Selain itu kandungan nutrisi yang ada pada kacang tanah juga sangat baik untuk berbagai kesehatan tubuh bahkan dapat meminimalisir risiko penyakit jantung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *