Cepat dan Mudah, Yuk Simak Cara Menanam Lidah Buaya yang Tepat!

Lidah buaya atau biasa dikenal dengan aloe vera merupakan salah satu jenis tanaman  yang memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Selain itu, lidah buaya dapat digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Banyak orang yang ingin menanam tanaman ini di sekitar rumah rumah mereka . Namun, lidah buaya yang ditanam terkadang mudah mati dan mengering. Agar lidah buaya tidak mudah mati, yuk simak cara menanam lidah buaya di bawah ini

Cara  Menanam Aloe Vera di PolyBag

  1. Menyiapkan Polybag Untuk Menanam Lidah Buaya

Polybag yang digunakan sebagai tempat menanam lidah buaya harus memiliki ukuran yang sedang. Ukuran yang terlalu besar dapat memakan tempat sehingga membatasi jumlah buaya yang akan ditanam. Sedangkan, ukuran polybag yang terlalu kecil akan membatasi pertumbuhan dari tanaman ini. Gunakan polybag yang memiliki diameter 20 cm agar dapat menanam lidah buaya dalam jumlah yang banyak.

  1. Menggunakan Tanah Sebagai Media Tanam

Berbeda dengan tanaman lain yang membutuhkan jenis tanah yang gembur, lidah buaya justru membutuhkan tanah yang kering sebagai media tanam. Hal ini dikarenakan lidah buaya dapat tumbuh secara maksimal pada tanah yang kering ataupun berpasir. Anda juga dapat menggunakan campuran dari pasir dan pupuk kandang sebagai media tanam. Cara menanam lidah buaya selanjutnya memasukkan tanah yang sudah disiapkan ke dalam masing-masing polybag.

  1. Menanam Bibit Lidah Buaya

Setelah polybag sudah terisi tanah, anda dapat mulai menanam bibit lidah buaya. Pilihlah bibit lidah buaya yang segar dan tidak memiliki noda di daun agar tumbuh subur dan tidak mudah mati. Setelah itu, tancapkan bibit lidah buaya tersebut ke dalam tanah di dalam polybag. Usahakan menancapkannnya sesuai dengan tinggi bibit. Menanam terlalu dangkal dapat menyebabkan lidah buaya mudah roboh, sedangkan menanam terlalu dalam dapat tanaman ini cepat membusuk.

  1. Cara Merawat Lidah Buaya

Letakkan polybag yang sudah ditanami lidah buaya di tempat yang mudah terkena sinar matahari. Tanaman lidah biaya tidak terlalu membutuhkan air karena dapat menyimpan kelebihan air dengan baik. Anda dapat menyirami tanaman lidah buaya secukupnya, karena terlalu sering menyiraminya justru dapat menyebabkan tanaman ini mudah membusuk. Gunakan pupuk organik untuk sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan lidah buaya. Cara menanam lidah buaya cukup mudah bukan?

Selain menggunakan polybag, lidah buaya juga dapat ditanam secara langsung di dalam tanah. Hindari memanen lidah buaya berusia sekitar dua bulan.Jika anda menemukan ada daun yang mati, potonglah daun tersebut menggunakan pisau. Hal ini bertujuan agar daun-daun yang lainnya tidak ikut membusuk. Berhati-hatilah saat memanennya karena tumbuhan ini memiliki duri yang tajam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *