Inilah Contoh Perusahaan Multinasional di Indonesia

Sertifikat ISO wajib dimiliki oleh perusahaan yang ingin melebarkan bisnisnya ke seluruh dunia atau menjadi perusahaan multinasional. ISO atau The International Organization for Standardization adalah sebuah badan internasional yang membuat standarisasi mutu pada perusahaan atau organisasi. Perusahaan dengan sertifikasi ISO akan lebih mudah menembus pasar internasional.

Mengapa bisa begitu? Karena dengan adanya sertifikasi dari ISO pada perusahaan artinya organisasi tersebut telah memenuhi standar mutu internasional. Ya, memang ISO berlaku secara internasional, di semua negara di seluruh dunia. Sehingga adalah hal yang wajar jika perusahaan multinasional yang memiliki cabang di banyak negara harus memiliki sertifikasi ISO.

Di Indonesia sendiri sudah banyak berdiri perusahaan multinasional dan kita sering menggunakan produknya. Hanya saja mungkin Anda tidak menyadari bahwa produsen tersebut merupakan perusahaan multinasional. Sebagai referensi inilah daftar perusahaan multinasional yang ada di Indonesia.

Perusahaan Multinasional Asing di Indonesia

pexels.com

Unilever

Siapa yang tidak mengenal perusahaan dengan nama Unilever ini pasti semua orang di Indonesia tahu. Bahkan produk-produknya juga sangat sering digunakan dalam keseharian. Produk dari Unilever sangat banyak jenisnya mulai dari makanan hingga produk perawatan.

Contoh produk Unilever yang sangat akrab di kalangan masyarakat salah satunya adalah sabun mandi, sabun cuci dan juga pasta gigi.

Selain itu masih ada produk bumbu masak, margarin, deodoran, pembersih lantai dan banyak lagi lainnya. Sebagai raksasa bisnis dunia dengan ratusan produk terkenal, Unilever telah memiliki cabang di 190 negara.

Nestle

Produk dari Nestle juga sudah lama digunakan oleh masyarakat bahkan sejak puluhan tahun yang lalu. Yang paling terkenal adalah susu dan kopi instan. Tapi produk Nestle bukan hanya itu saja. Perusahaan multinasional yang telah berdiri sejak tahun 1873 ini juga menjual produk air mineral, cokelat, permen, sereal dan makanan lainnya.

Coca Cola

Siapa orang yang tidak mengenal minuman ringan dari produsen ini. Perusahaan multinasional ini setidaknya memasarkan 3 merk minuman soda di Indonesia dan sangat digemari. Hingga sekarang minuman ringan bersoda dari perusahaan ini masih sangat digemari oleh orang Indonesia dan memiliki lebih banyak varian.

Danone

Perusahaan multinasional dengan kantor pusat di Eropa yaitu Perancis ini memiliki produk air mineral yang paling banyak dibeli. Sekarang Danone juga telah melebarkan sayap bisnisnya dengan mengeluarkan jenis produk lainnya. Ada susu formula untuk anak, produk minuman dalam botol, biskuit dan masih banyak lagi. Danone merupakan contoh perusahaan multinasional yang kuat di dunia.

Pepsi

Bukan hanya Coca Cola Company saja yang menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia sebagai produsen minuman soda. Meskipun beberapa saat yang lalu perusahaan Pepsi menghentikan penjulan produknya di Indonesia tetapi tidak bisa dipungkiri kebesaran namanya. Beragam produk minuman ringan yang dijualnya di Indonesia sangat digemari masyarakat.

Perusahaan dengan kantor pusat di Amerika Serikat ini masih memiliki sejumlah produk lain yang ada di Indonesia. Produsen ini bukan hanya menjual produk minuman bersoda saja tetapi juga makanan ringan. Selain itu juga ada produk oatmeal yang sangat terkenal.

Selain perusahaan multinasional asing yang ada di Indonesia perlu diketahui beberapa perusahaan dalam negeri juga mulai menjajal pasar dunia. Perusahaan tersebut antara lain seperti dalam daftar berikut ini.

Perusahaan Multinasional Asal Indonesia

pixabay.com

Sido Muncul

Produk jamu herbalnya memang sudah sangat melegenda dan menjadi langganan masyarakat. Sebagai perusahaan jamu yang sudah berdiri sejak lama, Sido Muncul mulai mengembangkan sayap bisnisnya ke luar negeri. Kini produk jamu mereka telah masuk ke Hongkong, Timur Tengah dan juga negara di Afrika.

Indofood

Satu produk mie instan dari Indofood yaitu Indomie telah mampu meraih konsumen di luar negeri. Makanan instan yang dekat dengan kehidupan anak kos ini nyatanya telah menembus pasar di 80 negara di dunia. Indomie juga telah dibuat di pabrik yang berada di beberapa negara seperti Kenya, Nigeria, Arab dan lainnya.

Martha Tilaar

Kaum wanita pastilah tidak asing dengan nama perusahaan yang menghasilkan produk perawatan kecantikan tersebut. Ternyata Martha Tilaar yang juga merupakan nama dari pendirinya, telah menjadi perusahaan multinasional. Perusahaan kosmetika tradisional Indonesia ini telah memiliki pabrik di 10 negara Asia Pasifik.

Polygon

Produsen sepeda ini juga telah menjadi perusahaan multinasional dengan memasarkan produknya di 2 negara Eropa. Polygon telah berhasil masuk ke pasar Jerman dan Perancis. Disana Polygon telah memiliki dan membuka 5 buah toko.

Garuda Food

Produsen kacang kulit dan varian makanan cemilan lainnya ini juga merupakan perusahaan multinasional asal Indonesia. Garuda Food berhasil melakukan akuisisi pada sebuah perusahaan yaitu Fuhua Jingjiang Yonghe yang merupakan pabrik gula di Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *