Bagaimana Doa Memakai Pakaian Serta Adabnya?

Kebiasaan untuk berdoa sebelum melakukan sesuatu memang sebaiknya diajarkan kepada anak sejak kecil. Dengan begitu hingga dewasa nantinya mereka tidak akan pernah mengawali aktivitas tanpa berdoa terlebih dahulu. ini soal kebiasaan baik yang memang harus ditanamkan sejak dini oleh orang tua kepada anak-anak. Berikan pemahaman pada mereka bahwa berdoa itu penting.

Termasuk saat akan memakai baju ada doa yang harus dibaca sebelumnya. Kalau anak sudah dibiasakan sejak kecil membaca doa sebelum memakai baju pasti hingga dewasa hal tersebut akan mereka lakukan. Membaca doa sebelum memakai pekaian mungkin jarang yang melakukannya, semua kembali kepada bagaimana orang tua mengajarkannya. Sesuatu yang baik hendaknya memang didahului doa.

Yang dimaksud dengan doa sebelum mengenakan pakaian disini terdapat 2 macam. Pertama adalah sebelum memakai baju yang baru saja dibeli dan kedua adalah saat akan mengenakan pakaian biasa. Maksud pakaian biasa adalah bukan baju baru yang pertama kali dipakai melainkan baju yang sudah dikenakan sehari-hari. Doa yang harus dibaca dari kedua aktivitas tersebut jelas berbeda.

Lebih jelasnya tentang doa sebelum memakai pakaian atau baju bisa dibaca dalam penjelasan dan keterangan di bawah ini.

Doa Sebelum Memakai Pakaian

stocksnap.io

Doa Memakai Baju Baru

Setelah membeli baju baru di toko atau pada situs fashion online ketika akan dipakai pertama kali sebaiknya awali dengan doa. Membaca doa adalah bentuk rasa syukur kepada Allah atas rejeki yang diberikan untuk membeli baju baru. Adapun bacaan doa sebelum memakai baju baru adalah sebagai berikut :

“Allahumma lakal hamdu anta kasawtaniihi. As aluka min khoirihi wa khoiri maa shuni’a lah, wa a’udzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a lah”

Artinya : “Ya Allah hanya milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah yang member pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya.” (Hadits di atas dibawakan oleh Imam Nawawi dalam Bab “Doa yang diucapkan ketika mengenakan pakaian baru”)

Doa Memakai Baju Sehari-hari

Selain saat akan memakai pakaian yang baru dibeli untuk pertama kalinya, doa juga dibaca ketika akan mengenakan baju yang sudah lama. Artinya doa tersebut dibaca setiap kali kita akan memakai baju dalam keseharian. Termasuk ketika kita selesai mandi dan akan berganti pakaian.

Banyak orang yang mungkin lupa membaca doa ini karena menganggapnya bukan baju baru. Atau karena memang aktivitas memakai pakaian sudah menjadi hal yang dianggap biasa dan tidak perlu membaca doa. Mungkin mulai saat ini kita bisa merubah cara pemikiran seperti itu.

Adapun doa sebelum mengenakan pakaian yang dimaksud adalah seperti di bawah ini.

Alhamdulillaahil ladzii kasaanii haadzats tsauba wa razaqoniihi min ghoiri haulim minni wa laa quwwah.

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku” (HR. Abu Daud)

Doa Saat Akan Melepaskan Pakaian

Termasuk dalam doa sebelum mengenakan pakaian adalah doa sebelum melepaskan baju ketika mandi atau saat akan menggantinya. Inilah doa yang sebaiknya dibaca.

Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa.

Artinya : “Dengan nama Allah, tiada Tuhan selain Dia”

Selain berdoa sebelum memakai baju atau pakaian ada juga adab yang harus diperhatikan. Tentunya norma kelayakan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat tidak bisa kita abaikan. Untuk itulah diperlukan aturan bagaimana adab memakai pakaian.

Adab Memakai Baju

pixabay.com

Pakaian yang Bagus dan Bersih

Adab berpakaian dimulai dengan membiasaan diri mengenakan baju yang bagus dan bersih. Bagus bukan berarti harganya mahal tetapi pantas dan layak dipakai. Sedangkan pakaian yang bersih adalah yang terbebas dari kotoran dan najis.

Menutup Aurat

Kenakan pakaian yang berbahan tebal dan longgar sehingga lekuk tubuh tidak bisa terlihat dari luar. Hal ini terutama berlaku bagi para wanita untuk menjaga kehormatannya. Selain itu dengan berpakaian yang menutup aurat akan menghindarkan dari aksi pelecehan.

Pakai yang Kanan Terlebih Dahulu

Saat memakai pakaian sebaiknya dahulukan bagian tubuh yang kanan baru yang sebelah kiri. Misalnya ketika memakai baju atau kaos masukkan dulu lengan sebelah kanan baru yang kiri. Begitu juga ketika memakai celana, dahulukan kaki yang sebelah kanan baru kemudian kaki kiri.

Tidak Berlebihan

Kenakan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan apalagi kalau tujuannya hanya untuk pamer saja. Berpakaian secara berlebihan ini termasuk dalam memakai perhiasan, parfum dan aksesoris lainnya. Mengenakan pakaian dan perhiasan yang berlebihan akan mengundang kejahatan yang bisa membahayakan diri sendiri. Itulah mengapa sebaiknya menghindari berpakaian dengan berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *