Hal yang Harus diperhatikan Saat Memilih Bibit Buah Pir

Bibit buah pir ini dihasilkan dari adanya proses okulasi yang mana pada biasanya menghasilkan buah yang memiliki rasa manis serta mempunyai pohon yang lebih cepat berbuah. Hal ini wajar saja banyak para masyarakat yang ingin membudidayakan buah pir. Selain enak dikonsumsi buah pir juga memiliki banyak manfaat. Pada saat Anda ingin membudidayakan buah pir tentunya harus memilih jenis bibit yang unggul dan berkualitas tinggi.

Ketika Anda ingin membudidayakan buah pir ini mulai dari bibit, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dengan baik, yaitu:

  • Anda harus memperhatikan waktu yang tepat pada saat membudidayakan buah pir, yaitu disarankan dimulai pada bulan Desember awal sampai dengan bulan Maret awal.
  • Pada saat bibit buah pir belum bertunas, maka untuk langkah yang perlu dilakukan yaitu masa dingin. Untuk proses pendinginan tersebut akan seringkali dinamakan sebagai proses stratifikasi. Di negara Indonesia tidak mempunyai musim dingin, sehingga penanaman bibit pir pada tunas harus dilakukan pada sebuah ruangan yang dilengkapi dengan alat pengukur suhu ruangan. Tujuannya yaitu supaya menjadikan daerah bibit menjadi lebih rendah dibandingkan dengan suhu yang ada di luar ruangan.
  • Sebaiknya buah pir ini disimpan pada pot yang berukuran lebih kecil, setelah itu Anda dapat memberikan pupuk.

Bagi Anda yang masih awam dalam dunia pembudidayaan buah pir memang akan seringkali mengalami beberapa kendala. Terutama pada saat melakukan pemilihan bibit pir. Sementara pemilihan bibit ini memiliki pengaruh yang sangat besar pada proses pertumbuhan buah pir nantinya. Sebab itu disarankan bagi Anda supaya melakukan pembeliannya di tempat yang khusus menjual bibit pir.

Apabila bibit yang Anda pilih berkualitas bagus, maka sudah bisa dipastikan bahwa untuk tumbuh dan kembang dari buah pir juga sangat bagus. Sebaiknya Anda tidak melakukan pembelian yang sudah berbentuk anakan, karena nantinya Anda tidak akan pernah tahu pasti bagaimana kualitas dari bibit itu sendiri. Untuk alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan memilih bibit kemudian menanamnya sendiri.

Cara ini pun juga akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda seputar budidaya buah pir. Jika sudah mengetahui bagaimana proses membudidayakan buah pir, Anda dapat menjadikan hal ini sebagai peluang usaha yang menguntungkan, karena buah pir ini hampir semua orang menyukainya. Sehingga sangat berpeluang besar jika Anda memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha budidaya buah pir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *