Kenali Doa-Doa Dalam Surat Al Baqarah

Membaca surat Al Baqarah tentu saja memiliki banyak manfaat dan keutamaan  yang bisa anda dapatkan. Surat yang turun ketika Rasulullah berada di Kota Madinah ini, ternyata juga mempunyai doa-doa dalam surat Al Baqarah yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai dzikir ataupun bacaan yang berguna untuk meminta kebahagiaan dunia dan akhirat ataupun terbebas dari azab Allah yang pedih. Berikut adalah doa-doa yang bisa anda baca.

Doa-Doa yang Bisa Anda Baca Dalam Surat Al Baqarah

  1. Mengenal Bacaan Ayat Kursi Dari Segi Arti Dan Keutamaannya

Ayat Kursi merupakan bacaan dari surat Al Baqarah yang terkandung pada ayat 255. Ayat Kursi ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, mulai dari kandungan makna hingga keistimewaannya tersendiri. Bacaan ini berisi tentang penjelasan kalimat tauhid yang menjadi pendirian dan pegangan seorang muslim sehingga berani menghadapi segala tantangan di dalam hidupnya.

Doa-doa dalam surat Al Baqarah tersebut tentu saja memiliki beberapa keistimewan yakni merupakan kunci rejeki dan jodoh. Jadi, apabila anda membaca ayat ini, maka anda akan dimudahkan oleh Allah untuk mendapatkan rezeki dan mendapatkan jodoh. Hal ini tersirat dalam hadits ketika salah satu sahabat Rasulullah mengatakan belum menikah karena alasan belum ada biaya, maka beliau menyuruh untuk membaca bacaan Ayat Kursi tersebut.

Tak hanya itu saja, keutamaan lain dari bacaan Ayat Kursi adalah sebagai salah satu doa yang mustajabah. Disini dikatakan siapa saja yang membaca surat ayat kursi lalu berdoa maka doanya akan dikabulkan Allah. Hal ini disebabkan karena di dalam Ayat Kursi terdapat nama Allah yang paling agung yakni Al Hayyu Al Qayyum. Membaca bacaan Ayat Kursi juga dapat menjadi kunci bagi anda untuk masuk surga.

Hal ini dikarenakan doa-doa dalam surat Al Baqarah yakni membaca ayat kursi saat sehabis shalat fardhu maka tidak akan ada lagi penghalang baginya untuk memasuki surga kecuali mati. Bacaan ayat kursi juga sebagai bentuk perlindungan dari jin dan sihir. Hal ini diungkapkan oleh Abdullah bin Ubay bin Ka’ab, dimana ayahnya pernah bercerita bahwa beliau memiliki wadah besar yang berisi kurma.

Ayah dari Abudllah bin Ubay terbiasa menjaga tong berisi kurma tersebut sering melihat bahwa isinya berkurang. Untuk itu pada suau malam saat sedang menjaganya, tiba-tiba dia melihat seekor hewan yang memiliki bentuk mirip dengan anak laki-laki yang berusia baligh. Lalu Kaab pun mengucapkan salam kepadanya, dan jin pun mengatakan bahwa yang mampu untuk melindungi diri dari gangguan jin adalah Ayat Kursi.

Selain itu, bacaan ayat kursi dalam surat Al Baqarah merupakan pemimpin ayat dari Al Quran. Hal tersebut seperti hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, dimana Rasulullah pernah mengatakan jika, Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Al Quran adalah surat Al Baqarah, karena di dalam surat Al Baqarah terdapat ayat pemimpin yakni ayat Kursi

  1. Dua Ayat Terakhir Pada Surat Al Baqarah

Keutamaan membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada waktu malam hari adalah maka anda akan diberi kecukupan. Untuk itu, sebagian ulama ada yang mengatakan bahwa orang yang membaca tersebut akan dijauhkan dari gangguan setan. Selain itu, ada pula yang mengatakan jika membaca doa-doa dalam surat Al Baqarah ini, maka anda juga akan dijauhkan dari penyakit. Ada pula ulama yang mengatakan jika membaca dua ayat ini sudah mencukupi dari shalat malam.

Seperti yang diungkapkan dalam hadits dari Abu Mas’ud Al Badri, beliau mengatakan bahwa Rasulullah pernah bersabda jika siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pad malam hari, maka ia akan diberi kecukupan. Maka dari itu, jika anda memiliki waktu luang di malam hari sempatkanlah untuk membaca kedua ayat dari surat Al Baqarah tersebut. Niscaya nantinya anda pun akan diberikan kecukupan oleh Allah SWT.

 

  1. Dizikir dan Bacaan Dzikir Pendek dari Surat Al Baqarah Ayat 152

Ayat yang memiliki arti, Karena itu, ingatlah kamu kepadaKu niscaya Aku ingat kepadamu dan bersyukurlah kepadaKu, dan janganlah kamu kafir kepadaku. Begitulah isi dari surat Al Baqarah ayat 152. Pada ayat ini Allah memerintahkan bahwa dzikir secara umum memiliki hukum yang wajib. Hal ini bersifat wajib bagi manusia untuk mengingat Allah.

 

Selain itu, pada ayat ini pun menjelaskan bahwa siapa yang mengingat Allah, maka tentu saja Allah akan mengingat dia. Hal tersebut terlihat dalam arti ayat yang berbunyi, “Ingatlah Aku, niscaya Aku akan ingat kamu”. Maka hal tersebut dapat diartikan bahwa ingatnya Allah akan mendatangkan taufik, mendapatkan hidayah, inayah serta berbagai pertolongan dari Allah. Doa-doa dalam surat al Baqarah tersebut dapat anda ucapkan sebagi dzikir selepas shalat fardu.

 

Untuk itulah dengan membaca doa-doa yang terkandung dalam surat Al Baqarah ini setelah melaksanakan shalat fardhu tentunya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Selain itu, dengan membaca surat doa-doa tersebut juga dapat meningkatkan iman dan menambah pahala anda. Jadi tidak ada salahnya jika setelah melaksankan shalat, anda membaca bacaan dari ayat-ayat atau download surat Al Baqarah tersebut dan agar bisa di dengarkan setiap saat.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *