Dampak Negatif Membuka Aurat (Baik Yang Membuka Dan Yang Melihat)

Anda jika dampak negatif membuka aurat tidak hanya bagi yang membukanya saja? Seseorang yang kebetulan melihat aurat yang Anda buka juga terkena dampak negatif dari prilaku buruk Anda ini.

Kiranya cukup penting bagi kita untuk sadar betul bahwa membuka aurat bukan hanya berdampak pada diri Anda sendiri. Lebih dari itu, dampaknya lebih luas meliputi lingkungan sekitar. Namun sayangnya masih banyak kaum wanita yang belum menyadari hal sefundamental ini.

Aurat muslimah itu berbeda-beda. Artinya, kondisinya digantungkan pada siapa yang melihatnya. Ketika yang melihat ialah kaum lelaki yang bukan mahramnya, maka aurat seorang muslimah adalah seluruh anggota badan. Hanya menyisakan wajah dan juga telapak tangan yang tidak dianggap sebagai aurat.

Oleh sebab itu, mengenakan pakaian yang sesuai dengan syariat adalah jalan paling aman yang bisa Anda usahakan. Terlebih lagi kini di luaran sana banyak sekali jenis busana yang sudah sesuai dengan ketentuan syariat mengenai batasan aurat. Misalnya saja busana berbentuk gamis modern.

Istemewanya, selain termasuk jenis pakaian yang bisa digunakan untuk menutup aurat, busana ini juga fashionable. Semakin ke sini jenis, model, dan gayanya juga semakin banyak. Artinya sangat bisa disesuaikan dengan gaya berbusana Anda.

pxhere.com

Dampak Negatif Wanita yang Membuka Auratnya

Setiap penentuan hukum pastinya ada alasan di belakangnya. Misalnya saja seperti kewajiban menutup aurat. Ternyata ada dampak negatif pada saat wanita membuka auratnya, diantaranya seperti:

  1. Berdosa

Hukum menutup aurat adalah wajib bagi setiap kaum muslimin dan muslimat. Anda dilarang untuk membiarkannya terbuka di depan umum. Barang siapa yang membuka auratnya dengan sengaja, maka berdosalah orang tersebut.

  1. Keselamatannya Terancam

Islam memberikan tempat yang sangat spesial bagi para wanita. Tujuan kenapa di dalam Islam diwajibkan untuk menutup aurat adalah untuk menjaga kehormatan wanita tersebut. Sebab banyak kejahatan yang menimpa wanita dikarenakan aurat yang tidak ditutup.

pxhere.com
  1. Turunnya Harga Diri

Setiap perempuan pastinya sepakat jika kehormatan dan harga diri adalah hal paling utama. Terlebih lagi di Indonesa yang berkiblat pada kebudayaan timur. Artinya tidak menutup aurat terlebih memakai pakaian yang kelewat seksi akan memberi dampak sanksi sosial.

Selain dianggap tidak taat terhadap aturan agama, ia juga akan dipadang negatif oleh lingkungannya. Artinya memilih mengenakan pakaian yang sesuai dengan adat ketimuran adalah pilihan yang sangat cerdas. Semisal memilih mengenakan gamis modern. Selain sesuai dengan budaya orang Indonesia, jenis pakaian ini juga telah sesuai dengan ketentuan syar’i.

  1. Disukai Setan

Allah sudah menjamin iblis dan setan akan abadi di neraka. Namun sebelumnya iblis dan setan membuat perjanjian dengan Allah SWT untuk menyesatkan anak cucu Adam supaya menjadi pengikutnya kelak di neraka.

Jika soerang muslimah enggan menutup auratnya, secara otomatis akan berdosa dan menurunkan kadar keimanannya. Di sisi lain, muslimah model ini akan menjadi sasaran empuk iblis dan setan agar menjadi salah satu pengikutnya di neraka kelak.

  1. Tidak Bisa Mencium Bau Surga

Dalam Hadist riwayat Imam Muslim no. 2128 dijelaskan bahwa wanita yang berpakaian namun telanjang (auratnya terbuka), berpaling dari ketaatan serta mengajak lainnya untuk mengikutinya maka mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya.

pxhere.com

Dampak Negatif Laki-laki yang Melihat Aurat Wanita

Ada beberapa dampak negatif bagi laki-laki yang melihat aurat wanita yang bukan mahramnya, diantaranya seperti:

  1. Berdosa

Kaum lelaki harus menjaga pandangannya. Terlebih dihadapan kaum wanita. Menjaga pandangan sangat dianjurkan. Betapa tidak, lelaki yang dengan sengaja melihat aurat wanita ini akan dicap telah melakukan dosa besar.

  1. Menurunkan Kadar Keimanan

Ternyata bukan hanya bagi wanita yang membuka auratnya saja, laki-laki yang melihatnya pun bisa turun kadar keimanannya. Terlebih lagi untuk laki-laki yang kadar keimanannya kurang.

Laki-laki yang tidak kuat imannya akan bahagia-bahagia saja ketika melihat kemolekan bentuk tubuh wanita yang tidak menutup auratnya. Disangka mendapat rezeki nomplok, padahal sejatinya laki-laki tersebut mendapatkan dosa. Dan hal ini akan mendorong pada degradasi iman.

  1. Potensi Berbuat Zina Semakin Besar

Setelah melihat kemolekan bentuk tubuh wanita yang tidak menutup auratnya, keinginan untuk memegangnya menjadi semakin besar. Hal inilah yang kemudian membuat potensi terjadinya perbuatan zina menjadi semakin besar.

Kesimpulannya, resiko mengumbar aurat sangatlah besar. Kaum wanita diwajibkan untuk menutupnya. Karena kenyatannya, dampak negatif membuka aurat tidak hanya berdampak pada dirinya saja, namun juga dirasakan oleh orang lain yang melihatnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *