Fadhilah Surat Al Ikhlas Yang Utama

Al ikhlas di dalam al quran memiliki kedudukan yang cukup mulia. Kedudukan al ikhlas memang berada di jus ke 30 dan surat ke 122. Jumlah ayat yang hanya 3 ayat membuat orang mudah untuk menghapalkannya. Selain mudah untuk dihapalkan, al ikhlas juga memiliki keutamaan yang bisa didapatkan oleh manusia yang membacanya. Fadhilah surat al ikhlas apabila dibaca dengan tepat akan memberikan manfaat dan juga keutamaan bagi manusia yang membacanya. Memang tidak hanya al ikhlas saja yang memiliki keutamaan apabila dibaca dengan benar. Akan tetapi surat di dalam al quran lainnya jika dibaca dengan benar akan memberikan kemanfaatan bagi manusia.

unsplash.com

Fadhilah Surat Al Ikhlas Dengan Benar

Fadhilah surat al ikhlas jika dibaca dengan baik dan benar akan membuat manusia yang membacanya akan merasakan manfaat yang cukup besar dari al ikhlas. Al ikhlas di dalam al quran apabila dibaca dengan benar akan membawa orang-orang yang membacanya menjadi mudah masuk surga dari pintu mana saja yang disukai. Kemudahan dan keutamaan inilah yang dicari oleh banyak orang. Akan tetapi dengan catata al ikhlas dibaca dengan benar serta dibaca pada waktu yag benar juga. Sehngga ketika membacanya pada waktu yang tepat akan memberikan kemafaatan bagi yag menjalankannya. Itulah mengaa surat ini termasuk ke dalam satu surat yang paling memiliki fadilah di dalamnya.

Keutamaan berikutnya dari surat al ikhlas adalah ketika membacanya dengan benar maka yang membacanya akan mempperoleh kecintaan dri allah swt dengan benar. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan rasa cinta yang tinggi dari allah memang manjadi salah satu cita-cita dari banyak orang. Sebab rasa cinta dari allah swt mendatangkan keberkahan dalam hidup. Sehingga cita-cita banyak orang diantaranya adalah mendapatkan rasa cinta dari allah yang membuat hidup menjadi lebih banyak mendapatkan keberkahan. Rasa cinta inilah yang membuat kehidupan umat manusia menjadi lebih berarti dan memiliki makna yang lebih besar. Oleh sebab itu al ikhlas akan membantu seseorang untuk mendapatkan kecintaan dari allah swt yang cukup besar dan membawa keberkahan dalam kehidupannya.

Posisi al ikhlas di dalam al quran adalah setara dengan seperiga isi dari al quran. Sehingga banyak yang mengatakan bahwa al ikhlas dan membacanya berulang-ulang sama saja artinya dengan menyelesaikan sepertiga dari isi al quran. Ketika diulang selama beberapa kali, maka akan mendapatkan keberkahan di dalam kehidupan. Menyelesaikan sepertiga al quran memang sudah cukup bagus untuk seseorang. Sehingga ketika berulang-ulang menyelesaikannya, maka bisa dikatakan seluruh isi dan kandungan di dalam alquran bisa diselesaikan dengan baik setiap harinya.

unsplash.com

Makna Al Ikhlas

Dibalik Fadhilah surat al ikhlas yang cukup banyak dan dibalik keberkahan yang dijanjikan kepada siapa saja yang membacanya secara berulang-ulang, sebenarnya isi dari al ikhlas sendiri cukup dalam maknanya. Meskipun hanya terdiri dari 3 ayat pendek saja, namun di dalamnya terdapat makna yang dalam. Makna dari al ikhlas sendiri adalah mengenai pengagungan dari keesaan allah swt. Mengesakan allah swt dan tidak ada zat lainnya yang sebanding dengan keesaannya. Segala pujian bagi allah swt penguasa alam semesta yang memiliki seluruh penciptaan yang ada di di seluruh bumi dan seluruh alam semesta. Pengesaan dari sifat allah swt inilah yang jika dibaca secara berulang-ulang menandakan ketundukan yang luar biasa dari seorang hamba yang taat dan juga patuh kepada allah swt.

Ketika al ikhlas dibaca secara berulang-ualang di waktu pagi hari dan malam hari, maka sepanjang hari orang yang membacanya akan mendapatkan keberkahan di dalam kehidupannya. Keberkahan sepanjang hari inilah yang menjadi keinginan serta cita-cita dari umat manusia. Sehingga banyak yang mengamalkannya dengan membaca surat pendek ini di kala pagi hari dan malam hari untuk memperoleh keberkahan sepanjang hari. Mengamalkannya akan membuat umat manusia memperoleh segala kecintaan yang tiada tandingannya dari allah swt. Cinta yang tidak bersyarat yag membawa kehidupan menjadi lebih berkah.

unsplash.com

Mengulang bacaan surat al ikhlas di waktu pagi hari dan juga malam hari membawa sepanjang hari berkah yang tiada tandingannya. Oleh karenanya, bagi manusia yang ingin memperoleh keberkahan asalkan mengulang dan mengucapkan al ikhlas dengan benar, maka keberkahan itu bukan lagi menjadi cita-cita belaka. Akan tetapi keberkahan akan menjadi sebuah impiah yang terwujud menjadi kenyataan. Sehingga mengulang membaca al ikhlas sepanjang hari menjadi salah satu sebabnya mengapa kehidupan menjadi lebih lancar dan memperoleh keberkahan yang banyak. Minimal apapun yang dikerjakan di dalam kehidupan sepanjang hari menjadi lebih lancar ketika mengulang-ulang membaca surat al ikhlas yang dibaca dengan penuh penghayatan dan penuh dengan kecintaan yang mendalam terhadap al ikhlas. Memperdalam bacaan serta keilmuan mengenai al ikhlas memang menjadi salah satu cara terbaik bagi manusia untuk mendapatkan sejumlah keberkahan di dalam kehidupannya. Selain itu di sepanjang hari umat manusia yang mengulang membacanya akan memiliki usaha yang lebih lancar karena mendapatkan restu dari allah swt untuk melakukan pekerjaan tersbebut.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *