Kenikmatan Gulai Kambing Khas Indonesia

Gulai kambing merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang menawarkan citarasa yang luar biasa. Iya kelezatan daging kambing serta kesegaran kuah yang dibuat dari rempah-rempah pilihan menawarkan kelezatan yang begitu menggoda. Gulai kambing juga menjadi salah satu olahan yang bisa dengan mudah ditemukan. Iya setiap daerah biasanya juga memiliki resep gula kambing yang berbeda-beda sehingga memunculkan citarasa yang begitu khas dari masing-masing daerah.

Resep Gulai Kambing Khas Jawa Timur

Ternyata Jawa Timur juga memiliki resep gulai kambing yang cukup spesial loh. Adapun bahan-bahan yang diperlukan yaitu meliputi santan, batang serai yang sudah digeprek, daun jeruk purut, jeruk nipis yang diambil perasannya saja. Kemudian terdapat beberapa bahan untuk membuat bumbu halus mulai dari cabai rawit, lombok merah besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, pala bubuk, kayu manis, kunyit, jahe yang sudah dimemarkan, garam, dan merica. Adapun cara pembuatannya yaitu sebagai berikut:

  • Rendam daging kambing yang sudah dipotong ke dalam rendaman yang dibuat dari perasan jeruk nipis selama 1 jam.
  • Setelah direndam, rebus daging kambing bersama dengan jahe dan merica. Setelah beberapa menit, buang air rebusan, kemudian tambahan air baru dan rebus lagi hingga baunya berkurang.
  • Setelah itu, Anda dapat memasukkan satu sendok makan bumbu halus ke dalam daging yang direbus sehingga daging memiliki aroma yang lezat.
  • Selanjutnya silahkan tumis sisa bumbu halus dengan ditambahkan batang serai dan juga jeruk purut. Setelah itu, masukkan daging kambing rebus dan biarkan sampai mendidih.
  • Nah kemudian Anda dapat menuangkan santan sambil diaduk supaya tidak pecah.
  • Dalam tahap ini, Anda dapat menyiapkan sambelnya terlebih dahulu yakni dengan mengulek cabai rawit, kecap, bawang putih, irisan bawang merah, dan Anda juga bisa menambahkan irisan jeruk nipis.
  • Selanjunya tuangkan gulai kambing yang telah masak ke dalam wadah saji, kemudian taburi dengan irisan cabe rawit dan juga bawang merah goreng.
  • Dan gulai pun siap disajikan bersama nasi dan sambal.

Nah itu dia resep gula kambing dari Jawa Timur yang yeng terkenal dengan kelezatan serta aromanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *