Kenal Lebih Dekat Tentang Kelinci Anggora

Seringkali Anda menjumpai Kelinci Anggora di sekitar. Banyak peternak yang memeliharanya lantaran hewan ini memiliki nilai jual yang sangat bagus. Peternak juga bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan.

Kelinci ini bisa dikatakan sebagai jenis super. Memiliki bentukan tubuh yang unik serta berat yang cukup besar. Beberapa orang melihat bahwa jenis ini sangat menggemaskan sehingga jenisnya banyak dicari orang untuk dipelihara.

Anda yang memiliki hobi memelihara hewan, tidak ada salahnya untuk memilih kelinci sebagai hewan peliharaan. Pasalnya, hewan ini cukup jinak dan memiliki bentukan yang menggemaskan. Menariknya lagi, harga jualnya juga lumayan.

Sekilas Mengenai Kelinci Anggora

Belum ada kepastian mengenai dimana Kelinci Anggora ini berasal. Kenyataannya, ada banyak perdebatan mengenai hal tersebut. Namun kebanyakan mengklaim bahwa kelinci ini berasal dari Ankara, Turki.

Klaim ini didasarkan atas kemiripan nama kucing Anggora yang memang berasal dari Turki. Makanya, jangan heran bila kelinci ini juga dipercaya berasal dari Turki.

Kelinci jenis ini didapatkan dari proses persilangan dari jenis yang unggul. Jenis kelinci yang disilangkan adalah kelinci dengan bulu yang lebat dan panjang. Kedua indukannya dipertahankan agar menghasilkan anakan yang jauh lebih baik.

Terbukti dengan hasil anakan yang memang sesuai harapan. Tubuhnya lebih besar dan memiliki ketebalan bulu yang lebih dari pada kelinci secara umum. Panjang bulunya bisa mencapai beberapa centimeter sehingga tampilannya agak lebih gembul dan imut.

Saat ini, Anda bakalan mendapati berbagai jenis kelinci tersebut. Variannya berbeda-beda lantaran campur tangan peternak di berbagai negara. Diantara jenisnya adalah Angora Perancis, Anggora Inggris, Anggora Giant dan lain sebagainya.

Masing-masing memiliki karakter sendiri-sendiri. Ketebalan bulu dan besar kecilnya ukuran biasanya menandai dimana kelinci itu berasal. Dari sini, harga jualnya akan terpengaruh.

Yang Dimanfaatkan Peternak Kelinci Anggora

Pada dasarnya, Anda bisa memanfaatkan peluang untuk memeliharanya sebagai lahan bisnis. Bisnis peternakan ini sangatlah menjanjikan. Tapi sebelum memulainya, usahakan untuk mengetahui tentang bagaimana cara memperlakukannya dengan benar. Untuk memahaminya, tidak ada salahnya untuk memeriksanya di website kampungternak.id.

Secara garis besar, ada dua hal yang biasanya dilakukan seseorang ketika memilih untuk memeliharanya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Untuk Dijual Kembali

Tidak dipungkiri bahwa jenis kelinci ini memiliki penampilan yang sangat menarik. Penampilannya yang menggemaskan serta jinak membuat orang-orang menyukainya. Bahkan, anak-anak juga tertarik untuk memeliharanya.

Permintaan pasarnya juga cukup besar. Dan ini tidak terpaku pada jenisnya yang tersedia. Karena berbagai jenis kelinci ini nyatanya memiliki peminat sendiri.

Ketika Anda berhasil menternakkannya, Anda bisa menjadi penghasil kelinci. Kelinci ini bisa didistribusikan pada orang-orang yang membutuhkannya. Menariknya, kelinci ini biasanya melahirkan cukup banyak anakan di tiap tahunnya sehingga peluang untuk meraih untung akan semakin besar.

  1. Untuk Dijual Bulunya

Selain dimanfaatkan untuk dijual kembali, peternak ini masih bisa memanfaatkan kelinci untuk kebutuhan komersil yang lebih menjanjikan. Yang dimanfaatkan sepenuhnya adalah bulunya.

Perlu dipahami bahwa bulu kelinci ini diklaim lebih berkualitas dibandingkan kasmir. Kualitas bulunya yang bagus tentunya menjanjikan harga jual yang lebih menggembirakan.

Bagian paling menariknya, kelinci jenis ini akan semakin sehat bila bulunya selalu disisir dan dicukur. Sebaliknya, kelinci ini bisa bermasalah bila tidak dicukur. Contohnya adalah masuk ke dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan kematian.

Kisaran Harga Jual Kelinci Anggora

Apapun tujuan Anda memelihara kelinci jenis ini, Anda harusnya mengetahui bagaimana cara memeliharanya. Pastikan Anda mempelajari tentang prilaku dan cara merawatnya dengan benar. Dengan pemahaman ini, kelinci bisa tumbuh sehat seperti harapan.

Bagi Anda yang ingin menternakkannya, Anda perlu menyediakan dana cukup besar. Untuk sepasang indukan dari kelinci ini dihargai di kisaran 500 ribu – 3,5 juta rupiah. Tentunya, ini bergantung pada jenis serta usianya.

Apabila Anda lebih sabar, Anda bisa membeli anakannya saja. Anakan yang berusia 2 bulanan ini biasanya dijual di angka 60-150 ribu rupiah. Anda hanya butuh untuk memeliharanya beberapa bulan sampai akhirnya kelinci menginjak dewasa.

Setelah dewasa, Anda cukup melihat perkembangbiakannya. Biasanya, kelinci ini akan kawin beberapa kali dan melahirkan anakan cukup banyak. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyediakan kandang, menyediakan makanan dan minumannya sesuai kebutuhan.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan di sini. Bilamana Anda ingin menternakkan kelinci yang bernilai jual tinggi, Anda tidak salah jika menjatuhkan pilihan pada Kelinci Anggora ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *