Berikut Jenis Kopi Asli Indonesia

Indonesia merupakan salah satu penghasil biji kopi terbesar dan juga sebagai negara penghasil biji kopi yang sangat terkenal kenikmatannya. Iya beberapa wilayah di Indonesia memang cukup cocok untuk ditanami biji kopi dan mampu menghasilkan kopi dengan citarasa yang khas. Bahkan salah satu jenis kopi dari Indonesia juga masuk ke dalam harga kopi terbaik di dunia.

Kopi memang menjadi salah satu minuman yang paling banyak digemari. Minuman yang diseduh dari hasil biji kopi yang telah dihaluskan ini terkenal memiliki aroma dan citarasa yang sangat nikmat sehingga mampu menarik perhatian masyarakat di seluruh dunia. Kopi juga terkenal dengan efek sampingnya yang dapat membantu menunda kantuk dan meningkatkan konsentrasi. Kopi terkenal juga baik untuk kecantikan karena mengandung antioksidan tinggi dan kafein yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah.

pexels.com

Pertumbuhan Kopi di Indonesia

Indonesia memang merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya. Hal ini juga terbukti bahwa Indonesia menjadi salah satu negara produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia. Indonesia memiliki iklim yang cukup ideal untuk memproduksi kopi, dan hasilnya munculah beberapa jenis kopi dengan cata rasa yang khas.

Tercatat hingga saat ini perkebunan kopi di Indonesia mencapai 1,24 juta hektar yang terdiri dari 933 hektar kopi jenis robusta dan 307 hektar kopi jenis arabika. Hal tersebut tentunya menunjukkan bahwa Indonesia memiliki lahan yang cukup luas untuk memproduksi kopi. Beberapa daerah di Indonesia yang menjadi penghasil kopi terbesar yaitu Aceh, Jawa Barat, Sulawesi, NTT, hingga Papua. Beberapa daerah tersebut menjadi penghasil kopi yang memiliki citarasa khas dari daerahnya masing-masing. Sebab ketika kopi ditanam ditempat yang berbeda, maka juga akan memiliki citarasa yang berbeda.

pexels.com

Jenis Kopi dari Indonesia

Indonesia memiliki beberapa wilayah yang memang memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa beberapa diantaranya adalah berbentuk lahan penghasil kopi. Indonesia memiliki beberapa jenis kopi dari beberapa daerah. Meskipun beberapa jenis kopi tersebut terdiri dari jenis kopi robusta dan kopi arabika, namun setiap jenis kopinya akan memiliki rasa yang berbeda ketika tumbuh di wilayah yang berbeda. Nah berikut beberapa jenis kopi yang ada di Indonesia:

Kopi Luwak

Kalau kopi yang satu ini memang sudah cukup terkenal ke seluruh penjuru dunia. para pecinta kopi tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis kopi yang satu ini. Kopi luwak memang merupakan kopi yang diambil dari biji yang telah menjadi sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Selain pengolahannya yang cukup unik, kopi luwak juga memiliki citarasa yang berbeda dengan jenis kopi yang lainnya, hal tersebut karena kopi jenis ini sudah melalui proses fermentasi dari perut luwak itu sendiri. Kopi luwak sudah mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1980 an dan menjadi biji kopi termahal di dunia dengan harga kopi terbaik mencapai sekitar $`100 per 450 gram.

Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan kopi yang berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi ini terkenal memiliki kelezatan citarasa dan kelezatan yang luar biasa. Kopi toraja sendiri memiliki dua jenis yaitu kopi toraja robusta dan kopi toraja arabika. Salah satu keunikan dari kopi toraja adalah kandungan asamnya yang cukup rendah. Kemudian dari sisi rasa, kopi toraja memiliki keunikan yaitu rasanya yang unik dan khas serta adanya sedikit unsur rasa tanah ketika Anda meminum kopi ini. Kopi toraja juga tidak memiliki rasa yang terlalu pahit seperti pada umumnya.

pexels.com

Kopi Kintamani

Seperti namanya, kopi kintamani berasal dari daerah Kintamani, Bali. Kopi ini merupakan salah satu jenis kopi dari Indonesia yang telah mendapatkan seritifkat Indikasi Geografis yang unik dan dikenal dengan nama indikasi geografis. Biji kopi kintamani berasal dari dataran tinggu yang sejuk sehingga kopi mampu tumbuh subur disini. Ditempat tersebut, kopi jenis ini ditanam dengan diselingi oleh beberapa jenis tanaman lain seperti sayuran da jeruk. Kopi kintamani memiliki rasa yang unik yakni agak mengandung unsur buah-buahan yang asam dan segar, kemungkinan hal ini karena pengaruh sistem tanam tumpang sari yang diterapkan. Kopi kintamani juga memiliki citarasa yang lembut dan terasa ringan karena melalui proses basah atau yang juga disebut dengan we processed.

Kopi Gayo

Kopi gayo berasal dari ujung barat Indonesia yakni tepatnya dari daerah Gayo, Aceh. Memang masyarakat Gayo sendiri mayoritas bekerja sebagai tani kopi. Adapun jenis kopi yang paling banyak ditanam adalah kopi arabika. Kopi gayo memiliki citarasa yang sangat khas yakni rasa pahit yang tidak tertinggal di lidah. Kopi gayo memiliki rasa pahit yang hampir tidak terasa serta memiliki rasa yang gurih, dan harum. Keunikan dari kopi gayo juga terletak pada penanamannya yang menggunakan penanaman secara organik.

Kopi Wamena

Kopi wamena merupakan kopi yang berasal dari ujung timur Indonesia yakni tepatnya dari daerah Wamena, Papua. Kopi wamena terkenal dengan aroma harumnya yang cukup tajam. Selain itu juga memiliki tingkat keasaman yang rencah serta teksturnya yang ringan, minim ampas, harum, dan tidak terlalu asam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *