Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Bulanan Tidak Membengkak

Listrik merupakan kebutuhan fundamental yang harus terpenuhi bagi umat manusia. Tanpa listrik, beberapa aktivitas manusia tidak bisa efektif dilakukan, karena beberapa aktivitas tersebut membutuhkan peran serta dari listrik.

Beberapa aktivitas manusia modern yang membutuhkan listrik antara lain adalah mengecas ponsel, pc atau laptop, menerangi jalanan dan rumah dengan lampu, dan masih banyak lagi. Maka dari itu peran listrik sangat utama dalam kehidupan umat manusia.

Listrik memiliki sejarah panjang sebelum sampai di masa sekarang yang begitu canggihnya. Awal mulanya adalah seorang yang bernama Thales, yang merupakan cendekiawan dari Yunani, ia menemukan suatu fenomena ketika ia menggosok-gosok batu ambar akan dapat menarik bulu atau rambut manusia.

Ini merupakan fenomena dari sebuah arus listrik. Setelah Thales menemukan teori seperti diatas, pada tahun berikutnya dari masa ke masa banyak ilmuan yang menggali lebih dalam teori yang dikemukakan oleh Thales.

Beberapa ilmuan yang melakukan penelitian tentang listrik antara lain adalah William Gilbert, Joseph priestley, Charles De Coulomb, Ampere Michael Farraday, Oersted dan masih banyak lagi para ilmuan yang meneliti sehingga di masa sekarang listrik bisa digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia ini.

Akses listrik yang mudah membuat banyak orang terlalu over konsumsi dalam penggunaan listrik. Mungkin, kamu salah satu orang yang terlalu boros dalam pemakaian listrik di kehidupan sehari-hari.

Nah, jika kamu terlalu boros dalam menggunakan listrik, mungkin kamu perlu mengecek beberapa peralatan ini di rumah mu yang berpotensi menyumbang energi listrik paling banyak di rumah mu.

pxhere.com

Cara Hemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Berikut adalah beberapa peralatan elektronik yang memakan listrik paling banyak jika digunakan berlebihan. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini :

1. Lampu

Tanpa kamu sadari, ternyata lampu merupakan salah satu perlatan rumah tangga yang memakan daya listrik paling banyak. Terlebih jika lampu tersebut berjenis bohlan yang berwarna kuning.

Meskipun cuma 5 watt, tapinyatanya lampu bohlan memakan daya listrik yang cukup banyak. Jika kamu ingin lebih hemat listrik, ada baiknya kamu gunakan lampu LED. Karena lampu LED ini memiliki watt yang kecil namun memiliki cahaya yang lebih terang jika dibanding dengan jenis lampu lainnya.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan untuk hemat listrik dalam penggunaan lampu adalah matikan lampu ketika tidak diperlukan, matikan lampu ketika akan tidur dan matikan lampu ketika di siang hari atau sore hari yang dirasa ruangan masih cukup terang tanpa perlu menyalakan lampu.

Hal-hal kecil diatas jika dilakukan secara rutin maka akan berefek besar dalam mengurangi biaya tagihan listrik mu selama satu bulan. Jika tidak percaya, coba buktikan saja.

pxhere.com

2. Penanak nasi

Penanak nasi atau rice cooker juga merupakan salah satu alat yang memakan daya listrik besar dalam sehari-hari. Kebanyakan orang menggunakan rice cooker dalan keadaan tetap warm ketika nasi sudah matang.

Padahal, yang mereka lakukan justru akan membuat biaya listrik semakin naik. Alangkah baiknya ketika nasi telah matang, maka colokan dari rice cooker tersebut dicabut. Hal ini dalam rangka untuk melakukan penghematan energi listrik.

Dan jika kamu ingin memakan nasi dalan keadaan yang hangat, maka sebelum makan sekitar 5 sampai 10 menit, baru kamu colokan lagi rice cooker tersebut. Itu adalah langkah-langkah penghematan listrik.

3. Kulkas

Bukan rahasia lagi kalau kulkas adalah peralatan rumah tangga yang memerlukan daya listrik tinggi. Seringkali dijumpai dalam masyarakat kita, jika ingin memiliki kulkas di rumah maka harus menambah daya listrik lagi agar listrik dalan rumah tidak anjlok.

Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk hemat listrik dari pemakaian listrik. Yang pertama adalah kamu jangan memasukan air dalam kondisi panas pada kulkas tersebut. Yang kedua adalah jangan memasukan makanan yang tidak diperlukan kedalam kulkas.

Yang terakhir adalah kamu harus rutin membersihkan kondensor dari kulkas tersebut. Itu adalah beberapa cara supaya pemakaian kulkas lebih hemat energi listrik.

pxhere.com

4. Pompa air

Pompa air juga akan memakan biaya listrik yang tinggi. Daya sedot dari pompa air inu memiliki berbagai macam daya, ada yang sampai 100 watt dan ada juga yang sampai 1000 watt.

Cara melakukan penghematan pompa air adalah jika bak telah terisi penuh, maka kran tersebut kamu matikan agar air tidak meluber.

Kamu juga harus menggunakan air pada porsinya. Jangan terlalu boros dalam menggunakan air. Karena semakin boros kamu menggunakan air, maka akan berimbas pada biaya listrik yang mahal.

5. Televisi

Televisi juga salah satu yang sering menjadi penyebab biaya listrik naik. Untuk menghemat listrik, maka jika tidak dilihat dan ditonton, televisi tersebut sebaiknya dimatikan. Fenomena saat ini yang terjadi adalah televisi yang menonton kita, bukan kita yang menonton televisi.

Nah, itulah beberapa cara hemat listrik dari pemakaian alat elektronik. Tapi untuk cara paling ampuh saat ini adalah dengan menggunakan Rooftop Solar Panel, sehingga energi listrik yang dihasilkan dari Solar Panel dapat menghemat semua penggunaan alat elektronik di rumah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *