Tertarik Jualan Baju Batik? 5 Hal Paling Mendasar Yang Wajib Dilakukan

Siapa bilang jualan baju batik kurang menguntungkan. Justru sebaliknya, kini banyak pebisnis baju batik yang omzetnya mampu menyentuh hingga angka puluhan hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya. Tapi tentunya keuntungan ini tidak serta merta mereka dapatkan. Butuh proses untuk mendapatkan semua itu.

Seperti yang sudah diketahui bersama jika batik merupakan ciri khas identitas Indonesia. Kepopuleran batik bahkan tidak hanya di dalam negeri saja. Tapi kini batik juga sudah dikenal luas hingga ke mancanegara.

Apalagi batik bisa dikatakan sebagai salah satu jenis busana yang cukup mudah untuk dipadupadankan dengan jenis busana lainnya. Maka tidak mengherankan jika semakin ke sini, kepopuleran batik di kalangan anak muda pun semakin meningkat.

Pahami Jenis Batik

Sebelum Anda memutuskan untuk jualan baju batik, hal paling mendasar pertama yang harus Anda pahami adalah mengenal jenis batik. Pasalnya begitu banyak jenis batik yang ada di Indonesia. Selain itu setiap jenis batik pun memiliki artinya masing-masing.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu mengenai motif batik yang akan Anda pilih pada bisnis Anda. Kenapa demikian, hal ini akan memudahkan Anda pada saat menjelaskan kepada para konsumen.

Selain itu dengan begitu baiknya pemahaman Anda terkait dengan baju batik, konsumen secara otomatis akan semakin yakin dan tertarik untuk membeli baju batik yang Anda tawarkan kepada mereka.

pxhere.com

Tentukan Target Konsumen

Setelah Anda belajar jenis batik yang Anda pajang di toko batik Anda, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan target konsumen. Tujuannya agar supaya target pasarnya menjadi lebih terarah.

Meskipun Anda sudah menentukan target pasar yang ingin dibidik, tidak ada salahnya untuk mengembangkan target pasar tadi. Misalnya target pasar Anda adalah anak muda. Maka tidak ada salahnya juga jika Anda menyediakan beberapa produk baju batik untuk anak-anak dan orang dewasa juga.

Kenapa demikian, pasalnya jika target pasar Anda terlalu sempit maka akan sangat disayangkan. Padahal untuk saat ini peminat batik bisa dikatakan sudah sangat luas dan dari berbagai jenjang usia.

pxhere.com

Selalu Perhatikan Kualitas Barang

Hal yang satu ini erat kaitannya dengan kepercayaan para konsumen. Jangan sampai konsumen menjadi kecewa karena baju batik yang dibelinya tidak sesuai dengan deskripsi yang sudah Anda berikan.

Artinya jika memang kualitas baju batiknya standar, bilang saja standar. Jangan justru malah melebih-lebihkannya dengan tujuan agar baju batik yang Anda tawarkan dibeli dengan harga mahal.

Memang sekali dua kali trik seperti ini berhasil. Namun percayalah tidak butuh waktu lama para konsumen akan menyadarinya. Dan jika hal seperti ini sudah terjadi, tidak butuh waktu lama nama baik toko batik Anda akan tercemar.

Apalagi di era berbasis digital seperti sekarang ini. Sebuah era dimana informasi bisa sangat cepat tersebar. Bisa jadi tidak butuh waktu satu jam, nama baik toko batik Anda akan hancur-lebur.

Strategi Pemasaran Baju Batik

Berhasil tidaknya jualan baju batik sangat erat kaitannya dengan bagaimana Anda memilih strategi penjualan. Artinya dalam pemasaran Anda dituntut untuk cerdas dalam memilih media apa yang akan digunakan nanti. Dan untuk saat ini, memasarkan baju batik melalui media online bisa menjadi pilihan yang cukup cerdas.

Apalagi media online lebih mampu menawarkan proses yang lebih mudah. Artinya Anda hanya perlu mencari strategi pemasaran yang dapat menembus target konsumen yang sudah Anda bidik sebelumnya. Selain itu, dengan menggunakan media berbasis online, pelanggan yang bisa dicakup pun akan lebih luas lagi.

pxhere.com

Pengelolaan Tempat Usaha

Bisnis retail seperti ini sangat dituntut untuk menerapkan manajamen pengelolaan keuangan yang baik. Banyak bisnis retail yang tidak mampu berkembang dan bahkan banyak juga yang bangkrut lantaran tidak membuat berbagai pembukuan transaksi.

Memang melakukan pembukuan seperti ini butuh waktu dan juga ketelitian. Apalagi jika semua pembukuan tadi dilakukan dengan cara manual atau semi manual. Pasti butuh kerja keras untuk membuatnya.

Bayangkan saja, berapa jenis pembukuan yang harus dibuat setiap harinya. Oleh sebab itu wajar saja jika banyak toko retail yang kurang begitu memperhatikan hal semacam ini. Padahal dalam sebuah bisnis ini menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Jika memang itu yang Anda keluhkan, kenapa tidak memasang aplikasi penjualan pada toko batik Anda. Sebuah aplikasi yang didukung dengan berbagai fitur yang mampu melakukan berbagai pembukuan akuntasi secara otomatis. Dengan demikian, kegiatan jualan baju batik Anda pun akan semakin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *