Dibalik Mitosnya Ini Manfaat Bunga Kamboja yang Mencengangkan

Bunga kamboja termasuk dalam tanaman yang memiliki akar tunggang dengan banyak cabang dan daun tunggal. Tanaman ini bukan asli dari Indonesia walaupun banyak tumbuh dan dijumpai di tanah air. Pohon bunga kamboja dapat tumbuh mencapai 2-8 meter.

Warna dari bunga kamboja beraneka ragam, yang tentu selalu cantik dan eksotis. Walaupun demikian, terdapat mitos di balik bunga satu ini. Aroma yang khas juga membuat tanaman bunga kamboja banyak dijadikan sebagai tanaman yang menghiasi halaman rumah.

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan

Saatnya bagi anda untuk beralih dari kisah mistis bunga kamboja dengan mengetahui berbagai manfaatnya. Bunga satu ini ternyata sangat baik untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat dari bunga kamboja:

  1. Melancarkan Penceranaan

Pencernaan menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan. Kini anda dapat memanfaatkan teh bunga kamboja untuk membantu menjaga pencernaan anda. Anda dapat menyeduhnya sebagai minuman sehari-hari.

  1. Mengatasi Kaki Bengkak

Paduan akar dan daun bunga kamboja dicampur dengan garam dapat membantu anda untuk mengatasi kaki bengkak. Anda dapat merebusnya hingga mendidih, kemudian rendam kaki yang bengkak 2 kali dalam sehari.

  1. Mengobati Borok

Borok menjadi salah satu gangguan kesehatan kulit yang mengganggu. Anda dapat memanfaatkan getah dari tanaman bunga kamboja untuk dioleskan ke borok yang sudah dibersihkan.

  1. Antibiotik dan Mengatasi Sakit Gigi

Alkalid dan tanin pada getah tanaman bunga kamboja juga dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik. Untuk mengatasi sakit gigi, anda dapat meneteskan getah pada kapas kemudian oleskan kapas pada gigi yang sakit. Perawatan ini cukup dilakukan 1-2 kali dalam sehari.

  1. Mengatasi Bisul

Untuk mengatasi bisul, anda dapat memanfaatkan daun bunga kamboja yang dipanaskan di atas api hingga layu. Tambahkan minyak zaitun dan kemudian tempelkan daun diatas bisul.

Semua mitos yang ada dibalik bunga kamboja tergantung anda untuk mempercayainya atau tidak. Namun, ada fakta tentang manfaat yang diperoleh dari pohon kamboja. Selain dijadikan sebagai tanaman hias, bunga kamboja juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *