Makin Istimewa, Yuk Simak Keutamaan Wanita Dalam Islam

Setiap muslimah memiliki banyak keistimewaan, seperti yang dijelaskan dalam Islam. Peran seorang wanita pun sangat dimuliakan dalam agama Allah, hal ini karena seorang wanita memiliki pengaruh yang besar baik dalam berkeluarga maupun dalam bermasyarakat. Agama Islam terbukti selalu memuliakan perempuan, namun apa saja keutamaan wanita dalam Islam sehinga mendapatkan keistimewaan tersebut ? Langsung saja simak ulasannya berikut.

Keutamaan yang Dimiliki Wanita

Doa Wanita Lebih Maqbul

Pada dasarnya seorang wanita memiliki sifat penyayang yang lebih kuat dari kaum laki laki, hal ini lah yang menjadikan dasar mengapa doa wanita jauh lebih maqbul. Mengapa bisa demikian? Seseorang pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hal yang sama, dan Beliau menjawab bahwa doa seorang penyayang tidak akan sia sia.

Oleh karena itu, ada baiknya jika seorang wanita memiliki sifat yang sabar dan penyayang. ketika seorang wanita memiliki masalah dalam keluarganya, hindari untuk mengungkapkannya atau menyelesaikannya secara paksa dan penuh emosi. Apabila dirasa tidak memiliki jalan keluar, mintakan dan berdoalah kepada Allah SWT.

pxhere.com

Wanita Solehah Lebih Baik dari 70 Wali dan Lelaki Soleh

Banyak perumpamaan yang mengatakan keistimewaan perempuan dalam Al-Qur’an, salah satunya adalah surga dibawah telapak kaki ibu. Bahkan bagi para pebisnis yang sukses ada istilah yang mengatakan “dibalik suksesnya seorang lelaki, ada wanita hebat”. Hal ini menunjukkan betapa istimewanya seorang perempuan.

Meskipun memiliki banyak sanjungan tersebut, namun keutamaan wanita dalam Islam yang dimaksud tentu adalah perempuan yang solehah. Perempuan solehah adalah seorang wanita yang mengamalkan ajara Islam, serta mampu menjaga kehormatan suami dan keluarganya. Kehormatan sebuah keluarga, dapat dilihat dari tingkah laku seorang istri.

Apabila seorang wanita mampu berbakti kepada orang tua maupun suami, keimanannya bahkan dapat dikatakan lebih dari keimanan 70 wali dan 70 lelaki soleh. Seorang wanita akan semakin terjaga nilainya apabila mereka mampu membatasi diri sendiri, serta melindungi kehormatan dirinya dan keluarga. Salah satu kehormatan adalah aurat, para wanita dapat menutup aurat dengan kain panjang seperti French khimar untuk melindungi aurat secara utuh.

pexels.com

Wanita yang Tinggal Bersama Anaknya Memiliki Tempat di Surga

Terdapat hadits yang mengatakan bahwa bagi seorang wanita yang tinggal bersama dengan anak anaknya, maka sesungguhnya mereka akan tinggal bersama Rasulullah di Surga. Ucapan ini tentu dapat menjadi alarm, bagi mereka yang ingin menelantarkan buah hatinya. Seorang anak adalah titipan dari Allah SWT, maka hendaknya mereka menerima serta merawat anak tersebut dengan baik.

Saat ini banyak sekali kasus yang menunjukkan pembunuhan atau penelantaran seorang anak, sesungguhnya hal tersebut sangat dilarang oleh Allah SWT apapun alasannya. Manusia tidak memiliki hak untuk mengambil nyawa seseorang, terutama bagi anak kecil atau bayi. Hal ini karena sejatinya anak tersebut berhak untuk hidup dan menjalani kehidupan di dunia.

Maka bagi seorang wanita yang mulia, hendaknya untuk menerima serta merawat anak yang telah dilahirkan.  Apabila seorang wanita tinggal bersama anaknya, keutamaan wanita dalam Islam yang didapat adalah jaminan tempat di rumah Allah. Tentu seluruh umat manusia sangat ingin untuk memasuki surga Allah, maka bagi kaum wanita dan calon ibu rawatlah dan sayangi sang buah hati sepenuhnya.

pexels.com

Sebagai Penghalang Dari Api Neraka

Wanita yang baik akan menuntun keluarga menuju pintu Allah, begitu pun sebaliknya. Namun apabila seseorang yang diuji dengan sesuatu yang berasal dari anak perempuannya, maka api neraka tetap akan dijauhkan jika mereka tetap memperlakukan secara baik kepada anak perempuan tersebut. Apa maksudnya ?

Ketika dalam sebuah keluarga  yang memiliki anak perempuan dan anak tersebut memiliki sebuah masalah, disinilah penentu berjalannya sebuah keluarga. Apabila anggota keluarga tetap berbuat baik kepada anak perempuan tersebut, maka perlakuan mereka dapat menjadi sebuah penghalang dari api neraka.

Keutamaan wanita dalam Islam dari anak anak maupun dewasa, dapat menjadi faktor mudah atau susahnya seseorang untuk mencapai pintu Allah SWT. Perlu diperhatikan bahwa Islam selalu mengajarkan kita untuk berbuat baik, dan menghargai satu sama lain. Dengan keistimewaan serta keutamaan yang dimiliki wanita tersebut, akan lebih baik jika kita selalu berbuat baik kepada mereka dalam keadaan apapun.

Wanita Hamil akan Mendapat 1000 Kebaikan

Dalam Islam ketika wanita sedang mengandung, maka para malaikat akan beristighfar untuknya. Allah SWT pun menjamin bahwa bagi wanita yang sedang hamil, Allah akan mencatat 1000 kebaikan setiap harinya. Tidak hanya itu saja, keutamaan wanita ketika sedang mendandung pun akan dihapuskan 1000 kejahatan setiap harinya.

Dari keutamaan wanita dalam Islam tersebut, kita dapat melihat betapa istimewanya seorang wanita. Perempuan dapat menjadi tempat surga seorang anak, suami, serta keluarga. Seorang wanita pun diberikan kekuatan, untuk mengandung selama 9 bulan lamanya. Dengan seluruh keistimewaan serta keutamaan yang dimiliki, hendaknya baik anak maupun suami menghargai serta menghormati mereka.

Wanita memang dianggap sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah, yang memiliki keistimewaan serta keunggulan tersendiri. Dari beberapa keutamaan yang dimiliki oleh wanita tersebut, dapat dilihat bahwa ada begitu banyak keuntungan ketika kita memperlakukan wanita dengan baik. Namun sebagai seorang wanita pun diwajibkan untuk tetap menjaga sikap, dan sifat sesuai dengan yang dianjurkan oleh Al-Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *