Kenali Khasiat Dari Mengonsumsi Ikan Salmon

Bagi anda yang gemar mengonsumsi sushi dan sashimi, pastinya sangat akrab dengan ikan satu ini. Pasalnya, ikan ini selalu lezat untuk dikonsumsi baik matang atupun mentah. Selain itu, ikan salmon juga dikenal memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Ikan satu ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, kali ini akan diulas apa saja manfaat  yang terkandung dalam ikan satu ini.

Manfaat Salmon Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Ikan ini mengandung lemak omega 3 yang tinggi sehingga dapat berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Hal ini dikarenakan asam lemak omega 3 yang terkandung pada salmon memiliki sifat anti-inflamasi. Sehingga tentu saja hal ini akan meredakan peradangan dan membantu untuk melindungi sistem saraf dari pengaruh stres oksidatif dan rusaknya saraf karena faktor usia. Dengan begitu, salmon pun dapat berfungsi baik untuk meningkatkan kemampuan daya ingat atau memori pada otak anda.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan salmon juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu untuk meningkatkan kolesterol serum. Hal ini merupakan salah satu indikator yang penting  untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Tak hanya itu, kandungan mineral yang terdapat pada salmon juga dapat menjaga keseimbangan tekanan darah dan mencegah timbulnya penyakit jantung.

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung pada salmon terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan mambunuh tumor. Hal ini dapat dibuktikan secara medis bahwa kandungan dalam salmon ini pun mampu menghambat pertumbuhan berbagai macam jenis kanker, seperti kanker hati, kanker kolorektal, kanker prostat bahkan tumor otak.

  1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pada Kulit

Selain itu, salmon pun dapat meningkatkan kesehatan pada kulit. Sebaiknya, anda mengonsumsi hasil tangkapan salmon yang berasal dari alam liar ketimbang yang berasal dari budidaya. Hal ini disebabkan kandungan asam lemak omega 3 dari salmon liar cenderung lebih tinggi daripada salmon budidaya. Tak hanya itu, salmon pun mengandung antioksidan karotenois astaxatin yang berfungsi untuk mengurangi efek dari kerusakan kulit.

Kandungan ini pun dapat menangkal rusaknya kulit akibat radikal bebas dan menyebabkan penuaan kulit. Dengan mengonsumsi ikan salmon dari hasil tangkapan liar, nantinya kulit anda akan terasa lebih cerah dan kenyal, serta juga pasti akan lebih sehat. Tentu saja dengan salmon, anda pun mendapatkan kulit cantik secara alami.

Manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi salmon tentu saja sangat berguna bgai tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi salmon juga dapat mencegah anda dari resiko depresi. Karena kandungan asam lemak omega 3 nya sangat penting dalam transmisi serotonin dan dopamin dalam otak. Sehingga akan berperan penting pada kesehatan otak dan dapat mencegah timbulnya gejala depresi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *