Fungsi Trakea dalam Sistem Pernafasan Tubuh Manusia

Trakea merupakan tabung besar dari laring (kotak suara) menuju ke bagian bronkus saluran udara besar menuju paru-paru yang berbentuk cabang-cabang. Organ yang satu ini tentu memiliki peranan yang sangat penting bagi sistem pernapasan manusia. Ukuran dari trakea sendiri memiliki panjang kurang lebih 11 cm dengan lebar sekitar 2,5cm. Untuk lebih mendalam, artikel ini akan menceritakan mengenai fungsi trakea secara lebih detail.

1. Mengirim udara ke paru-paru

Fungsi paling dasar dari trakea adalah mengirim udara segar menuju paru-paru. Udara tersebut merupakan oksigen yang dihirup dari hidung. Selain itu, fungsi lain dari trakea adalah membuat mengatur suhu udara yang masuk ke paru-paru.

2. Menyaring benda asing

Udara yang masuk ke paru-paru tentu harus segar dan bersih. Karena itu, trakea akan menyaring benda-benda asing yang masuk ke paru-paru. Caranya adalah trakea akan memproduksi lendir yang mampu menangkap benda asing tersebut.

3. Membantu sistem perncernaan

Selain untuk pernapasan trakea dapat membantu sistem pencernaan. Karena dalam sistem pencernaan saat tulang rawan yang memiliki bentuk cincin menciptakan ruang lebih besar pada bagian kerongkongan dengan cara mengembang. Dengan keunggulan tersebut, makanan akan lebih mudah untuk turun menuju lambung.

4. Membantu proses batuk

Batuk merupakan proses alamiah yang mampu membuang hal-hal buruk keluar dari tubuh. Untuk itu, proses batuk sangat normal untuk dilakukan oleh setiap orang. Saat terjadi proses batuk, otot yang ada pada trakea akan terjadi kontraksi dengan cara mempersempit lumen trakea. Dengan kondisi ini maka udara akan bisa mengalir lebih cepat melalui trakea saat akan keluar. Efeknya adalah batuk menjadi lebih kuat sehingga partikel debu dan lendir akan dengan mudah keluar.

Demikianlah artikel singkat mengenai fungsi dari trakea. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan referensi mengenai paru-paru dan fungsinya, terutama trakea. Pastikan juga kamu tetap menjaga kesehatan organ pernapasan dengan berusaha untuk mencegah polusi masuk ke dalam tubuh. Selain itu, budayakan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga dan memakan makanan yang sehat. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *