Inilah Kelebihan Jualan Di Tokopedia Yang Bisa Anda Manfaatkan

Banyaknya marketplace membuat para pedagang terkadang bingung memilih di mana mereka harus menjual barang dagangan mereka di pasar online. Mulai dari toko online yang asli buatan Indonesia hingga skala Internasional. Tidak ada marketplace yang terbaik—setiap masing-masing memiliki kelebihan, kekurangan, dan ciri khas barang atau spesialisasi sendiri-sendiri. Salah satunya adalah tokopedia, ini dia kelebihan jualan di tokopedia.

Kelebihan Jualan Di Tokopedia yang Calon Penjual Harus Tahu

Banyak faktor yang memicu bagaimana sebuah marketplace adalah tempat yang sangat cocok dengan dagangan anda dibadingkan dengan yang lain. Bekerja dengan sangat baik untuk anda, belum tentu bekerja sangat baik bagi orang lain.

Setiap pedangan dan dagangannya memiliki tempat dan rejekinya sendiri-sendiri, semua tidak bisa disamakan. Itulah mengapa tidak ada marketplace yang terbaik, yang ada hanyalah marketplace yang cocok untuk dangangan anda. Mungkin saja tokopedia membuat seorang pedangan untung berkali-kali lipat, tetapi bagi pedangan lain berakhir dengan sepat.

Tidak harus juga mencari jasa jual followers tokopedia demi mendongkrak penjualan anda. Ada baiknya mencoba marketplace lain yang mungkin saja cocok dengan apa yang anda jual.

Inilah kelebihan yang dimiliki situs maupun aplikasi dari marketplace tokopedia yang mungkin saja bisa anda manfaatkan untuk mulai berjualan.

1.      Gratis

Marketplace yang kini tersebar, hampir semua tidak membebankan biaya kepada calon penjual yang hendak menjual dagangan mereka. Kelebihan ini juga tentu saja ada pada tokopedia, pedagangan mendapat keuntungan dapat melebarkan pasar mereka tanpa harus membayar.

Bagi para calon pedagangan baru yang ingin memulai berjualan di pasar online tentu saja tidak perlu membutuhkan modal lebih untuk memulai, karena tidak perlu biaya untuk memasarkan. Tentu saja para penjual harus memiliki akun tokopedia terlebih dahulu untuk memulai berjualan.

2.      Loading yang ringan

Dibandingkan dengan marketplace yang lain, tokopedia termasuk di dalam website yang memiliki loadingdatayang cukup ringan.

Terkadang banyaknya gambar dari dagangan dan banyaknya penjual membuat kecepatan website marketplace sering menurun. Karena tidak semua calon pembeli memiliki kecepatan internet yang kencang sehingga dengan website yang ringan mempermudah semua orang untuk mengakses.

Banyaknya orang yang dapat dengan mudah mengakses situs tentu saja akan berdampak padameningkatnya jumlah pengunjung. Jumlah pengunjung yang meningkat tentu membuat presentase barang anda akan terjual. Itulah mengapa mudahnya mengakses situs marketplace berdampak kepada hasil penjualan.

3.      Aman

Tokopedia sudah dilengkapi dengan OTP. Apa itu OTP?, OTP merupakan singkatan dari One Time Password yang berarti diperlukan kata kunci sekali pakai yang didapat setelah kita berhasil masuk atau login dengan akun kita.

Kata kunci ini berbentuk kode yang dikirimkan ke nomor handphone yang kita daftarkan ketika membuat akun tokopedia melalui pesang singkat. Kode tersebut bersifat sekali pakai, dan berikutnya kita akan mendapatkan kode yang berbeda untuk mendapat izin mengakses akun.

Adanya standar keamaan ganda ini membuat penjual tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu akun tokopedia berhasi diretas oleh seseorang. Peretas itu tetap tidak dapat mengakses akun tokopedia anda walaupun telah berhasil login. Karena diwajibkan memasukan OTP yang diterima oleh pemiliki akun melalui pesan singkat.

4.      Kategori barang yang variatif

Banyak dan beragamnya kategori yang disediakan oleh tokopedia akan mempermudah pedangan untuk menempatkan dagangan mereka sesuai dengan kategori.

Dari sisi calon pembeli, semakin banyaknya variasi kategori dan sub-kategori akan membuat para calon pembeli mudah untuk mengerucutkan hasil pencarian menjadi lebih spesifik. Jika pedagang menempatkan dagangan mereka tepat sesuai dengan kategori yang disediakan, maka dagangan mereka akan dengan mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Banyak marketplace yang sangat sepsifik dalam memberikan kategori penjualan, seperti khusus untuk menjual elektronik atau hanya tersedia untuk fashion. Mungkin saja tujuan mereka untuk melabeli marketplace mereka agar lebih mudah menemukan pasar.

Tokopedia memilih untuk menyediakan banyak kategori yang dapat para calon pedagang pilih untuk menjajakan dagangan mereka secara online.

5.      Pencairan dana yang cepat

Sebagaimana konsep marketplace yang sudah kita ketahui, uang yang dikirim oleh calon pembeli tidak langsung diterima oleh penjual. Uang tersebut sebetulnya dikirim ke pihak marketplace untuk ditahan hingga si penjual telah mengirim barang dan barang tersebut sukses diterima oleh pembeli.

Inilah yang sering menjadi masalah bagi beberapa marketplace, proses pencairan uang yang ribet dan memakan waktu lama. Tetapi tidak untuk tokopedia, nampaknya tokopedia mengerti dan berhasil menyiasati apa yang sering menjadi masalah di dalam dunia pasar online.

Di tokopedia penjual tidak perlu menunggu untuk waktu yang lama untuk menerima uang hasil penjualan mereka. Uang yang dikirim oleh tokopedia pasca kesuksesan transaksi membutuhkan kira-kira 3 jam setelah dikonfirmasi oleh tokopedia.

Walaupun sistem transaksi yang dianut marketplace sekarang tergolong lebih aman bagi pembeli, tidak berarti menjadi mempersulit penjual.

Itulah kelebihan jualan di tokopedia yang mungkin dapat menjadi pertimbangan untuk anda untuk memilih marketplace sebagai tempat berjualan. Seperti yang telah saya katakan, tidak semua marketplace cocok dengan anda. Tergantung kepada barang dan pasar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *