Inilah Ciri Burung Pleci Jantan Yang Baik

Sudahkah Anda memahami ciri burung pleci jantan saat ini? Burung pleci termasuk jenis burung kicau yang banyak sekali penggemarnya. Bentuknya yang mungil serta bersuara nyaring membuat para penghobi turut serta memeliharanya. Bahkan sebagian ada yang menternakannya.

Jenis burung ini banyak sekali ditemukan di hutan. Biasanya beraktifitas di ujung pepohonan seperti pohon jengkol atau semacamnya. Tentunya, aktifitasnya ini dilakukan untuk mencari makan sampai menarik perhatian pasangannya.

Meskipun berperawakan kecil, tetapi bukan masalah bagi pecintanya. Secara, bentuk mini bukan berarti menggambarkan jika jenis ini tidak bisa menghasilkan suara yang tinggi. Faktanya, kicauannya sangat nyaring dan menentramkan bagi pemeliharanya.

Yang perlu diingat bahwa kicauan ini akan sering didengar jika burung yang dipelihara berjenis jantan. Sebaliknya bila berjenis betina, nyanyiannya hanya di waktu-waktu tertentu.

Kali ini, kami akan menunjukkan bagaimana cara mengenali burung pleci jantan. Kemudian, kami bagikan tips memilih bakalan yang bagus untuk kedepannya. Mau tahu bagaimana caranya?

Karakteristik Burung Pleci Jantan

Tentunya, ada perbedaan mendasar antara burung betina dan jantan. Anda perlu mengenalinya agar tidak salah membelinya. Baik itu anakan ataupun yang sudah memasuki usia dewasa.

Sebenarnya, pemilihan jenis burung ini tergantung kebutuhan. Ada yang hanya ingin memelihara burung jantan, ada juga yang melengkapinya dengan burung betina. Semuanya tergantung tujuan dari calon pemelihara. Misalnya ingin dikembang biakkan sendiri.

Bagi yang hanya mencari burung berjenis jantan, salah satu hal yang bisa dilihat adalah bentukan kepalanya. Bentuknya jauh lebih besar dan bulat. Matanya dilengkapi dengan klep yang tebal serta terlihat putus-putus.

Untuk paruhnya sendiri lebih pendek. Bagian tenggorokannya di sisi kanan maupun kiri berwarna hitam. Tentunya, ini menjadi pembeda dari warna bulu di keseluruhan tubuhnya.

Lanjut ke bagian tubuhnya, ukurannya jauh lebih panjang. Memiliki bulu yang tegas dan tajam. Bahkan bisa lebih gagah ketika berdiri.

Sebagai kicau mania, tentunya harus memperhatikan detail dari bentukan tubuhnya. Kemudian yang tak kalah penting, ekornya yang panjang akan berbentuk lancip. Bentukannya menyerupai huruf V.

Kalau sudah beranjak dewasa, pleci jantan biasanya akan lebih lincah dan agresif. Ketika dimandikan, burung ini akan memperlihatkan pupil dan jambulnya. Dan ini menjadi ciri khas yang cukup mudah dikenali oleh penggemar Pleci.

pixabay.com

Kiat Memilih Pleci Jantan

Pleci merupakan burung yang sangat periang. Kesehariannya akan sangat aktif dan suka berkicau. Apalagi jika didekatkan dengan betina. Karena kicauannya inilah yang diharapkan bisa menarik perhatian pleci betina.

Terlepas dari itu semua, pleci diburu lantaran harganya yang tergolong lebih murah. Tentunya bila dibandingkan dengan burung lainnya. Meskipun murah, tetap saja ada keunikan sendiri yang membuat seseorang tertarik untuk memeliharanya. Untuk mencari pleci jantan yang terbaik, perhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Tampilannya Lebih Garang

Ciri burung pleci jantan yang bagus harusnya memiliki perawakan yang cukup garang. Ini menunjukkan bahwa burung ini lebih istimewa dibandingkan dengan yang lainnya.

Tampilannya yang garang juga menandai bahwa burung ini lebih bermental tinggi. Ketika dihadapkan dengan pleci lainnya, burung tersebut tetap berani berkicau dengan penuh percaya diri.

  1. Posturnya Lebih Panjang dan Ramping

Pleci yang baik itu memiliki postur yang ramping dan panjang. Postur seperti ini menandai bahwa burung tersebut jauh lebih aktif. Keaktifannya inilah yang menjadikan tampilannya tidak terlalu gemuk dan malas.

Postur seperti ini akan tambah lebih ciamik bilamana didukung dengan warna bulu yang tajam. Kalau berdiri dan berkicau, burung jantan ini akan tampak jauh lebih membanggakan.

pickupimage.com
  1. Tidak Takut Ketika Didekati

Sejak awal, hindari memilih pleci yang pemalu atau takut. Ketakutan pleci terhadap orang hanya akan membuat burung semakin stress. Bila terus didekati, burung seakan mencari tempat untuk melepaskan diri.

Karena berada di dalam sangkar, burung ini akan terus menabrak sangkarnya. Akibatnya, bulu dan ekornya akan rontok sehingga tampilannya kurang bagus.

Burung seperti ini biasanya tidak bisa bertahan lama. Kemungkinannya ialah burung tersebut merupakan tangkapan dari hutan ketika usianya sudah dewasa. Jadinya, Anda akan kesulitan untuk memeliharanya.

Baiknya, dapatkan pleci yang mana lebih tenang ketika didekati. Malahan, pleci jantan yang dewasa biasanya akan menyambutnya dengan kicauan yang lebih nyaring.

Tips terakhir adalah lebih mudah tenang meskipun dipisahkan dari kelompoknya. Ini menjadi poin pamungkas yang mana harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli.

Kesimpulannya, perhatikan tampilannya dan prilakunya ketika berada di samping Anda. Jika tampilannya bagus dan sangat tenang ketika didekati, maka Anda sudah tepat memilih sesuai ciri burung pleci jantan yang terbaik ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *