Penyebab Jamur Pink Pada Makanan dan Pencegahannya

Jamur merupakan sebuah organisme dalam bentuk yang kecil dan sering menempel serta berkembang pada tempat-tempat yang basah dan lembab. Di alam bebas jamur memiliki peran yang penting untuk menguraikan daun-daun dan berbagai macam jenis pohon-pohon kering. Salah satu jenis jamur adalah jamur pink atau pink mold.

Jamur ini tidak hanya tumbuh pada alam bebas, namun bisa juga di dalam ruangan yang ada di rumah. Tak hanya itu saja, jamur ini kerap kali bercokol dan bersarang di makanan. Jamur ini bisa sangat berbahaya terlebih ketika kita memakan makanan yang terdapat jamur pink tersebut. Berikut ini akan kami jelaskan secara rinci mengenai jamur pink yang ada di dalam makanan.

Penyebab jamur pink di dalam makanan

Salah satu penyebab utama jamur muncul dalam makanan adalah karena makanan tersebut di simpan terlalu lama pada ruangan yang lembab. Jamur sering tumbuh pada tempat-tempat yang lembab. Jamur pink juga suka dengan makanan-makanan yang mengandung nutrisi semisal roti. Karena di dalam roti mengandung nutrisi yang terbuat dari bahan dasar ragi dan jamur pink membutuhkan ragi tersebut sebagai makanan untuk tumbuh dan berkembang. Maka dari itu makanan jenis roti sangat mudah terkena jamur bila di simpan terlalu lama pada tempat-tempat atau ruangan yang terlalu lembab.

Cara mencegah jamur di makanan

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara untuk mencegah tumbuhnya jamur pada makanan. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

pixabay.com

1. Simpan di ruangan yang kering

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari jamur muncul pada makanan adalah dengan cara menyimpan makanan tersebut pada ruangan atau tempat yang kering dan tidak lembab. Usahakan juga jangan terlalu lama menyimpan makanan tersebut karena nanti malah jadi kadarluarsa.

2. Menyimpan makanan pada kulkas

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya jamur pada makanan adalah dengan cara menyimpan makanan tersebut pada kulkas. Karena sudah pasti di dalam kulkas makanan akan menjadi lebih awet serta sirkulasi udara di dalam kulkas tidaklah lembab sehingga jamur-jamur tersebut tidak akan bisa berkembang dan masuk pada makanan yang kamu simpan pada kulkas.

3. Menutup wadah makanan

Kamu juga harus menutup wadah makanan tersebut dengan rapat agar tidak memberi celah untuk jamur pink masuk kedalam makanan tersebut dan bersarang disitu. Jika kamu seorang penjual makanan maka kamu harus menutup atau mengemas makanan yang kamu jual dengan rapat agar tidak membahayakan konsumen mu. Bisa jadi jika kamu tidak mengemas dengan rapat makanan yang kamu jual maka mereka yang menjadi konsumen mu akan keracunan akibat memakan makanan yang telah berjamur.

pixabay.com

Akibat makanan yang berjamur

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa akibat yang di timbulkan ketika seseorang memakan makanan yang telah berjamur. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Keracunan

Akibat dari mengkonsumsi makanan yang berjamur adalah bisa menjadi keracunan. Ketika kamu makan makanan yang telah berjamur maka berpotensi besar untuk keracunan. Jika kamu keracunan tentu saja harus di bawa kerumah sakit untuk mengobatinya.

2. Sakit perut

Akibat berikutnya yang di timbulkan dari mengkonsumsi makanan yang telah berjamur adalah kamu bisa terkena sakit perut. Ketika kamu memakan makanan yang berjamur, mungkin tidak akan langsung bereaksi seketika. Namun setelah bebeberapa saat kemudian barulah jamur-jamur di dalan makanan yang telah kamu santap tersebut akan bereaksi di dalam perut sehingga kamu akan merasakan sakit di perut mu. Sudah banyak orang yang mengalami sakit perut yang di akibatkan oleh jamur yang terdapat pada makanan. Karena hal itulah jamur pink sangat berbahaya bila sampai masuk pada makanan dan kemudian kita mengkonsumsi makanan tersebut.

pixabay.com

3. Mual-mual

Akibat lain yang di timbulkan oleh jamur yang menempel pada makanan bila kita mengkonsumsinya adalah kita bisa menjadi mual-mual. Mual-mual tersebut di akibatkan ketika jamur yang ikut termakan bersama makanan tersebut mulai bereaksi di dalam perut mu. Jika kamu mengalami mual-mual setelah memakan makanan yang teridentifikasi sudah berjamur, kamu harus segera datang ke rumah sakit untuk memeriksakan diri dan segera mengobati sakit mu tersebut agar pulih seperti sedia kala.

4. Disentri

Penyakit lain yang bisa terjadi ketika kamu mengkonsumsi makanan yang telah berjamur adalah kamu bisa terserang penyakit disentri. Kamu akan merasa mules dan berkali-kali datang ke kamar mandi karena penyakit tersebut. Ketika kamu terkena penyakit disentri maka badan mu akan menjadi lemas karena kamu di paksa untuk membuang air terus menerus tiada henti.

5. Badan lemas

Akibat lain yang di timbulkan dari memakan makanan yang berjamur adalah badan menjadi lemas. Bisa karena kelelahan akibat mencret atau hal-hal lain yang di akibatkan oleh jamur pink tersebut. Jamur pink memang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila tak sengaja di konsumsi.

Nah itulah sekilas menganai jamur pink yang ada di dalam makanan yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *